12 Rabiul-Awal 1443  |  Selasa 19 Oktober 2021

basmalah.png

Managing Day-to-Day Employee Performance

Managing Day-to-Day Employee PerformanceSeringkali setiap karyawan kinerja kalau bagus itu dikarenakan ada sesuatu tujuan yang hendak dicapai dan memang ada banyak faktor yang membuat hal itu terjadi yaitu mungkin karena akan mendapatkan kenaikan gaji ataupun bonus ataupun sesuatu hal yang membuat karyawan tersebut menjadi termotivasi mungkin ditawarkan jalan-jalan ke luar negeri ataupun bisa juga karena akan mendapatkan promosi jabatan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Hal ini memang sangat penting didapatkan oleh seorang karyawan namun sangat perlu diperhatikan sekali bagaimana awalnya supaya seorang karyawan tersebut bisa mencapai itu semua? pastilah akan ada perjuangan serta kerja keras yang dilakukan setiap hari, hari demi hari kinerja kita akan dilihat dan dinilai apakah kinerja kita tersebut apakah sudah pas untuk memperoleh itu semua atau tidak?

Ada beberapa hal yang bisa kita nilai apakah seorang karyawan tersebut kinerjanya bagus atau tidak, yaitu di dalam :

1. Menetapkan tujuan
Kita harus mengetahui apakah sebenarnya tujuan kita bekerja dan apa saja motivasi kita? kalau kita berpendapat tujuan saya adalah uang maka saya harus bekerja keras, maka pastilah kita juga akan menjadi memperhatikan bagaimana kita bekerja? dimulai dari semua pekerjaan yang diberikan oleh atasan semua kita kerjakan tepat pada wwaktunya dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh atasan kita terutama tidak salah-salah apapun yang kita kerjakan semuanya baik. Hal ini akan mengacu kita kepada tujuan kita bekerja dan pastinya bukan hanya tujuan uang kita capai namun kita bisa mencapai pengalaman pekerjaan, pengetahuan bahkan kita bisa semakin pintar untuk dapat mengerti banyak hal di dalam pekerjaan yang kita buat tersebut.

2. Memastikan harapan Anda jelas
Selain tujuan kita bekerja maka kita juga pastilah memiliki suatu harapan yang jelas untuk hari esok yaitu masa depan kita yang akan kita capai ke depannya. Hal ini bisa dimulai dari cita-cita kita ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari sebelumnya atau ingin berharap mendapatkan kenaikan gaji yang lebih tinggi ataupun berharap kenaikan jabatan yang lebih baik dari sebelumnya. Banyak faktor dan setiap hari hal ini akan di nilai oleh atasan bahkan HRD-pun juga akan mengawasi kinerja tiap-tiap karyawannya apakah karyawan tersebut sesuai dengan target pekerjaan atau tidak? apakah karyawan tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan oleh atasannya? Jangan menjadi risau pastinya atasan kita-pun akan melihat itu semua dari hasil kinerja kita yang baik dan akan membuahkan harapan kita selama ini menjadi tercapai.

3. Menyediakan umpan balik dengan membantu orang di sekitarnya
Kinerja seseorang itu bukan hanya dinilai dari bekerja secara pribadi kepada atasan saja namun ada umpan balik juga yang harus kita lihat yaitu apakah kita juga membantu orang lain di dalam bekerja sebab hal ini juga akan mendukung keberhasilan pekerjaann dan akan menjadi lebih efektif jikalau dikerjakan bersama-sama dan hal ini akan terlihat suatu kerjasama yang baik diantara satu karyawan dengan karyawan yang lain. Iilah yang dinamakan kerjasama team apakah sudah baik atau tidak? ada juga seorang karyawan yang hanya bisa bekerja untuk dirinya sendiri saja dan tidak cocok untuk bekerja dengan orang lain? Wah.orang seperti ini terlalu egois sekali sebab hanya mementingkan dirinya sendiri saja dan kurang memperhatikan orang lain. Pastinya kinerja orang tersebut akan dinilai dari hari ke sehari dan akan membuat penilaian terhadap dirinya sendiri akan berkurang.

Dengan demikian ingatlah bahwa setiap hari demi hari kita bekerja maka kita pasti akan dinilai dan diperhatikan baik oleh atasan,rekan kerja sendiri ataupun bos-bos yang ada di sekeliling kita, sebab itu dalam mengelola kinerja karyawan harus benar-benar memiliki sikap arif dan bijaksana untuk memperoleh kesuksesan di dalam bekerja.

Oleh : Rulofine Handayani
vibizmanagement.com