fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Ramadhan 1442  |  Selasa 13 April 2021

Facebook Jadi Media Efektif untuk Pemasaran

Facebook Jadi Media Efektif untuk Pemasaran Fiqhislam.com - Facebook adalah media paling efektif dalam memperkenalkan merek produk dan layanan pada situs media sosial.

Nielsen mencatat pengguna internet di Indonesia, sekitar 91%, memiliki profil Facebook. Sementara itu, You Tube hanya meraup 38% pengguna internet, 4 Shared 29%, dan Twitter 27%.
 
Director of Telecom Practice Nielsen Indonesia Viraj Juthani mengatakan kuatnya interaksi merek muncul lewat jejaring sosial. 
 
Interaksi ini dapat dilihat dari hasil survei, yakni sebanyak 77% pengguna digital mengklik 'Like' di situs Facebook untuk menunjukkan penerimaan mereka terhadap merek atau organisasi. 
 
Lainnya, sekira 24% pengguna digital mendiskusikan merek atau produk online dan 20% berhubungan dengan merek atau produk pada situs media sosial.
 
Viraj menjelaskan terdapat empat tipe merek yang kerap dikoneksi pengguna, yakni teknologi, fashion, festival, dan merek olahraga atau tim.
 
"Perempuan lebih terhubung dengan fashion daripada laki-laki, perbandingannya 54% dan 22%. Dari sisi usia, orang yang berumur 20-29 tahun lebih mungkin terhubung dengan fashion dibandingkan dengan pengguna berumur 30-29 tahun," katanya di Jakarta hari ini.
 
Sedikitnya 57% pengguna yang terhubung dengan merek di jaringan sosial termotivasi dengan merek karena memang tertarik. Sementara itu, 49% pengguna memiliki motivasi butuh informasi eksklusif dan 45% termotivasi memiliki percakapan lebih lanjut.
 
"Setelah membaca, paling banyak pengguna mengunjungi website produk atau penyedia layanan untuk menemukan informasi lebih," katanya.

Survei Nielsen dilakukan kepada 2.400 sampel yang tersebar di 12 kota. Sampel survei adalah konsumen digital berusia lebih dari 15 tahun dan pengguna internet. Dari survei didapati satu dari lima orang Indonesia berusia lebih dari 15 tahun adalah pengguna online.

bisnis.com