fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


7 Ramadhan 1442  |  Senin 19 April 2021

Creating A Company Mission Statement

Creating A Company Mission StatementSebuah mission statement dapat merupakan sesuatu yang selalu mengingatkan akan tujuan perusahaan. Mission statement yang dibuat dengan kalimat yang tepat akan sangat mudah melekat dalam pikiran setiap karyawan, menyatu dalam setiap elemen perusahaan. Mission statement merupakan sesuatu yang penting.

Lihatlah mission statement dari beberapa perusahaan dibawah ini :

Ford: "We are a global family with a proud heritage passionately committed to providing personal mobility for people around the world."

Domino's Pizza:: “To be the leader in delivering off-premise pizza convenience to consumers around the world”

Starbucks: “To Establish Starbucks as the Premier Purveyor of the Finest Coffee in the World while Maintaining our Uncompromising Principles as We Grow.”

Dalam membuat mission statement kita dapat memperhatikan beberapa hal berikut :

1.    Seperti apa perusahaan anda? Apakah perusahaan Anda "bertujuan untuk menjadi pemimpin dalam kualitas produk, dalam layanan pelanggan, dan inovasi untuk hari esok?"  Sebuah pernyataan misi adalah penting untuk memperjelas maksud dari bisnis Anda. Secara tradisional, pernyataan misi merupakan perpaduan antara realisme dan optimisme.  Istilah yang bertentangan dengan satu sama lain.  Keseimbangan antara keduanya adalah kunci utama untuk menulis pernyataan misi besar. Jadi sebelum Anda memulai, pastikan untuk pengembangan pernyataan misi benar-benar efektif.

2.    Ada empat elemen utama yang ditemukan dalam pernyataan-pernyataan misi yang efektif: Nilai (value), inspirasi, masuk akal (logic), dan spesifisitas. Dalam beberapa kalimat pendek, Anda harus mampu menyampaikan nilai perusahaan Anda atau mengapa Anda menciptakan merek tersebut. Kalimat pendek tersebut harus mampu menginspirasi dan mendorong karyawan Anda, terdengar  wajar dan masuk akal, spesifik dan serelevan mungkin.  Temukan tema kunci untuk perusahaan Anda, dan pastikan masing-masing elemen berputar di sekitar tema tersebut

3.    Buatlah sesingkat dan semanis mungkin. Sebuah pernyataan misi bukanlah esai misi. Cobalah untuk meringkas misi seluruh perusahaan Anda dalam satu atau dua kalimat. Berpikirlah seperti ini: pernyataan misi Anda adalah mutlak yang terbaik dan  harus dapat menjadi slogan Anda. Pernyataan misi yang singkat juga lebih berkesan dan efektif. Jadi tidak perlu membuatnya terlalu rumit.

4.    Pernyataan misi dapat sangat berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Pilihlah apakah Anda ingin pernyataan perusahaan Anda untuk mencerminkan tujuan jangka pendek yang tujuan atau aspirasi jangka panjang. Pastikan untuk memilih hanya salah satu tujuan ; spesifisitas adalah kunci untuk sebuah misi berpengaruh. Sementara pernyataan jangka pendek misi memungkinkan Anda untuk menjadi lebih spesifik dengan tujuan Anda, mereka juga perlu diperbarui lebih sering untuk tetap relevan. Jika Anda ingin pernyataan untuk menjadi refleksi jangka panjang, menggunakan bahasa global yang menunjukkan tujuan perusahaan Anda, terlepas dari berapa banyak perusahaan Anda mungkin berkembang di masa depan.

5.    Representasikan budaya perusahaan anda melalui mission statement anda.  Evolusi tidak bisa dihindari. Sering pernyataan misi ditulis saat kelahiran sebuah perusahaan dan kemudian dilupakan begitu saja. Pernyataan anda harus menjadi representasi penting dari budaya perusahaan Anda. Ini kesempatan untuk keseluruhan identitas perusahaan disampaikan dan harus terus dipelihara. Menggabungkan ide-ide  dan lama dari pernyataan dalam cara Anda menjalankan bisnis Anda, dan pastikan untuk meninjau kembali secara teratur untuk membuat perubahan yang diperlukan.Tidak ada perusahaan yang pernah tet sama. Tweak pernyataan Anda memastikan bahwa terus-menerus sejalan dengan arah perusahaan Anda .

Oleh : Vera Herlina, SE,MM, S.Ked
vibizmanagement.com