pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


12 Dzulqa'dah 1442  |  Selasa 22 Juni 2021

Menjadikan Diri Lebih Produktif

Menjadikan Diri Lebih ProduktifFiqhislam.com - Dalam dunia pekerjaan, produktivitas terkadang menjadi sebuah prioritas yang dibebankan seorang atasan terhadap bawahannya. Produktivitas ditandai dengan banyaknya pekerjaan yang berhasil dituntaskan dalam rangka mengejar target yang telah ditetapkan perusahaan.

Lantas, bagaimana menjadikan diri kita menjadi pribadi yang lebih produktif itu? Ikuti tiga langkah berikut, yang diberikan oleh tiga pakar di bidangnya masing-masing!

Pastikan tujuan yang jelas

Ahli bidang pengembangan diri dan pengusaha, Paul J. Meyer, berpendapat bahwa kejelasan itu sangatlah penting dalam upaya mencapai tujuan-tujuan kita. “Jika kita tidak membuat kemajuan sesuai yang kita inginkan, itu berarti karena tujuan kita kurang jelas.”

Hargai diri kita

“Jika Anda tidak menghargai diri Anda, berarti Anda tidak menghargai waktu Anda,” kata M. Scott Peck, psikiater dan penulis buku best-seller The Road Less Traveled. “Jika Anda tidak menghargai waktu Anda, Anda tak kan menggunakan waktu Anda dengan baik.”

Kenali apa yang penting dan tidak penting

Lin Yutang, penulis The Importance of Living, berpendapat bahwa ada seni tentang menyelesaikan pekerjaan tertentu dan membiarkan beberapa pekerjaan tidak dikerjakan. “Kearifan kehidupan itu terkandung dalam pembersihan hal-hal yang tidak penting.” [yy/islampos]