pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

Sulitkah Memberikan Pelayanan Yang Prima ?

Sulitkah Memberikan Pelayanan Yang Prima ?Memberikan layanan prima kepada pelanggan Anda dapat menjadi faktor yang membuat Anda dapat tetap berdiri tegak  di atas pesaing Anda. Bagaimana Anda melakukan hal itu?

Mari kita membayangkan ilustrasi berikut:
Ketika suatu saat pelanggan anda perlu untuk melakukan service rutin pada kendaraannya karena memang sudah waktunya untuk service rutin, karena sudah langganan maka bisa saja mengorder melalui telephone dan pelanggan dilayani dengan sangat baik, setelah dibuat janji maka singkat cerita kendaraan sudah ready untuk dapat dipergunakan kembali, dan semua sudah selesai di service sesuai kebutuhan atau servicenya sangat memuaskan sesuai kebutuhan pelanggan anda.

Jika diberikan anda memberikan form feed back, atau semacam penilaian, maka berapa angka yang akan diberikan oleh pelanggan anda, karena bagusnya pelayanan dari bengkel langganan anda tersebut.

Apakah anda akan diberikan penilaian yang standar ataukah diatas rata-rata dari yang mereka harapkan untuk diterima. Salah satu cara anda dapat tetap membangun suatu rantai yang tidak terputus dengan pelanggan anda, adalah pada saat anda memberikan pelayanan lebih dari yang diminta oleh pelanggan anda, tentunya mungkin itu bukan yang bersifat pelanggan anda harus mengeluarkan uang lebih karena pelayanan ekstra yang sudah diberikan. Tetapi memang karena  semata-mata anda menghargai akan pelanggan anda, sebab pelayanan yang memuaskan yang sudah anda berikan kepada pelanggan anda itu akan selalu diingatnya, karena kendaraan pasti akan ada service rutin yang selama pelanggan anda memiliki kendaraan pasti ia akan mengingat anda, belum lagi kalau ia menceritakan kembali kepada orang lain, maka lebih lagi anda mendapatkan keuntungan karena bertambahnya pelanggan.

Kalau melihat pada thema atau topik artikel ini, sulitkah memberikan pelayanan Prima ? Jawabannya adalah Tidak. Jika anda menyadari alangkah mudahnya memberikan layanan yang prima kepada pelanggan setia, dibandingkan mencari pelanggan yang baru.   Karena ketika pelanggan anda PUAS maka dia akan memberitahukan lagi kepada teman, keluarga, tetangga dan seterusnya. Tetapi penting juga untuk diingat bahwa ketika anda memberikan pelayanan yang prima pada pelanggan anda, maka anda harus melakukannya dengan konsisten, sebab jika anda tidak menjaganya, maka dalam sekejap juga anda akan mengalami kerugian, percaya atau tidak. Pelanggan anda akan pergi dan membawa serta pelanggan yang lain yang mungkin juga awalnya karena promosi yang dilakukan pelanggan anda. Pelanggan anda sekalipun harus membayar sedikit lebih mahal dibandingkan yang lain, mereka akan tetap memilih anda yang sudah dipercayanya, sekalipun ada yang lain yang harganya sedikit lebih miring, tapi nilai PUAS itu membuat pelanggan anda tidak akan berpaling pada yang lain.

Oleh : Margaretha Shakuntala
vibizmanagement.com