pustaka.png
basmalah.png


3 Dzulqa'dah 1442  |  Minggu 13 Juni 2021

How To Help Your Sales Team Achieve Target

How To Help Your Sales Team Achieve TargetSebagai seorang yang pemimpin sebuah Tim, anda pastilah memiliki tanggung jawab untuk mengkoordinir tim anda untuk mencapai hasil yang maksimal, tentu saja tidak terlepas dari target yang telah ditentukan sebagai satu tim. Sebagai sebuah tim, tentualh Anda jug amemiliki target tim yang harus Anda capai .
Dalam mencapai target hal pertama yang dapat Anda lihat adalah apakah yang dapat membuat tim Anda tidak mencapai target.

Ada beberapa faktor yang dapat Anda perhatikan yaitu antara lain :

- Apakah target yang akan dicapai itu realistis ?

Dalam hal in perlu dilihat kembali apakah target yang akan dicapai tersebut jumlahnya realistis. Menetapkan target perlu juga memperhatikan faktor ini karena kalau target dibuat kurang realistis maka target itu sulit terealisasi dan itu akan mempengaruhi semangat kerja dari keseluruhan tim, apalagi jikalau ada new comer di tim Anda.

- Apakah tim Anda secara keseluruhan yakin dapat mencapai target ?

Hal ini sangat penting untuk Anda pastikan, bahwa seluruh anggota tim memiliki keyakinan dan optimis akan dapat mencapai target yang telah ditentukan dan disepakati bersama. Setelah seluruh tim yakin dapat mencapai target maka Anda dapat memberikan moticvasi dan semangat kerja secara kontinu untuk mengarahkan tim Anda bekerja dengan maksimal.

- Apakah tim Anda sudah diperlengkapi dengan keahlian untuk melakukan kegiatan marketing dengan baik ?

Dalam hal ini Anda dapat memastikan bahwa Tim Anda telah mengikuti training-training yang diperlukan yang berhubungan dengan kinerja kerja tim. Keahlian yang dimiliki tiap anggota tim sangatlah mempengaruhi keberhasilan pencapaian target.  Jikalau ada anggota dari tim Anda yang belum memiliki keahlian maka Anda dapat mengusahakan supaya anggota tim tersebut dapat dibekali dengan  keahlian sehingga dapat melakukan tugasnya dengan maksimal dan mencapai hasil yang maksimal juga.

-  Apakah yang menjadi target dari tim Anda ?

Anda dapat mengevaluasi profil dari setiap calon customer yang menjadi target tim Anda. Anda dapat mencari tahu potensi dari calon customer tersebut  sehingga dapat Anda pastikan bahwa setiap target yang telah ditentukan itu dapat tercapai. Denga mengevaluasi kriteria calon customer yang menjadi target tim Anda maka akan menekan tingkat kegagalan Anda dan membuat presentase pencapaian Anda menjadi lebih tinggi.

- Bagaimana hubungan Tim Anda dengan calon customer yang ditargetkan ?

Hubungan calon customer dengan tim Anda juga perlu diperhatikan, hal ini mempengaruhi target Anda. Semakin baik hubungan tim Anda dengan calon customer makan semakin cepat pula target-target Anda akan tercapai.

Apakah yang harus dilakukan tim Anda untuk mencapai target dan mencapai keberhasilan ?

- Buatlah pembagian tugas yang jelas dan detail. Pastikan untuk setiap project yang Tim Anda akan lakukan jelas tanggungjawabnya siapa yang mengerjakan from a to z. Dalam hal ini kerjasama tim sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan bersama. Suatu tim work yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. Dan tentu saja untuk setiap hasil kerja yang telah dilakukan harus ng harus dilaporkan kepada Anda untuk evaluasi.
 

- Sharingkan apa yang sedang dikerjakan oleh seluruh tim Anda. Dalam hal ini setiap anggota tim dapat men-share apa yang dilakukan, dimana keberhasilan dan mungkin ada kegagalan yang dialami. Hal ini sangat membantu semua anggota tim untuk saling belajar dan memperbaiki kinerja yang ada di masa mendatang. Dengan adanya sharing ini maka akan dapat diketahui dimana letak keunggulan dan kelemahan tim Anda secara keseluruhan sehingga dapat ditentukan langkah-langkah perbaikan jika diperlukan dan juga dapat meningkatkan hasil yang telah dicapai secara keseluruhan.
 

- Buatlah standard pekerjaan yang harus dijalankan oleh tim Anda. Standard ini harus diketahui dan dijalankan oleh setiap anggota tim. Dengan adanya standard ini maka setiap anggota tim Anda akan mengetahui apa yang harus dikerjakan dan hasil apa yang harus dicapai. Dengan standard ini maka setiap anggota tim.

 
Oleh Indriani Vera
vibiznews.com