24 Dzulhijjah 1442  |  Selasa 03 Agustus 2021

basmalah.png

Banyak Saingan Bisnis?

http://3.bp.blogspot.com/_6VOrdk_8tlo/S7ob6TD9bJI/AAAAAAAAAdQ/W-wpQeRv8oE/s1600/online-marketing-graph.jpg

Bisnis makanan tergolong usaha yang sangat menarik dan menjanjikan.

Beberapa pebisnis bahkan berani menyebutkan bahwa laba bisnis ini sangat besar, bisa mencapai 150% atau lebih. Bukan main!

Hanya saja prospek yang cerah juga menarik banyak peminat alias saingan. Untuk bisa memenangkan persaingan yang ketat, pebisnis haruslah memiliki mindset bisnis tinggi dan selalu kreatif dalam mengelola bisnisnya.

Seperti misalnya Alex, pebisnis makanan Tahu Brintiiik Crispy. Dengan kreatif Alex mengolah tahu biasa menjadi camilan baru yang sangat digemari. Bahan dasarnya berasal dari tahu putih yang lembut teksturnya dan disajikan dalam bentuk stik tahu atau tahu kotak biasa. Plus taburan mayones dan aneka bumbu yang bisa dipilih: bumbu barbecue, keju, atau balado.

Ada juga pebisnis yang kreatif menggali ide dari makanan tradisional yang sudah ada dan digemari masyarakat luas.

Seperti usaha milik Taufik Effendi yang menjual pisang ijo makanan khas dari Makassar.

Taufik memodifikasi tiap menu dengan berbagai pilihan rasa yang menjadikan makanan ini semakin diminati. Ada rasa vanila rum, cokelat kismis, stroberi, nangka, serta taburan keju parut.

Selain pengolahan dan penyajian makanan, kita bisa kreatif dalam bentuk pelayanan, paket promosi, desain interior, iklan, brosur, dll. Jadi, jangan takut kalau anda mendapati kenyataan bahwa di luar sana banyak sekali saingan yang berlomba-lomba menarik perhatian konsumen.

Biarpun bisnis anda baru saja dimulai, tapi kalau mempunyai kelebihan atau ciri khas dibanding pesaing, selalu ada saja peluang untuk berhasil.

So, banyak saingan? Siapa takuuut...Tetap Semangat!! (indoentrepreneur.com)