20 Safar 1443  |  Selasa 28 September 2021

basmalah.png

Perusahaan-perusahaan yang "Cool", Upaya Kreatif Membuat Betah Karyawan

Bagi banyak karyawan, barangkali, rutinitas pekerjaan merupakan kegiatan yang membosankan. Lingkungan bekerja yang "standar" mulai dari cubicle, ruang rapat, sampai dengan kafetaria merupakan hal-hal yang terkadang membuat jenuh para karyawan sehingga sehingga menimbulkan stress dalam bekerja. Sejumlah perusahaan kemudian mengadakan berbagai program "refreshing" untuk memberikan lingkungan kerja yang nyaman dan inspiratif, baik usai jam kerja ataupun dalam program kebersamaan sesekali waktu.

Menarik jika kali ini kita melihat beberapa perusahaan di Amerika yang kreatif dalam menciptakan terobosan-terobosan baru untuk lingkungan dan fasilitas kerja yang dapat membuat nyaman para karyawannya bahkan terkesan lebih mengarah ke lingkungan yang tidak formal normal tidak seperti pada kebanyakan perusahaan. CNBC kali ini memberikan enam perusahaan di AS yang termasuk paling "cool" bagi fasiltas karyawannya.

Kenyamanan dan Informalitas Jadi Kunci Utama

Untuk perusahaan pertama yang akan kita bahas yaitu The Boston Beer
Company yang terkenal dengan produknya yaitu Samuel Adams. Trik yang dilakukan oleh The Boston Beer Company untuk dapat menciptakan sebuah suasana yang lebih harmonis dengan karyawan ialah dengan menciptakan banyak program yang dapat menghasilkan sebuah keterikatan antara produk yang diciptakan dengan para karyawan. Berapa trik tersebut yaitu membuat sebuah acara seperti perayaan ulang tahun perusahaan dan juga ulang tahun karyawan dengan mengadakan acara minum bir gratis. Bahkan dalam program rutinnya terdapat acara sejenis setiap bulannya yang dinamakan pesta Cake & Beer. Kegiatan-kegiatan tersebut sudah pasti akan membuat para karyawan semakin mempertebal rasa memiliki dengan produk dan juga dapat menciptakan sikap peduli bukan hanya bagi produk tersebut tapi juga dengan masing-masing individu yang ada didalam perusahaan.
Jika Anda penyuka atau kolektor mainan, menjadi karyawan toko retail online ThinkGeek pasti merupakan wahana yang pas bagi Anda selain menjadi seorang pekerja sekaligus merupakan taman bermain. ThinkGeek didirikan pada tahun 1999, dengan menganut konsep sebagai toko online yang terfokus kepada barang-barang "geek" yang juga bisa dikatakan merupakan barang-barang aneh namun juga kreatif. Sepanjang 11 tahun berdirinya, ThinkGeek terus memperoleh banyak apresiasi yang positif bagi konsumen di AS maupun dunia yang ingin mengoleksi barang-barang yang beda dengan yang ada di pasaran saat ini. Salah satu program yang diberikan oleh ThinkGeek kepada karyawannya ialah dengan menyediakan berbagai macam mainan yang merupakan model dari produk yang dijual ke pasaran ataupun yang tidak. Hal ini bertujuan selain juga merupakan ajang pemecah kepenakatan bekerja juga merupakan sebuah alat untuk melahirkan inovasi-inovasi baru.

Masih dalam industri ritel, Best Buy yang merupakan salah satu toko ritel terbesar di AS juga turut memperlakukan para karyawannya dengan maksimal. Bentuk pelayanan yang diberikan yaitu dengan menyediakan ruangan khusus yang dapat dijadikan sebagai ruangan santai yang berisi 2 tv flat berukuran besar, video game, meja foosball dan bahkan tiap bulannya manajemen Best Buy menyelenggarakan turnamen video game. Menurut Amy Adoniz, salah satu manajer Best Buy, hal-hal tersebut untuk memberikan penyegaran stamina dan pikiran setelah mereka lelah bekerja dan menghadapi konsumen secara langsung.

Industri social network saat ini telah berkembang dengan pesat. Ning, situs social network yang lahir pada tahun 2005 dan merupakan salah satu rival utama dari Facebook dan MySpace kini semakin menunjukan bahwa industri bisnis ini bukan hanya merupakan sebuah produk yang hanya dapat dinikmati oleh para penggunanya tapi juga dapat menjadi tempat yang memberikan sebuah kenyamanan bagi para pekerjanya. Bentuk sumbangsih Ning bagi para pekerjanya yaitu berupa makan siang gratis, persediaan makanan ringan yang tak terbatas, jatah liburan gratis dan adanya hirarki organisasi yang bersifat horisontal sehingga tidak muncul kecanggungan antara para junior dan senior. Hal yang sama juga diberlakukan oleh W.L. Gore & Associates, perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, yang justru melihat bahwa setiap karyawan memiliki peluang yang sama dalam memperoleh kesempatan pada sebuah proyek meski sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Hal ini untuk mencegah terjadinya senioritas yang dapat menutup peluang karir bagi bagi junior.

Untuk urusan memanjakan karyawan, kiprah Google sudah banyak diketahui dunia. Bekerja di Google bukan hanya membuktikan diri telah sukses bekerja di salah satu perusahaan teknologi besar dunia tapi juga dapat memiliki fasilitas yang lebih dari cukup bagi seseorang. Di kantor pusatnya di California, Google menyediakan fasilitas dan aturan yang memberikan kenyaman maksimal bagi para karyawannya, beberapa diantaranya ialah makan gratis di 16 kafetaria yang tersebar di kantor pusat, teater sinema, taman yang teduh dan bersih, ruang kreatif, penginapan dan diberikannya waktu 20% dari total jam kerja untuk digunakan sebagai liburan.

Mudah-mudahan dengan melihat strategi-strategi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan diatas dalam memberikan sumbangsih bagi karyawannya dapat menjadi masukan bagi sektor bisnis lokal yang dimana peran karyawan sangat penting. Di dalam negeri meski belum sampai mengarah seperti diatas, namun saat ini telah banyak perusahaan lokal yang mulai memberlakukan beberapa program sejenis kepada karyawan seperti acara-acara family gathering, outing, makan siang gratis, fasilitas komunikasi gratis dan lain sebagainya. Diharapkan program-program tersebut dapat menjadi ajang "penyegaran" bagi karyawan yang telah mengabdi bagi perusahaan.

Joko Praytno | vibiznews.com
Foto-foto : www.watchmojo.com, www.zedomax.com, www.realgeek.com