fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


30 Sya'ban 1442  |  Senin 12 April 2021

MARKETING REVOLUTION - Membuat Publisitas yang Benar-Benar Dahsyat

http://4.bp.blogspot.com/__AwPcle94cg/TAWSRZYDAYI/AAAAAAAAAMw/JA090vUqHB4/s1600/promo+iprod.jpgPublisitas dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai suatu bentuk penyiaran tentang sesuatu atau seseorang kepada masyarakat luas melalui pelbagai media. Kini publisitas semakin banyak digunakan orang atau perusahaan untuk menginformasikan sekaligus menawarkan produk atau jasanya.

Salah satu kelebihan publisitas adalah mampu menjadi sarana efektif dalam menyampaikan informasi. Biasanya cara ini tidak perlu mengeluarkan biaya besar, tetapi mampu memberikan hasil yang lebih efektif. Namun, sayangnya, tidak sedikit orang/perusahaan yang belum mempunyai perencanaan matang dalam melakukan suatu publisitas.


Akhirnya, bukan membuahkan hasil yang positif, tetapi malah menjadi bumerang bagi peningkatan citra ataupun pemasaran produk/jasa yang dipublisitaskan tersebut. Yang harus diingat, salah satu kekurangan publisitas adalah dampak atau hasilnya tidak mudah untuk dikontrol oleh seseorang atau perusahaan yang menyampaikan informasi.

Oleh karena itu, sebenarnya kita bisa melakukan perencanaan lebih matang sehingga publisitas akan menghasilkan sesuatu yang benarbenar dahsyat dan berguna bagi banyak orang. Kita bisa melakukan tindakan di luar pemikiran orang pada umumnya untuk membuat suatu publisitas. Bisa saja orang mengatakan hal yang kita lakukan sebagai sesuatu yang ”gila”, tetapi pastikan hal tersebut bukan semata-mata ”gila”.

Harus ada makna positif bagi banyak orang dan layak berita. Sayangnya, hingga kini masih ada yang mengartikan publisitas hanya sebagai kegiatan” gila”, titik. Mereka tidak membuat perencanaan ataupun manfaat yang lebih positif lainnya.Akibatnya,yang terjadi adalah publisitas itu mungkin mendapatkan banyak liputan, tetapi hasilnya justru membuat sesuatu yang negatif.

Bahkan yang terjadi orang tidak mau membeli barang/jasa yang dipublikasikan dengan cara yang sekadar ”gila” tersebut. Oleh karena itu, dalam membuat suatu publisitas, seseorang/ perusahaan harus mempunyai perencanaan yang matang sehingga hasil yang akan didapatkannya benar–benar membawa hasil positif bagi banyak orang lain dan kita sendiri.

Sebagai contohnya pada saat saya me-launching buku Financial Revolution (FR). Pada waktu itu, saya menunggangi kuda setinggi 2 meter,memakai blangkon,dan berpakaian ala Jenderal Sudirman dengan membawa contoh buku Financial Revolution dalam ukuran besar sambil menyusuri Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, yang merupakan salah satu jalan terpadat di Ibu Kota.

Lalu lintas di jalan Sudirman pun sempat dihentikan. Saat itu banyak sekali wartawan dari berbagai media massa meliput aktivitas saya, karena layak berita,mulai dari media lokal hingga nasional, mulai dari koran, majalah, radio hingga televisi.Semuanya GRATIS.

Akhirnya liputan tersebut menjadi sampul majalah untuk berbagai media massa atau menjadi liputan utamanya. Dan hasilnya,banyak orang membicarakannya dan mau dengan senang hati membeli buku saya bahkan mau mereferensikan kepada orang lain (bahkan hingga hari ini).Pembeli buku FR juga senang karena mendapatkan tiket seminar saya.

Selanjutnya, penerbit buku dan toko-toko buku juga mendapatkan hasil yang positif karena buku tersebut terus dicari dan dibeli orang hingga kini.Dampak positif lainnya yang didapatkan dari publisitas yang dilakukan mempunyai efek jangka panjang. Demikian juga pada saat saya melakukan publisitas untuk buku Marketing Revolution.

Tentu Anda masih ingat ”Hujan Uang”. Ternyata dengan melakukan publisitas ”Hujan Uang” saya bisa mendapatkan liputan yang sangat dahsyat. Bayangkan, berbagai media dari lima benua meliput kegiatan yang saya lakukan tersebut. Hasilnya pun sangat dahsyat. Buku Marketing Revolution hingga kini pun selalu dicari–cari orang.

Publisitasnya bermanfaat, bukunya sangat bermanfaat, dan banyak orang mendapat manfaat pula hingga kini.

Menulis Buku Bagian dari Publisitas

Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kredibilitas sehingga Anda bisa memarketing- kan diri dengan lebih efektif.Beberapa tips di bawah ini bisa menjadi acuan.

- Judul yang menarik, tagline yang  powerfull. - Cari sponsor, dari perusahaan besar yang mungkin akan membeli banyak & mengirimkan kepada customer nya.

- Kirim kepada pelanggan lama dan calon konsumen untuk meningkatkan kredibilitas Anda.

- Tulis seperti Anda berbicara sehingga lebih mudah dibaca.

- Tampilkan foto Anda di halaman muka. - Berikan lampiran produk dan jasa yang Anda tawarkan.

- Cantumkan alamat, telepon, nomor ponsel,e-mail,faks, dan website Anda.

- Tes dan ukur.

TUNG DESEM WARINGIN Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business 2005

seputar-indonesia.com