fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


7 Ramadhan 1442  |  Senin 19 April 2021

How To Build Successful Work Teams

How To Build Successful Work Teams Fiqhislam.com - Banyak orang di tempat bekerjanya ingin sekali memiliki team yang sukses,maju, berhasil di dalam segala bidang pekerjaan. Hal ini memang harus dicapai dengan kerja keras bukan saja hanya dilakukan oleh pemimpin di sebuah perusahaan namun semua karyawan atau team terlibat di dalamnya dan hal ini juga tidak boleh ada perbedaan dari departemen yang satu dengan departemen yang lain sebab semua departemen di dalam sebuah perusahaan sangatlah berperan aktif bersama-sama untuk membangun team yang solid, komit dan berhasil untuk mencapai suatu tujuan.

Seorang Pemimpin sebuah perusahaan bisa saja memimpin dan memberikan arahan serta strategi-strategi yang jitu terhadap suatu perusahaan untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan buat perusahaan. Tapi seorang pemimpin harus mengetahui bahwa hal ini tidak dapat berjalan dengan baik jikalau setiap departemen head dan anak teamnya di setiap departemen tidak mengerti apa tujuan dari sebuah kebersamaan dan kekompakan di dalam membangun sebuah team yang solid, komit dan sukses.

Dengan demikian bagaimana caranya supaya setiap departemen dan anak teamnya mengerti akan suatu tujuan perusahaan? Hal ini harus benar-benar disadari bahwa kekompakan dengan membangun team yang solid akan menghasilkan keuntungan bukan saja untuk perusahaan namun juga untuk setiap karyawan yang ada di dalam perusahaan tersebut dan pastinya hal ini akan mempengaruhi kenaikan gaji, bonus ataupun keuntungan-keuntungan yang lain untuk karyawan.

Jikalau ingin membangun suatu team yang sukses maka semua karyawan harus fokus dan perhatian kepada suatu tujuan perusahaan, yaitu:

1. Memiliki pengertian bahwa semua karyawan atau team saling berpartisipasi di dalam mencapai tujuan. Sekalipun mungkin tidaklah mudah untuk menyatukan persepsi ataupun menyatukan semua team untuk dapat saling bekerjasama, sebab ada waktunya mereka akan timbul egois, cuek dan mungkin tidak perduli terutama diantara departemen yang lain.

Oleh sebab itu perlu sekali semua team memahami di mana pekerjaannya sesuai dalam konteks total tujuan organisasi, prinsip, visi dan nilai-nilai suatu perusahaan?

2. Memiliki Komitmen diantara semua team.
Apakah semua team sudah memiliki komitmen bersama untuk menyelesaikan suatu tujuan dan hasil yang diharapkan?

3. Memiliki  Kontrol diantara team dan diantara semua departemen dan hal ini bisa dilakukan oleh departemen head dimana departemen head harus benar-benar menjalankan fungsi kontrolnya masing-masing sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

4. Memiliki Kolaborasi diantara satu departemen dengan departemen yang lain dengan cara mengadakan pendekatan terutama ketika menghadapi suatu masalah, memecahkan masalah, memperbaiki proses serta menetapkan tujuan perusahaan sehingga dengan kolaborasi dari semua team akan membangun kesuksesan bersama-sama.

Dengan melakukan keempat hal ini maka sangat diharapkan sekali semua team dan saling bekerjasama dengan baik sehingga akan membangun team yang sukses bersama-sama dalam mencapai tujuan perusahaan

Oleh : Rulofine Handayani
vibizmanagement.com