8 Rabiul-Awwal 1444  |  Selasa 04 Oktober 2022

basmalah.png

10 Keterampilan tak Ternilai dalam Hidup

10 Keterampilan tak Ternilai dalam Hidup


Fiqhislam.com - Ada banyak keterampilan (soft skill) yang harus dipelajari dalam hidup. Tetapi, Anda tidak harus memiliki semua. Dilansir dari Business Insider, Ahad (30/7) berikut ini beberapa keterampilan yang sangat berguna untuk dipelajari.

Empati
Empati adalah kemampuan untuk merasakan apa yang orang lain rasakan. Ini mendorong seseorang untuk mengalahkan sikap apatis. Anda bisa menjadi individu paling disiplin, cemerlang, atau bahkan paling kaya di dunia, tapi jika Anda tidak berempati pada orang lain, maka Anda pada dasarnya hanyalah sosiopat.

Kuasai Jadwal Tidur Anda
Memiliki sebuah jadwal tidur yang teratur akan meningkatkan kualitas tidur dan hari-hari Anda. Konsisten dengan jadwal tidur juga membuat Anda lebih mudah bangun.

Manajemen Waktu
Manajemen waktu yang efektif adalah salah satu keterampilan yang paling dihargai pengusaha. Jadwalkan dengan benar sehingga Anda benar-benar mampu menyelesaikan semua tugas pada saat yang telah dijadwalkan.

Meminta Bantuan
Seseorang perlu tahu kapan ia memerlukan pertolongan. Seringkali orang malu meminta tolong karena takut dianggap lemah atau tidak kompeten. Padahal, sebuah penelitian di Harvard Business School menunjukkan bahwa itu tidak membuat Anda kalah atau lemah.

Berpikir Positif
Pikiran negatif perlahan-lahan bisa menyingkirkan kepercayaan diri Anda.

Konsistensi
Konsistensi sangat penting untuk mempertahankan kesuksesan. Orang sering berhenti bekerja keras saat mencapai puncak. Padahal, seharusnya ia bekerja lebih keras dan lebih konsisten di posisi itu.

Mendengarkan
Tips untuk mendengarkan secara aktif adalah mengulang kembali apa yang Anda dengar kepada orang lain. Anda juga harus tahu kapan harus diam, karena Anda tidak harus mengeluhkan segala sesuatu yang tidak tepat di dunia ini.

Hindari Gosip
Hal terpenting dalam membangun dan menjaga hubungan baik adalah kepercayaan. Salah satu cara termudah untuk kehilangan kepercayaan adalah gosip orang-orang yang ada di belakang kita.

Jujur
Anda harus jujur pada diri sendiri dan orang lain. Meski, mengakui kesalahan diri sendiri kadang menjadi hal terberat.

Bicaralah!
Bicara di depan umum bisa sangat sulit dilakukan oleh sebagian orang. Tapi, kemampuan ini sangat penting dalam hidup. [yy/republika]