fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


7 Ramadhan 1442  |  Senin 19 April 2021

Mengoptimalkan Pemasaran di Segmen Berbeda

Mengoptimalkan Pemasaran di Segmen BerbedaSekarang ini di Indonesia banyak kita temukan berbagai merek handphone yang sangat beragam. Mulai dari harga yang mahal hingga harga murah meriah.

Namun yang perlu dicatat, meskipun cukup banyak handphone dijual dengan harga murah,tapi ternyata fitur yang disediakan cukup lengkap, sehingga banyak menarik konsumen untuk membelinya.

Bagi merek-merek handphone yang sudah terkenal,dan sebelumnya fokus untuk menjual handphone dengan harga cukup tinggi bahkan produk premium,hal tersebut bisa jadi merupakan suatu tantangan tersendiri.

Dengan membanjirnya berbagai merek handphone, baik dari dalam negeri atau dari negara Asia lainnya dengan harga murah meriah, dengan fitur yang tergolong lengkap tersebut, merupakan indikasi bahwa segmen menengah ke bawah ternyata bisa menjadi salah satu lahan yang menarik untuk diperhatikan dan dikembangkan.

Oleh karena itu, para produsen handphone yang terbiasa menjual produknya dengan harga tinggi (karena fokus untuk membidik pasar menengah atas), rupanya juga mulai serius menggarap segmen bawah.

Dalam Marketing Revolution, meski kita biasanya memasarkan produk atau jasa untuk segmen atas, namun sebenarnya kita juga bisa mengoptimalkan pemasaran di segmen yang berbeda, termasuk di segmen bawah sekalipun.

Pertanyaannya: “Bagaimana caranya? Apakah nantinya tidak akan merusak atau mematikan produk atau jasa kita di segmen atas?” Salah satu caranya yaitu; gunakan teknik sandwich. Apa itu teknik sandwich? Apa hubungan sandwich dengan pemasaran?

Jika ternyata ada peluang di segmen lain yang berbeda dengan segmen pasar kita sebelumnya, dan ternyata peluang itu juga bisa menguntungkan untuk jangka panjang, sebaiknya kita juga bisa membuat produk atau jasa untuk segmen baru tersebut. Dan jika kita rancang dan kerjakan dengan baik, sebenarnya kita juga bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Dengan teknik sandwich ini, memungkinkan kita untuk meletakkan kompetitor di tengah-tengah kita. Jadi kita tetap bisa memasarkan produk segmen atas, namun kita juga bisa memasarkan dan bersaing untuk produk segmen bawah.

Sehingga, meskipun ada perusahaan dengan produk atau jasa yang sejenis dan menjual produknya dengan harga murah, bahkan banyak melakukan promo harga super murah, kita pun juga tetap bisa memberikan persaingan yang positif dan menguntungkan tanpa harus mengorbankan merek kita di segmen atas atau premium.

Misalnya bisnis maskapai penerbangan. Seperti kita lihat, baca atau dengar, bahwa semakin hari semakin banyak maskapai penerbangan baru yang membanting harganya. Bahkan hingga harga yang lebih murah dari kereta api antarkota. Bahkan pula ada yang bisa lebih murah dari tiket bus antarkota!

Oleh karena itu, maskapai penerbangan yang biasanya memasarkan produknya untuk segmen menengah atas, sebenarnya juga bisa bersaing dan tidak perlu merasa terganggu. Antara lain dengan membuat produk baru yang bisa memberikan harga lebih terjangkau kepada konsumen (di bawah nama/brand yang sudah terkenal untuk maskapai menengah atasnya yang ada sebelumnya).

Namun untuk melakukan, kita harus menggarapnya dengan serius. Jika tidak digarap dengan serius bisa menjadi bumerang bagi perusahaan Anda. Bahkan bisa menjadi bumerang bagi nama produk atau jasa kita yang sudah mapan sebelumnya.

Meskipun harganya terjangkau, pastikan memberi pelayanan yang baik dan memenuhi standar yang ada. Yang terakhir ini biasanya cukup banyak diabaikan. Memberi harga murah namun fasilitas yang tidak memadai, sehingga malah banyak orang komplain karena tidak puas dan tidak mau lagi menggunakannya.

Salah satu merek handphone ternama di Indonesia rupanya juga mampu melakukan teknik sandwich yang baik. Selain menjual berbagai produk menengah atasnya,merek handphone ternama tersebut juga sangat serius untuk menggarap produk untuk segmen bawah dengan kualitas yang bisa diandalkan pula.

Sebagai contoh, meski terjadi perang harga yang sangat ketat dalam pemasaran handphone kelas menengah bawah, namun salah satu merek handphone ternama tersebut rupaya sangat jeli melihat peluang yang ada di segmen pasar yang unik (perusahaan lain mungkin belum memikirkannya dengan matang).

Salah satunya adalah segmen bawah yang lebih spesifik, yaitu petani. Apa hubungannya petani dengan handphone? Dan apa keuntungannya menggarap pangsa petani? Dan apa nilai tambah yang bisa ditawarkan? Ternyata kita bisa mengetahui ada produk handphone dari merek ternama dengan harga murah tapi bisa sangat membantu petani.

Antara lain bisa mengetahui up date layanan informasi mengenai harga pasar, harga komoditas yang ada, informasi tentang pertanian, prakiraan cuaca, dan berbagai layanan menarik lainnya yang bisa membantu para petani tersebut. Ini merupakan terobosan yang dahsyat, karena seperti kita ketahui bahwa petani di Indonesia jumlahnya sangat besar.

Bayangkan, meski dianggap segmen bawah,namun jika bisa menjadi market leader untuk segmen ini tentunya akan mampu menghasilkan keuntungan yang dahsyat pula. Oleh karena itu, dalam kondisi apapun, jangan mudah terpancing oleh persaingan harga, baik dari kompetitor ataupun dari produk atau jasa yang kelasnya di bawah Anda.

Anda tetap bisa fokus untuk mengembangkan pemasaran di segmen atas Anda. Namun Anda juga bisa menggarap segmen pasar menengah bawah dengan baik.Tentunya dengan suatu inovasi yang lebih berguna bagi konsumen dan memiliki nilai tambah sangat menarik bagi pembelinya.

Anda sudah membeli buku The Way To Dahsyat Life? Buku biografi tentang perjalanan kehidupan saya dari masa kecil, awal karier saya hingga menjadi Pelatih Sukses No 1 Indonesia, bagaimana proses saya meraih kesuksesan yang dahsyat, serta bagaimana langkah-langkah yang harus kita ambil untuk bisa membuat hidup menjadi lebih dahsyat:

- Mewujudkan impian menjadi kenyataan
- Proses memiliki bisnis dahsyat
- Menjadi karyawan dahsyat
- Menjadi anak yang dahsyat dan berbakti
- Cara membuat tubuh kita selalu dahsyat. Dan masih banyak lagi yang bisa Anda pelajari dari buku tersebut. Buku ini akan mencerahkan siapa saja yang membacanya, ditulis oleh Stephanus PH.

Disertai berbagai foto full color yang menarik, buku ini merupakan sumber bacaan yang sangat bagus untuk Anda,hadiah bagi keluarga, kerabat, rekan ataupun team Anda. Segera dapatkan buku The Way To Dahsyat Life, dan jangan sampai kehabisan . Beli sekarang juga di tokotoko buku terdekat, atau hubungi 021–5476677 untuk pemesanan atau mendapatkan informasi lengkapnya.

Untuk Informasi buku Marketing Revolution, Financial Revolution, CD, VCD dan seminar atau pelatihan yang saya adakan untuk meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan Anda, bisa menghubungi nomor telepon 021-5476677 (hunting) atau SMS ke 0811-163-873 atau klik www.dahsyat.com.

TUNG DESEM WARINGIN
economy.okezone.com