23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Managing Talented People

Managing Talented PeopleFiqhislam.com - Persaingan usaha ada dalam segala bidang, setiap usaha memasuki kopetisi yang tinggi, hal ini memaksa setiap perusahaan harus dapat bekerja dengan Efektif, Efesien, dan Productive. Perusahaan harus bisa bersaing dengan keungulan yang dimilikinya, dan salah satu faktor keunggulan perusahaan adalah kualitas sumber daya manusianya.  
 
Karyawan adalah inti keberhasilan usaha, sebab itu perusahaan penting untuk mendukung karyawannya dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan memperluas keahlian. Jika perusahaan tahu memandang bahwa karyawan adalah mitra bisnis yang kuat yang dapat memberikan peluang kesuksesan baginya maka perusahaan akan berkomitmen untuk membuat karyawannya berkembang secara professional. Kesadaran ini membuat banyak perusahaan berkembang dewasa ini membuat perhatian khusus dalam pengelolaan karyawannya bagi pencapaian keberhasilan perusahaan. Perhatian khusus  itu selain program penilaian kinerja seperti promosi, kenaikan gaji, karir, pendidikan, dan pelatihan dan lain-lain yang dilakukan perusahaan dengan tujuan memberikan feedback kepada karyawan dalam upaya memperbaiki tampilan kerjanya dan produktivitas karyawan, selain itu dewasa ini perusahaan berkembang juga membuat program yang dapat membantu para karyawannya mengenali dan menggali kekuatan dan potensi serta bakatnya.

Program yang sekarang gencar dilakukan antara lain seperti :
 
A.   Program Montor

Fungsi Mentoring :
{1}Memberikan bimbingan secara berkesinambungan dalam jangka panjang untuk tujuan pengembangan seseorang, dengan cara memberikan pengaruh idealisasi (kharismatik), motivasi inspirasioal, stimulasi intelektual, menumbuhkan kekuatan serta ketahanan dalam menghadapi tekanan atau tuntutan kerja.
{2}Memberikan bimbimbang dan pengembangan karyawannya baik dalam karir, pengembangan keahlian secara profesional dan dukungan psikisosial serta memberikan penyuluhan atas hubungan dengan stress kerja yang dialami karyawan.
{3}Dari sudut mentor, pengertian mentor bisanya mengandung arti bahwa ia adalah seseorang yang membantu dan memahami system informal yang berlaku dan membimbing bagaimana untuk sukses dan berhasil mencapai tujuan yang diharapkan.
 
Proses Mentoring :
{1}Setiap anggota organisasi harus mampu mengembangkan potensi diri melalui pengembangan talenta yang dimiliki.
{2}Memahami motivasi dan strategi motivasi diri sendiri dan orang lain.
{3}Pengembangan talenta diperlukan fasilitasi dan partner untuk mengembangkan diri.
{4}Setiap anggota dapat mengelola potensi dan kekuarangan diri yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan perusahaan
{5}Fungsi mentor memberikan gambaran masa depan dan memberikan percepatan proses untuk mengembangkan talenta seseorang menjadi kenyataan.
{6}Fungsi mentor adalah sebagai mitra dalam memberikan arahan pengembangan diri.
{7}Fungsi mentor harus mengajak berpikir positif.
 
B.   Bisnis Leadership Program
Pelatihan Kepemimpinan ini di peruntukan kepada pemilik usaha/top management maupun kepada seluruh jajaran staff nya, karena tanpa sifat-sifat kepemimpinan yang baik dan terarah, maka seluruh staff hanya akan bekerja seperti robot, segala sesuatu harus diawasi, diperintah dan dikoreksi, akibatnya hanya jalan ditempat saja, perusahaan akan menjadi biasa-biasa saja  dan tidak mampu menjadi perusahaan yang sukses, hal inilah yang menjadi alasan mengapa pelatihan kepemimpinan menjadi factor yang  di butuhkan. Seorang yang memiliki sifat kepemimpinan adalah orang yang kuat,  seorang yang berkarakter kuat menunjukkan aktivitas, energi, kemantapan tekad, disiplin, kemauan keras, dan keberanian.

Dia melihat apa yang ia inginkan lalu mengejarnya. Ia juga menarik orang untuk mengikutinya. Di sisi lain, orang yang berkarakter lemah tidak menunjukkan sifat-sifat tersebut. Ia tidak tahu apa yang ia inginkan. Sifatnya tidak terkelola dengan baik, terombang-ambing dan tidak konsisten. Akibatnya, tidak ada seorang pun yang bersedia mengikutinya. karakter kepemimpinan akan membuat orang tersebut mampu untuk terus berkembang, karena seorang yang memiliki sifat kepemimpinan, pastilah memiliki juga visi dan misi kedapan untuk meraih kesuksesan.

Oleh : Eni Ariyanti
vibizmanagement.com