fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


29 Ramadhan 1442  |  Selasa 11 Mei 2021

Sukses itu Biasa, Gagal itu Luar Biasa

Sukses itu Biasa, Gagal itu Luar Biasa Fiqhislam.com - Ada banyak orang yang sangat alergi mendengar kata gagal, sehingga hal ini menjadi suatu kata yang anti dan di anjurkan untuk di hindari semaksimal mungkin, bahkan tak jarang ada orang yang takut memulai usaha karena takut gagal.

Mungkinkah kegagalan itu bagian dari hal yang menyenangkan? bagaimana mungkin? mungkin itu yang ada di benak anda, kegagalan adalah pencapaian sesuatu yang tidak di harapkan atau sama dengan tidak berhasil.
Saya tidak sedang mengatakan bahwa pikiran seperti itu salah.

Mari kita lebih merenungkan lagi makna dari sebuah kegagalan. Kegagalan adalah suatu proses kesuksesan yang tertunda, sebuah langkah dari anak tangga menuju sukses, dengan kegagalan kita bisa mengetahui kesalahan dari sebuah rencana, dan itu sama artinya anda akan mengetahui sesuatu yang akan dikerjakan lebih baik lagi.

Seperti yang dikatakan oleh thomas Edison, - Hanya karena sesuatu tidak sesuai dengan yang di harapkan bukan berarti semuanya sia-sia-.  Banyak hal yang bisa di dapatkan dari kegagalan, karena setiap kesalahan yang terjadi berarti anda sedang melangkah kedepan lebih maju.

Kegagalan adalah sebuah media yang bisa dijadikan alat untuk mengukur dan pembelajaran meraih kesuksesan yang sesungguhnya, karena dengan mengalami banyak kegagalan berarti anda banyak menerima pembelajaran untuk melangkah lebih baik, dengan kegagalan pula anda bisa tahu bumbu apa yang kurang untuk hidangan yang sama sebelum anda benar-benar menemukan formula yang tepat untuk di sajikan dan di hidangkan, apa yang kurang? apa yang lebih? apa yang haru di rubah? apa yang harus dipakai? dan masih banyak lagi yang bisa anda ketahui dari pembelajaran sebuah kegagalan.

Mungkin anda tidak akan tahu apa-apa jika anda tidak pernah mengalami kegagalan, dan sampai sekarang orang masih setuju bahwa pengalaman itu adalah guru yang sangat berharga, maka jadikanlah kegagalan sebagai guru bagi anda untuk meraih kesuksesan.

Tentunya hal ini hanya bisa di terapkan jika anda mau belajar dan memperbaiki setiap kesalahan yang dilakukan dan pantang menyerah. Bersiap untuk gagal dan mau belajar adalah salah satu jalan untuk melangkah kedepan yang lebih baik.

Arti sebuah kesuksesan
Menganalisa kagagalan dan mempelajari nya adalah sebuah keharusan, maka penting juga anda merayakan keberhasilan dan mengulang keberhasilan yang di dapat.

Merayakan kesuksesan besar adalah biasa, namun jangan lupa bahwa kesuksesan besar adalah mata rantai dari pencapaian kesuksesan-kesuksesan kecil setiap target, oleh karena itu rayakan juga kesuksesan kecil, kita harus bersyukur dengan keberhasilan kecil yang dicapai. Keberhasilan seperti men-generate profit dalam bisnis kita, mendapatkan klien yang telah lama kita incar atau sekedar ucapan terima kasih dari salah satu klien yang puas dengan pekerjaan kita. Meskipun ini hanyalah kesuksesan kecil, keberhasilan seperti ini yang memberikan kontribusi dalam bisnis, memotivasi staf dan membuat anda bahagia.

Sekarang bagaimana jika anda dapat mengulang masing-masing kesuksesan kecil yang anda raih setiap bulan atau minggu – bukankah merupakan kesuksesan besar bisnis anda? Untuk mencapai kesuksesan besar tersebut anda perlu merayakan kesuksesan kecil yang diraih. Anda perlu mengingatnya, menelaahnya dan menemukan cara untuk mengulanginya kembali. Duduk dan berpikir, dalam setahun terakhir, apa yang telah anda lakukan dengan baik. Pikirkan apa yang telah anda lakukan dengan baik, alasan orang berterima kasih kepada anda, dan dimana anda dihargai.

Buatlah daftar kesuksesan, betapapun kecilnya itu, telaah mereka untuk menemukan jalan agar dapat terulang kembali . Apakah esensi keberhasilan yang dapat diulang? Pecahkan kesuksesan kedalam langkah proses kecil, pikirkan segala sesuatunya untuk mencapai keberhasilan. Bukan hanya langkah yang besar, pikirkan setiap langkah kecil yang diambil.

 Yang sering terjadi, bukan langkah besar yang menentukan kesuksesan, justru hal-hal yang kecil. Mungkin anda menulis ucapan terima kasih pada klien, atau menelpon menanyakan kabar mereka. Mungkin anda merekomendasikan klien ke orang lain untuk memecahkan masalah yang tidak dapat anda pecahkan. Anda dapat memberi reward pada staf atau melakukan hal lain untuk mereka sehingga mereka menunjukkan kinerja yang meningkat.

Anda harus mampu melihat dimana anda melakukan hal yang berbeda untuk mencapai keberhasilan. Langkah selanjutnya adalah meletakkan rencana secara bersamaan dengan bagaimana anda akan mengulangi kesuksesan sebelumnya. Rencana anda harus mencakup langkah-langkah penting yang menghasilkan kesuksesan.

Jadi kalau mau di tarik kesimpulannya adalah Syukurilah setiap kegagalan-kegagalan yang terjadi karena dengan kegagalan lah anda akhirnya menjadi sukses, dengan menemukan banyak kegagalan akhirnya anda jadi banyak tahu sesuatu, dan sukses itu hanyalah sebuah pencapaian sedangkan kegagalan adalah sebuah proses perjalanan yang lebih berarti dari apapun.

Febriyanis.blogspot.com