fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


10 Ramadhan 1442  |  Kamis 22 April 2021

How To Improve Your Ability to Accomplish Your Goals

How To Improve Your Ability to Accomplish Your GoalsFiqhislam.com - Salah satu faktor penentu utama kelangsungan hidup dan keberhasilan dalam pencapaian tujuan sebuah perusahaan adalah faktor produktivitas kerja para karyawannya, sebab itu perusahan selalu mencari karyawan yang Produktif, yang dapat mereka andalkan untuk dapat mengembangkan usahanya.
 
Pada perusahaan yang berkembang biasanya pada masa setiap enam bulanan ataupun setiap tahun, pihak perusahaan memerlukan pegawai baru untuk dapat terus mengembangkan perusahaan atau menggantikan pegawai lama yang sudah memasuki masa pensiun, Perusahaan akan mencari/menjaring pegawai yang produktif. Untuk penjaringan pegawai pihak perusahaan akan membuka lowongan kerja. Sebagai pihak perusahaan ataupun pimpinan kadang dihadapkan dengan ratusan atau bahkan ribuan pelamar yang mendaftar untuk mengisi posisi tertentu di suatu perusahaan, namun perusahaan biasa mencari karyawan lain yang mau bekerja secara produktif yang memiliki kriteria sesuai dengan visi misi perusahaan. Sedangkan bagi orang yang biasa tidak produktif, pasti sulit mendapatkan pekerjaan baru yang langgeng. Oleh sebab itu sebagai seorang karyawan Anda anda harus terus menerus meningkatkan produktivitas kerja Anda di kantor. Berikut beberapa tips sebagai modal dasar yang dapat di uraikan :
 
A. Memanfaatkan waktu kerja dengan optimal.
Jam bekerja adalah waktu bekerja, tidak seharusnya menjalankan aktivitas lain yang tidak sejalan dengan pekerjaan dikantor, misalnya membuka situs-situs yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan dll.

Pagawai yang memiliki pekerjaan menumpuk sering kali mengeluh merasa kurang dengan waktu kerja yang telah diberikan, itulah sebabnya sering kali untuk menyelesaikan pekerjaannya mereka mengambil waktu lembur pulang lebih larut malam bahkan membawa pulang pekerjaannya ke rumah, Untuk itulah usaha untuk mengoptimalkan waktu kerja di kantor menjadi sangat penting, dalam usaha anda mengoptimalkan waktu selama jam kerja, maka silakan anda cermati bagaimana Anda memanfaatkan waktu selama jam kerja. Apakah Anda ‘beristirahat’ makan siang lebih lama dari seharusnya ?!. Atau ‘ngopi’ sambil merumpi di kantin bersama teman-teman dari waktu yang seharusnya ?!. Anda sendiri harus tentukan kapan waktu terbaik dimana Anda bisa berkonsentrasi penuh saat mengerjakan tugas-tugas kantor misalnya dari pukul 8.00 sampai pukul 11.00 dan pukul 14.00 sampai pukul 17.00. setelah menentukan waktu terbaik tadi, usahakan untuk mengoptimalkan saat-saat tersebut dengan menghindari segala sesuatu yang dapat memecah konsentrasi seperti  ngerumpi, telepon hanya untuk ngobrol-gobrol, chatting, membuka e-mail jaringan sosial memeriksa email yang tidak perlu, tidak seharusnya Anda melakukan aktivitas yang tidak sejalan dengan pekerjaan selama jam kerja.
 
B. Memastikan efektivitas kerja Anda berjalan efektif.
Jika anda melakukan suatu pekerjaan, jangan memiliki mental kerja yang penting di kerjakan dan selesai tidak peduli apakah kontennya bagus atau tidak.! Sebenarnya orang-orang yang demikian telah membuat hayalan atas harapan mereka bahwa mereka akan peroleh hasil atau uang yang besar seperti hujan turun dari langit tanpa berusaha. Mengerjakan tugas-tugas secara efektif berarti melakukannya tanpa cacat, produk cacat hanya akan ditolak, dibuang, atau didaur ulang, Di kantor, pekerjaan cacat ditandai dengan banyaknya kesalahan sehingga harus diulang lagi, atau delay sehingga menghambat kinerja orang. Sebagai pegawai kita harus bekerja Total, Do the best! dalam segala pekerjaan kita. kita harus berusaha untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi agar terhindar dari proses pengulangan serta kerugian. Pastikan efektivitas kerja Anda tinggi sehingga Anda bisa menjadi bagian dari proses bisnis dengan produktivitas tinggi.
 
C. Ketahuilah bahwa Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk Produktif.
Manusia akan menghasilkan sesuatu dengan melakukan kegiatan yang disebut bekerja. Kita memiliki kekuatan atau kemampuan menghasilkan sesuatu. Manusia sebagai makhluk yang berpotensi dan berprofuktif itulah sebabnya kita harus menyadari akan betapa besarnya kapasitas pribadi yang Anda miliki. kita memang pantas untuk ada pada tuntutan tanggung jawab dalam menyelesaikan dan mengembangkan usaha, karena sesungguhnya kita mampu menghasilkan sesuatu kalo kita mau bekerja dan berusaha.

Kita  harus terus menerus berusaha mengoptimalkan potensi dan kemampuan dalam diri kita, maka dengan demikian anda akan dapat melihat bahwa pastilah semakin hari produktivitas Anda semakin meningkat juga. Mengapa? Karena kapasitas diri Anda itu nyaris tidak ada batasnya, Anda akan mampu terus berkembang.
 
D. Kinerja/ Prestasi kerja / Performance menentukan reputasi Anda.
Ukuran reputasi itu dikaitkan dengan produktivitas kerja, kepercayaan dan penghargaan akan diberikan kepada seseorang yang memiliki produktivias kerja. Jika produktivitas kerja Anda tinggi, maka reputasi Anda baik
 
E. Bekerja menjadikan hidup lebih baik.
Ingat jika seseorang dapat melakukan aktifitas bekerja adalah sebuah anugrah, bekerja adalah sebuah amanah. Kita harus bekerja pada perusahaan yang telah berkomitmen mengaji kita, selain itu bukankah hasil pekerjaan kita itulah yang nantinya akan memenuhi segala kebutuhan hidup kita. Kalau ada orang yang bekerja, upahnya tidak diperhitungkan sebagai hadiah, tetapi sebagai haknya.
 
Pentingnya arti produktivitas terutama pada pekerjaan dalam meningkatkan kesejahteraan secara universal,  dan memenangkan persaingan ketat di pekerjaan saat ini. jadi mari berusaha tingkatkan terus menerus produktivitas bekerja.

Oleh : Eni Ariyanti
vibizmanagement.com