fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


2 Ramadhan 1442  |  Rabu 14 April 2021

Tips Hindari Penyebab Bisnis Ambles Alias Bangkrut

http://2.bp.blogspot.com/_sat12fVe5XQ/S6rFu8aqZDI/AAAAAAAAAO8/l9y1-fWtWMo/s1600/stress-3.jpg

Setiap kasus jatuhnya bisnis, selalu memiliki sebab, dan memiliki tanda-tanda. Berikut 10 tanda-tanda bisnis ambles yang mengarah pada jatuhnya sebuah bisnis. Berikut 10 tanda-tanda bisnis yang  cenderung meluncur ambles jika tidak segera dikendalikan dari awal. Disarikan dari berbagai pengalaman para praktisi entrepreneur yang telah berpengalaman jatuh bangun mengelola usahanya.

Pertama, Tidak Sabar.

Pebisnis yang tidak sabar cenderung tidak telaten mengelola usahanya. Ketidaksabaran juga menyebabkan banyak kecerobohan yang muncul. Ketidaksabaran dan kecerobohan diakui oleh banyak pebisnis merupakan faktor yang sering menjadi penyebab hancurnya bisnis yang sudah dibina bertahun tahun.

Kedua
, Melupakan Kepentingan Usaha, Mengutamakan Kepentingan Pribadi.

Pebisnis yang mulai sukses, seringkali lupa membangun usahanya lebih kuat, lebih berdaya saing. Ia terlena dengan usahanya yang sudah mulai berjalan, padahal sejalan dengan berkembangnya usaha yang didirikannya, banyak kebutuhan yang diperlukan untuk mendukung kegiatan usaha tersebut. Ia justru meningkatkan dan mengutamakan keperluan pribadi yang justru tidak ada sangkut pautnya dengan kegiatan usaha.

Ketiga, Terjebak Kredit Macet.

Akses kredit yang mudah, baik yang ditawarkan oleh perbankan atau melalui kartu kredit jika tidak dilakukan secara hati-hati dan terukur menjadi penyebab kejatuhan bisnis seseorang. Gunakan kredit perbankan seluruhnya untuk kegiatan usaha, dan jangan untuk kegiatan konsumsi.

Kelima
, Terlibat Masalah Hukum.

Ketika sudah tekad menjadi pewirausaha, yang paling penting diperhatikan adalah perilaku sosial harus jauh dari masalah hukum, misalnya menipu, membohongi orang lain, mencuri serta berperilaku negatif, karena sewaktu-waktu hukum tersebut akan memenjarakan dan berakibat buruk bagi bisnis yang anda bangun, dan reputasi bisnis dapat hancur seketika.

Keenam
, Suka membeli barang yang tidak bermanfaat.

Jika sesekali membeli barang yang tidak ada manfaatnya bolehlah diabaikan, tetapi jika suka (berarti dilakukan berkali-kali) maka kebiasaan ini dapat menyebabkan keuangan perusahaan dalam keadaan bahaya. Misalnya, setiap ada pesta selalu membeli baju baru, atau setiap tahun selalu membeli mobil baru.

Ketujuh, Gampang tergoda promosi.

Menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan perusahaan memang itulah harapannya, tetapi banyak pewirausaha yang baru tumbuh selain memiliki kebiasaan membeli produk yang tidak ada manfaatnya juga gampang tergoda oleh rayuan promosi. Setiap ada pameran selalu menekan kontrak order barang tanpa mempedulikan kondisi keuangan perusahaan.

Kedelapan
, Terlalu ambisius, sehingga action bisnisnya tanpa perhitungan sama sekali.

Modal nekad doang. Yang penting jalan dulu. Akhirnya ya benar-benar jalan merosot terus ke bawah.

Kesembilan, Terlalu banyak pakai uang orang lain...atau terlalu BODOL (Berani Optimis Pakai Duit Orang Lain).

Sehingga berakibat lupa diri, bahwa itu duitnya orang lain yang harus dikembalikan juga...bukan duitnya sendiri. Nah, karena lupa diri ini, maka cara pakai duitnya juga bisa saja sembarangan, tidak menggunakan perhitungan untung rugi bisnis. Asal pakai saja, urusan menyusul belakangan.

Kesepuluh, Tidak mau dan tidak cepat belajar tentang kondisi dari lingkungan bisnisnya.

Sering mengabaikan "bisikan hati nurani", sehingga kepekaan intuisi bisnisnya tidak terasah.

Mencapai kesuksesan diperlukan tahapan-tahapan. Bagaimana mencapai dan melaksanakan tahapan – tahapan sukses tersebut? SWASTIKA PRIMA Entrepreneur Campus mengupas tuntas tahapan – tahapan sukses yang harus ditempuh pada Seminar Motivasi Nasional yang digelar 05 April 2009 bertempat di Gedung TELKOM DIVRE V Jawa Timur Jl. Ketintang 156 Surabaya dengan dihadiri 200 peserta yang terdiri dari Guru, siswa/siswi yang akan menghadapi Ujian Akhir Nasional (UNAS) beserta Orang Tua dan masyarakat umum.

Mr. Wuryanano (Direktur SWASTIKA PRIMA Entrepreneur Campus, Motivator Nasional, Mindset Navigator, Trainer & Public Speaker, serta Author of National Best Selling Book) sebagai pembicara dalam seminar tersebut, memaparkan secara rinci bahwa sukses tidak bisa langsung diraih. Ada kaidah serta langkah-langkah yang harus diikuti dan dijalani oleh seseorang yang ingin meraih kesuksesan.

Kaidah kesuksesan yang harus dipahami dan diresapi dalam setiap diri orang yang menginginkan kesuksesan adalah

(1) KEINGINAN SUKSES. Sesuatu yang akan anda kerjakan, berawal dari niat atau keinginan. Apabila seseorang tidak memiliki keinginan, maka tidak akan ada hal yang dikerjakan, dan mustahil ia dapat mencapai sukses, (

2) KESADARAN SUKSES. Apabila seseorang telah memiliki keinginan, maka keinginan tersebut harus disadari, (

3) KEYAKINAN SUKSES, sebagai kaidah lanjutan setelah anda menyadari bahwa anda punya keinginan untuk sukses, sedangkan kaidah akhir yang harus dipahami adalah

(4) KETEKUNAN SUKSES. Semua yang anda inginkan, sadari dan yakini, haruslah dilaksanakan dengan tekun, agar cita- cita sukses dapat tercapai.

Keberanian Menjalankan Langkah-Langkah Sukses

Setelah meresapi kaidah sukses, maka tahapan selanjutnya adalah anda harus menjalankan langkah- langkah sukses. Adapun langkah- langkah mencapai sukses yang harus di dijalankan adalah :

PIKIRKAN APA YANG BERANI ANDA IMPIKAN!

·  Banyak orang ingin sukses, tetapi takut bermimpi, takut mempunyai cita-cita, takut menetapkan target, bahkan takut menetapkan tujuan. Apapun peranan dan posisi, anda harus berani bermimpi meraih puncak prestasi dan kesuksesan.

·  Targetkan LULUS UNAS dengan Nilai Tinggi.

·  Ingatlah, “Anda adalah apa yang anda pikirkan”.

LANGKAH 2

INGINKAN APA YANG BERANI ANDA PIKIRKAN!

·  Jika anda berani berpikir, bahwa anda mampu meraih puncak prestasi dan kesuksesan; anda harus benar-benar menginginkannya. Jika tidak demikian, anda tidak akan mempunyai energi yang besar untuk meraih mimpi anda.

LANGKAH 3

PUTUSKAN APA YANG BERANI ANDA INGINKAN!

· Setelah anda sungguh-sungguh menginginkan apa yang berani anda pikirkan, buatlah keputusan yang pasti untuk meraihnya. Inilah titik tolak gerak anda menuju kepada tujuan yang sudah anda pikirkan.

LANGKAH 4

RENCANAKAN APA YANG BERANI ANDA PUTUSKAN!

· Jangan bertindak tanpa perencanaan, karena itu membuat anda tidak fokus. Bertindaklah sesuai dengan planning anda. Buatlah rencana sukses untuk jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang; dan mulailah saat ini juga!

LANGKAH 5

LAKUKAN APA YANG BERANI ANDA RENCANAKAN!

· Orang sukses adalah orang yang berani menjalankan rencana suksesnya secara konsisten dan komitmen pantang menyerah. Tidak ada bisnis apapun itu yang selalu di atas, tanpa Tantangan dan hambatan. Berbekal perencanaan, orang dapat melangkah dengan fokus.

LANGKAH 6

YAKINI APA YANG BERANI ANDA LAKUKAN!

· Orang yang memiliki keyakinan kuat terhadap apa yang dilakukannya, pasti lebih besar kemungkinannya untuk berhasil, daripada orang yang tidak memiliki keyakinan. Jika anda meyakini sepenuh hati, bahwa menjalankan pekerjaan yang anda tekuni saat ini akan mengantarkan anda kepada keberhasilan, maka anda pasti sampai ke sana.

LANGKAH 7

PERJUANGKAN APA YANG BERANI ANDA YAKINI!

· Keyakinan saja tidak cukup! Anda harus berjuang sekuat tenaga untuk mencapai tujuan anda. Anda harus berjuang dengan berani tanpa pernah takut gagal, sampai titik darah penghabisan. Gunakan cara berpikir “serba mungkin” untuk menuju titik target yang telah anda tetapkan.

LANGKAH 8

SUKSESKAN APA YANG BERANI ANDA PERJUANGKAN!

· Jangan melangkah setengah-setengah. Jika anda meyakini dan berani berjuang dengan kesadaran anda; maka anda harus mampu menyukseskan langkah-langkah anda itu.

· Berusahalah untuk selalu sukses dalam setiap langkah tindakan anda, sekecil apapun itu.

LANGKAH 9

NIKMATI APA YANG BERANI ANDA SUKSESKAN!

·  Setelahanda berhasil meraih target-target dan tujuan anda, nikmatilah hasilnya. Kalau di awal perjuangan anda berani bermimpi sukses luar biasa prima, maka anda pantas dan harus menikmati hasil perjuangan anda.

· Berikan “Reward” untuk diri anda karena keberhasilan anda.

LANGKAH 10

SADARI APA YANG BERANI ANDA NIKMATI!

· Orang sukses sejati memahami betul, bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini. Sukses bisa bersifat sementara dan kadang orang harus berjuang dan berjuang lagi.

· Sukses sejati harus didukung oleh kepribadian dan sikap mental positif. Dan sukses sejati juga harus ditopang oleh kehidupan spiritual (keagamaan) yang sangat kokoh.

· Rayakan kesuksesan anda dengan penuh kesadaran, jangan berlebihan.Mr. Wuryanano menegaskan, apabila anda menjalankan semua langkah- langkah sukses tersebut, tidak akan pernah ada rasa pesimis dan keraguan bahwa anda adalah orang – orang yang akan mencapai kesuksesan terhadap semua hal yang telah anda yakini. (fn/m2h/suaramedia.com)