fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


28 Sya'ban 1442  |  Sabtu 10 April 2021

Sepuluh Tips Meningkatkan Motivasi Karyawan

Sepuluh Tips Meningkatkan Motivasi KaryawanFiqhislam.com - Beberapa tips berikut dapat meningkatkan motivasi karyawan :

1. Membangun Landasan

Sangat penting untuk membangun landasan yang kokoh bagi karyawan Anda sehingga mereka merasa diinvestasikan dalam perusahaan. Beritahu mereka tentang sejarah bisnis dan visi Anda untuk masa depan. Tanyakan kepada mereka tentang harapan mereka dan tujuan karir, serta bagaimana Anda bisa membantu mereka merasa seperti bagian dari tim. Ketika seorang karyawan baru bekerja di kantor Anda , pastikan mereka menerima sambutan orientasi menyeluruh.

2. Ciptakan Lingkungan yang  Positif

Mempromosikan suasana kantor yang membuat semua karyawan merasa berharga dan penting menjadi bagian dalam kantor tersebut. Jangan perlakukan  staf Anda dengan pilih kasih. Menjaga pintu kantor selalu  terbuka, dan biarkan setiap staf dapat dengan leluasa   mendekati Anda dengan pertanyaan atau masalah. Dengan demikian,  suatu kantor yang semua stafnya happy dan enjoy bekerja di kantor tersebut  akan mengakibatkan  kantor menjadi  produktif.

3. Letakkan Staf Anda  di Jalur Kanan

Kebanyakan karyawan mencari peluang kemajuan dalam perusahaan mereka sendiri. Bekerja dengan masing-masing dari mereka untuk mengembangkan rencana karir pertumbuhan yang mempertimbangkan baik keterampilan mereka saat ini dan tujuan masa depan mereka. Jika karyawan menjadi bersemangat tentang apa yang mereka jalani atau kerjakan, mereka pasti  akan menjadi lebih terlibat dalam pekerjaan mereka saat ini.

4. Mendidik Staf Anda

Membantu karyawan meningkatkan keterampilan profesional mereka dengan menyediakan on-the-job training atau in-house pengembangan karir. Memungkinkan mereka untuk menghadiri lokakarya dan seminar yang berhubungan dengan industri. Mendorong mereka untuk menghadiri kelas-kelas  training dibayar oleh perusahaan. Karyawan Anda akan merasa termotivasi , dan ini akan diterjemahkan ke dalam kinerja pekerjaan .

5. Jangan Lupakan Fun

Sekali-sekali, Anda harus menempatkan pekerjaan itu  dan melakukan sesuatu yang menyenangkan bagi orang-orang yang bekerja untuk Anda.
Perlakukan karyawan di kantor Anda , sekali-sekali dengan mentraktir karyawan yang berulang tahun  dengan  makan siang pizza atau membawa setiap orang ke bioskop. Menghargai karyawan dengan hari yang off atau dengan menutup kantor lebih awal pada hari Jumat sore secara  acak. Pengalihan ini kurang lebih dapat membawa  ke arah peningkatan produktivitas.

6.  Mengakui  Kontribusi Staf Anda

Anda dapat membuat perbedaan besar dalam moral karyawan dengan hanya mengambil waktu untuk mengakui kontribusi setiap karyawan dan prestasi, besar atau kecil. Jangan mengambil begitu saja bahwa para pekerja Anda tahu mereka telah dilakukan dengan baik - bermurah hati dengan pujian.

7. Memberikan Insentif

Menawarkan orang-orang insentif untuk melakukan baik, baik dengan sesuatu yang kecil seperti sertifikat hadiah atau sesuatu yang lebih substansial seperti bonus berbasis kinerja atau kenaikan gaji.
Juga, memberikan "Karyawan Bulan" penghargaan. Bukti seperti penghargaan akan memberikan pengaruh  dalam memotivasi karyawan.

8.  Hargailah  Janji  Anda

Membuat orang dapat  menyadari  bahwa mereka perlu   menindaklanjuti janji-janji. Jika Anda memberitahu seorang karyawan bahwa mereka akan diberikan bonus dengan pertimbangan-pertibangan tertentu  , maka akan  memperbaiki atau meningkatkan produktivitas, Anda sebaiknya benar-benar konsekuen dengan janji Anda.  Kegagalan untuk menindaklanjuti janji-janji akan mengakibatkan hilangnya kepercayaan – kepercayaan kepada Anda dan perusahaan Anda.

9. Memberikan Pelatihan  Karir

Membantu karyawan mencapai tingkat profesi yang lebih tinggi  dengan menyediakan  pelatihan-pelatihan. Membawa profesional untuk memberikan konseling satu-satu, yang dapat membantu orang belajar bagaimana mengatasi hambatan pribadi atau profesional pada jalur karir mereka.

10. Mencocokkan  Tugas Pekerjaan dengan  Bakat

Anda dapat meningkatkan motivasi karyawan dengan meningkatkan kepercayaan karyawan. Tetapkan individu dengan tugas-tugas, dan  Anda tahu bahwa mereka akan menikmati atau akan menjadi sangat baik. Seorang karyawan yang berhasil pada satu hal akan memiliki kepercayaan diri untuk menangani proyek-proyek lain dengan energi baru dan kegembiraan.

Oleh : Ita Ratna
vibizmanagement.com