fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Syawal 1442  |  Kamis 13 Mei 2021

Leadership By Example

Leadership By ExampleFiqhislam.com - Di dalam kepemimpinan, memang arahan dari seorang pemimpin sangat dibutuhkan dalam mencapai tujuan perusahaan. Akan tetapi, seringkali ada hal penting yang kurang diperhatikan, yaitu seorang harus menjadi contoh bagi bawahannya. Seperti yang dikutip dari quote Jerry McClain of Seattle, WA yang berbunyi : “The best example of leadership, is leadership by example.”

Hal itu berarti bahwa kepemimpinan yang baik adalah kepemimpinan yang disertai dengan contoh. Mungkin dengan hal itu Anda berpikir, apakah berarti seorang pemimpin harus bisa mengerjakan semua yang dikerjakan anak buahnya bahkan sampai hal-hal terkecilnya? Jawabannya bukan seperti itu. Seorang pemimpin tidak harus sampai menguasai hal yang paling kecil namun ia harus bisa memberi contoh di dalam menjalankan pekerjaan di perusahaan.

Misalnya, jika seorang atasan menunjukkan sifat bossy atau sekedar menunjukkan kekuasaan dengan cara hanya menyuruh anak buahnya saja tanpa dirinya bekerja keras hal tersebut bisa dikatakan bahwa atasan tersebut memberikan contoh yang buruk bagi bawahan. Atau, sifat atasan yang terlihat ”tidak mau kerja”, malas dan gampangnya saja itu bisa memberikan contoh yang buruk bagi bawahan.

Contoh dari atasan yang baik, paling jelas terlihat apabila ia rajin di dalam bekerja. Kerajinan dan keseriusan seorang atasan dalam memantau bawahan memang sangat diperlukan, karena itu adalah contoh nyata yang dapat membuat bawahan mengikuti hal baik yang dilakukan oleh atasan. Arahan yang tidak disertai dengan contoh yang baik memang bisa berbahaya, karena seringkali contoh yang buruk bisa menjadi bumerang bagi atasan, karena bawahan bisa saja menyalahkan atasannya jika atasan tidak memberi contoh yang baik. Contohnya “yah dia saja selalu terlihat santai tidak pernah bekerja, bisanya hanya menyuruh kita. Dia juga tidak pernah memberikan arahan harus menjalankan tugas seperti apa.” Nah, karena itu memang sangat diperlukan contoh baik dari atasan, karena contoh yang baik dari seorang atasan merupakan salah satu hal yang dapat mempertajam kepemimpinan.

Menjadi contoh yang baik memang sepertinya hal kecil, tetapi hal tersebut sebenarnya merupakan hal yang harus diperhatikan, karena dengan menjadi contoh yang baik, hal itu akan membuat bawahan melihat atasannya sebagai pemimpin yang baik dan akan membuat bawahan lebih loyal kepada atasan dan juga kepada perusahaan sehingga pada akhirnya tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik.

Oleh : Fanya Jodie
vibizmanagement.com