pustaka.png
basmalah.png.orig


10 Dzulqa'dah 1442  |  Minggu 20 Juni 2021

HR Menjadi Partner Bisnis Dalam Perusahaan

http://2.bp.blogspot.com/_zmatkMb_Cys/TPQxYLxfv-I/AAAAAAAAAAQ/ygQxZs0WiPo/S220/hr%2Bblog%2Bphoto.jpgHRD dulu dikenal sebagai personalia yang mengurusi administrasi ke karyawan dari absensi, lembur sampai kepada pengajian. Tetapi sekarang fungsinya telah meningkat sehingga dinamai Human Resources Development, adanya pengembangan karyawan didalamnya baik dalam bentuk training ataupun orientasi dll.

Bahkan di era modern seperti ini sekarang Human Resources berkembang dengan adanya support dalam bentuk Human Resources Information System. Bahkan sekarang dibeberapa perusahaan besar dengan mengunakan HRIS maka karyawan dapat mengajukan cuti, ijin bisa online dan dilakukan dimana saja karena systemnya web based. Semua ini gunanya untuk memudahkan karyawan dan sangat efektif disamping itu paperless, menghindari adanya penumpukan di meja atasan dll.

Seiring dengan perkembangan yang terjadi tersebut sebagai seorang HR kitapun perlu berkembang kepada HR sebagai strategic business partner. Apa yang dimaksud mengenai hal ini? Dimana perusahaan melibatkan HR dalam mengambil keputusan – keputusan strategis dalam perusahaan dan HR menjadi bagian dalam mewujudkan visi dari perusahaan tersebut.

Bagaimana supaya hal ini dapat diterapkan, tentunya harus ada kerjasama dengan pihak perusahaan dengan HR yang menjadi salah satu yang memegang peran. Disamping mengurusi karyawan tentu juga dapat menjadi pengambil keputusan bersama dengan direksi.

Jika hal ini belum berjalan tentunya kita dapat memintanya kepada atasan/pimpinan untuk dapat mengambil keputusan-keputusan strategis karena HR yang mengurusi akan karyawan dan pengembangannya dimana perusahaan yang menjalankan prosesnya adalah karyawan. Oleh karena itu perlu sekali keputusan tersebut HR dapat mengambil bagian.

Jika ada permasalahan yang dihadapi tentunya HR dapat menjadi tempat share oleh atasan dan memberi solusi. Dan tentunya dalam setiap pertemuan yang diadakan baik dalam meeting koordinasi dll HR juga dapat dilibatkan.

Oleh : Maruli Sinambela

MS/IC/vibizmanagement.com