16 Rajab 1444  |  Selasa 07 Februari 2023

basmalah.png

Menemukan Tujuan Hidup

Menemukan Tujuan HidupFiqhislam.com - Untuk segala sesuatu yang ada di dunia ini diciptakan dengan suatu tujuan. Semua teknologi, fasilitas, dan berbagai macam benda yang ada di sekeliling Anda memiliki tujuan dalam penciptaannya. Ketidaktahuan akan tujuan akan mengakibatkan penyimpangan terjadi.

Hidup Anda juga bukan kebetulan di dunia ini melainkan ada tujuan yang jelas yang harus Anda temukan agar tidak terjadi penyimpangan. Mengetahui tujuan akan menolong hidup Anda dalam mengarahkan fokus serta berfungsi secara maksimal. Tujuan hidup Anda erat kaitannya dengan Anda akan menjadi apa, apa yang Anda akan kerjakan, dimana Anda akan berada, dan apa yang Anda akan miliki.

Saya mencoba membuat suatu formula untuk membantu orang-orang menemukan tujuan hidup mereka. Formula tersebut saya namakan Formula 7 Si, yaitu diambil dari 2 huruf belakang yang merupakan akhiran setiap kata. Ini merupakan hasil perenungan pribadi dan sharing dengan beberapa orang yang kesulitan menemukan tujuan hidup mereka. Formula tersebut antara lain:

1. Meditasi
Meditasi disini bukanlah kegiatan pengosongan pikiran melainkan suatu aktifitas perenungan mendalam akan hidup Anda dan disertai doa. Ini menolong Anda memasuki suatu kesadaran diri dan menyadari kehadiran The Creator (Sang Pencipta) yang telah merancang kehidupan Anda untuk suatu pekerjaan baik yang perlu Anda penuhi. Penemuan tujuan hidup harus dimulai dari Tuhan yang menciptakan kehidupan ini. Di dalam meditasi kita mengambil waktu tenang dan mulai berdoa meminta kepada Tuhan untuk menunjukkan master plan (rancangan kehidupan) kita yang seharusnya kita penuhi.

2. Obsesi
Temukan apa yang menjadi obsesi Anda selama ini. Ini semacam suatu hasrat yang berkobar dalam diri Anda untuk menjadi, melakukan dan memiliki sesuatu yang bermakna. Obsesi merupakan sekumpulan keinginan, ambisi, impian, cita-cita, dan harapan yang Anda miliki. Bertahun-tahun yang lalu saya selalu terobsesi untuk menjadi seorang pembicara yang menginspirasi banyak orang dan memiliki pengaruh yang positif. Saya hargai obsesi tersebut sehingga obsesi itu menuntun saya selangkah demi selangkah menuju pada gambaran yang semakin jelas untuk diraih. Mungkin Anda sudah sering terobsesi namun Anda coba mengabaikannya karena merasa itu kayaknya cuma hasrat biasa. Saat ini Anda perlu menghidupkan kembali obsesi tersebut. Obsesi Anda secara umum mungkin bisa berupa menjadi seorang pengusaha, penyanyi, aktivis sosial, olahragawan, atau konsultan. Anda mungkin ingin melakukan suatu pekerjaan yang bernilai tinggi atau memberi hasil yang memuaskan. Anda mungkin ingin memiliki suatu prestasi yang besar, penjualan yang hebat, posisi yang baik atau jaringan yang luas. Apapun itu bentuknya temukan hasrat inti Anda yang terdalam.

3. Imajinasi
Apa yang sering Anda bayangkan saat menutup mata? Apa yang sering menjadi khayalan Anda? Perhatikan kembali semua hal yang sering Anda bayangkan atau khayalkan sehari-hari dalam hidup Anda. Karena bisa saja diantaranya ada tujuan Anda di situ. Bebaskan imajinasi Anda membayangkan seperti apa kehidupan yang Anda inginkan di masa depan. Jangan pernah membatasi imajinasi Anda untuk membayangkan hal-hal yang besar. Banyak orang tidak berani melakukan ini hanya karena melihat keterbatasan kondisinya sekarang. Pembicara kepemimpinan A.R Bernard pernah berkata, "Imagination is preview of our future" Imajinasi adalah pendahuluan dari masa depan kita. Berarti jika seseorang tidak memiliki imajinasi akan gambaran masa depannya, maka kemungkinan besar dia akan memiliki masa depan yang tidak jelas juga.

4. Sensasi
Saya selalu menemukan sensasi dalam diri saya saat ke toko buku, mendengarkan program CD audio personal development ataupun menghadiri acara seminar-seminar. Hal-hal tesebut membangkitkan gairah saya ketimbang mendengarkan musik atau hadir ke acara konser. Tapi mungkin bagi orang lain hal ini bisa saja berlaku sebaliknya. Ternyata mengetahui sensasi dalam diri saya menolong saya untuk menemukan arah tujuan. Saya makin mengerti bahwa tujuan hidup kita selalu disertai dengan sensasi atau gairah yang besar di dalam diri kita akan hal tersebut. Bahkan hal ini terkadang bisa mempengaruhi kita secara emosi dan fisik. Rasakan hati Anda dan temukan apa yang menjadi minat Anda lebih dari hal yang lainnya. Itu bukan kebetulan melainkan ada alasan di balik itu. Tanyakan diri Anda sendiri kira-kira hal-hal apa saja yang dapat membuat Anda begitu merasa hidup dan bergairah? Apakah yang Anda kerjakan sampai kadang tidak ingat waktu? Ada orang yang bergairah akan segala sesuatu yang berhubungan dengan otomotif, ada yang bergairah dengan musik, ada yang bergairah dengan sepak bola, ada yang bergairah dengan urusan saham, ada yang bergairah dengan kegiatan keagamaan, ada juga yang bergairah dengan hal masakan. Sensasi dalam diri Anda dapat menjadi petunjuk akan apa yang menjadi tujuan hidup Anda. Kebanyakan orang-orang yang berhasil adalah mereka yang melakukan apa yang mereka sukai. Mereka begitu antusias dan termotivasi oleh sensasi yang menyala di dalam diri mereka.

5. Potensi
Tujuan hidup kita biasanya dapat dicapai sesuai dengan potensi yang telah ditaruh Sang Pencipta di dalam diri kita. Artinya Anda tidak akan menjadi seekor burung kalau tidak diperlengkapi dengan sepasang sayap. Setiap kita pasti memiliki potensi, dan potensi yang diasah atau dilatih nantinya akan menjadi sebuah kompetensi. Untuk menemukan tujuan Anda mulai segera perhatikan potensi apa saja yang Anda miliki. Potensi juga dapat diartikan sebagai kemampuan atau bakat alami Anda. Potensi seperti suatu perlengkapan yang telah ditaruh di dalam diri Anda untuk memenuhi tujuan. Mungkin ada begitu banyak kemampuan tersembunyi yang di dalam diri Anda yang tidak Anda sadari hanya karena tidak pernah mencobanya. Beberapa tes telah dikembangkan untuk penemuan potensi diri, Anda bisa gunakan itu sebagai alat bantu. Mulailah mencoba melakukan beberapa hal yang tidak pernah Anda kerjakan sebelumnya. Karena Anda tidak akan pernah mengetahui kemampuan Anda sebelum Anda mencobanya. Bila tidak berhasil anggap saja sebagai suatu percobaan dan bukan suatu kegagalan.

6. Prestasi
Dalam bidang apakah Anda seringkali menjadi unggul? Apa sajakah yang kalau Anda kerjakan cenderung lebih baik dari kebanyakan orang? Hal apakah yang Anda pernah kerjakan dan orang lain katakan bahwa Anda melakukannya dengan sangat baik? Intinya perhatikan prestasi-prestasi Anda. Tidak seorang pun unggul dalam segala bidang namun Anda bisa saja unggul dan berprestasi dalam area-area tertentu. Prestasi Anda akan menjadi bukti keunggulan potensi Anda.

7. Situasi
Amati kembali perjalanan hidup Anda dan pikirkan bagaimana berbagai pengalaman dan situasi tersebut telah membentuk hidup Anda. Berbagai macam situasi yang telah Anda lalui dapat membawa Anda pada pemenuhan tujuan. Seseorang pernah berkata, "Pengalaman bukanlah apa yang terjadi pada Anda, melainkan apa yang Anda lakukan dengan apa yang terjadi pada Anda." Hal ini terbukti saat pengalaman hidup saya yang buruk ternyata dapat digunakan untuk menginspirasi banyak orang. Situasi juga berbicara mengenai siapa saja orang-orang yang ada disekeliling kita saat ini dan keadaan-keadaan apa yang sedang terjadi. Karena situasi-situasi yang ada dapat menjadi pintu yang terbuka bagi Anda untuk melangkah pada tujuan.

Oleh Haryanto Kandani