fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Syawal 1442  |  Kamis 13 Mei 2021

Be Simple, Be Strong

Be Simple, Be StrongFiqhislam.com - Salah satu faktor terpenting dalam terwujudnya kesuksesan adalah kejelasan akan impian. Jika kita tahu dengan jelas apa yang kita ingin capai, mengapa kita ingin mencapainya, dan mengapa kita BISA mencapainya, maka cara-cara bagaimana mencapainya akan muncul dengan sendiri. Kejelasan memberikan kekuatan!

Dari sini saja banyak orang yang gagal. Tidak jelasnya suatu visi membuat kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan untuk mencapainya dan jalan mana yang harus kita tempuh dalam hidup. Sehingga kita seperti terombang-ambing dalam kehidupan.
 
'Jelas' berarti rinci, sederhana, dan mudah dipengaruhi. Barometernya adala jika Anda bisa menjelaskan tujuan anda kepada anak usia 5 tahun, dan mereka bisa mengerti dengan mudah, itulah kejelasan. Kenapa kok harus anak kecil? Ya karena pikiran bawah sadar bekerja seperti anak kecil. 
 
Semakin mudah dan sederhana kalimat tujuan anda, semakin mudah pikiran bawah sadar untuk menangkapnya. Dan dengan begitu ia akan mencari cara-cara yang juga sederhana dalam mewujudkannya.
 
'Cerdas' bukan hanya mereka yang bisa mengerti hal-hal rumit. Tapi menyederhanakan hal-hal rumit itu sehingga bisa dipahami orang awam juga adalah kecerdasan. Einstein saja adalah salah satu orang yang bekutat dengan hal-hal paling rumit dalam semesta sepanjang hidupnya. Tapi meski begitu ia bisa menyederhanakan kerumitan itu, menjadi satu rumus yang yang bisa dipahami oleh semua orang, E=mC2.
 
Einstein sendiri pernah berujar, "We have to make everything as simple as possible, but not simpler." 
 
Salah satu kunci kesuksesan seorang Brian Tracy adalah kejelasan dan kesederhaannya dalam berpikir. Ia katakan bahwa solusi terbaik dari apapun masalah kita, sebenarnya adalah yang paling sederhana. Yang membutuhkan paling sedikit langkah untuk melakukannya. 
 
Hanya saja kita terbiasa untuk berpikir rumit. Kita pikir masalah sulit butuh solusi yang rumit. Padahal justu sebaliknya.
 
Contoh lagi, dalam bisnis. Jika Anda tidak jelas mengenai apa yang ingin Anda jual kepada customer Anda, mengapa mereka harus membeli dari Anda, dan apa untungnya bagi mereka.. mustahil mereka akan membeli lagi dari Anda. 'Jelas' berarti kalimat yang paling sederhana, yang mudah dipahami. Dan ini diakui oleh pakar periklanan manapun di dunia.
 
Jeff Woll dan Steve Lance dalam bukunya The Little Blue Book of Advertising menggambarkan, jika iklan Anda bisa mengatasi masalah customer dalam 1 atau 2 kata maka Anda akan lebih mudah menggaet mereka. Misalnya, "Lapar? Call us!" Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca sendiri bukunya. Intinya adalah berikanlah penawaran yang paling sederhana dan bermanfaat bagi customer anda. [andriewongso.com]

Penulis : Edward Rhidwan