fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


30 Sya'ban 1442  |  Senin 12 April 2021

Mau Cetak Untung Harus Punya Catatan Keuangan

http://www.frugallawstudent.com/wp-content/uploads/2007/06/paper_stack.jpg

Bagi setiap pedagang atau pebisnis apa pun, keuntungan pastilah menjadi tujuan utama. Selain kerja keras dan inovasi, catatan keuangan merupakan hal yang tak kalah penting yang harus dilakukan untuk mencetak keuntungan.

Dalam usaha makanan dan minuman skala kecil atau kaki lima, mungkin catatan keuangan ini terkadang dilupakan. Hal ini tentunya menimbulkan ketidakpastian atas jumlah modal yang dikeluarkan maupun keuntungan yang diperoleh.

Padahal, sekecil apapun usaha Anda sebaiknya memiliki catatan keuangan meski hanya berupa catatan sederhana yang berisi catatan uang masuk (debit) dan uang keluar (kredit).

"Selain dapat mengetahui secara pasti modal yang sudah dikeluarkan, Anda juga bisa mengetahui aliran dana operasional dan keuntungan bersih melalui catatan ini," ungkap Reny Y dalam bukunya "54 Peluang Usaha Makanan dan Minuman Modal Rp2 Jutaan", terbitan Daras Book.

Menurut Reny, keuntungan lain dari memiliki catatan keuangan adalah Anda bisa mengetahui dengan jelas, mana pemasukan yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari atau ditabung, dan mana yang harus diputar kembali untuk pengembangan usaha.

"Catatan keuangan juga berguna pada saat Anda inginĀ  mengajukan pinjaman usaha ke bank. Catatan ini bisa dijadikan bukti bahwa Anda telah benar-benar membuka dan menjalankan usaha," paparnya.

Dengan demikian, katanya, maka pihak bank akan menilai dan mempertimbangkan layak atau tidaknya usaha Anda mendapatkan kucuran dana segar. (ade/Wilda Asmarini/Okezone.com)