pustaka.png
basmalah.png


10 Dzulqa'dah 1442  |  Minggu 20 Juni 2021

5 Cara Biar Cepat Naik Gaji

5 Cara Biar Cepat Naik Gaji

Fiqhislam.com - Mengajukan permintaan naik gaji pada perusahaan menjadi hal yang tabu bagi sebagian besar orang. Tak sedikit orang yang ingin naik gaji dan yakin dirinya layak mendapatkan pendapatan lebih. Namun semakin besar keinginannya, semakin besar pula ketakutan untuk mengajukannya.

Seperti dilansir dari Business Insider, Selasa (30/7/2013), kebanyakan orang merasa khawatir permintaan naik gajinya ditolak perusahaan. Namun tidak menanyakannya juga akan membuat Anda merasa gelisah. Setelah itu Anda akan merasakan kebingungan besar tanpa bertindak apapun.

CEO dua perusahaan MoneyBuddy dan GimmeQuotes, Luke Howes mengungkapkan bahwa mengajukan permintaan gaji merupakan hal yang wajar jika Anda memang dalam kondisi layak mendapatkannya.

Untuk memastikan hal tersebut, berikut lima cara yang perlu Anda lakukan agar cepat naik gaji:

1. Buat perusahaan merasa Anda berperan penting di kantor

Kerjakan sebanyak-banyaknya pekerjaan di kantor sesuai dengan kemampuan Anda. Semakin Anda loyal terhadap perusahaan makan semakin berharga kualitas Anda di mata perusahaan. Jika Anda terus melakukannya, maka Anda juga bisa bekerja lebih efisien dan banyak belajar dari teman di kantor.

Jika Anda tak yakin bos Anda menyadari seberapa pentingnya Anda, cobalah untuk tak masuk dalam sehari atau beberapa hari. Teman Anda di kantor akan mulai mengeluhkan berbagai pekerjaan Anda yang harus ditanggungnya.

Dengan begitu, akan terjadi sedikit gangguan kerja di kantor. Saat itu bos Anda akan menyadari betapa pentingnya peran Anda di kantor. Dirinya akan mulai memikirkan jabatan lain bagi Anda dan kapan Anda bisa naik gaji.

2. Selalu menjadi yang terbaik

Jika bos Anda menetapkan beberapa target, pastikan Anda adalah yang terbaik saat mencapainya. Selain itu, pastikan Anda memenuhi seluruh ekspektasi perusahaan.

Berikanlah hasil kerja yang mengesankan sesuai dengan kemampuan Anda. Mencapai target lebih dari yang ditentukan tentu saja akan membuat bos lebih menghargai Anda.

Namun bahkan jika Anda telah bekerja dengan sangat baik, ketika hasilnya tak sesuai dengan harapan, hal ini malah akan berbalik merugikan diri sendiri. Maka pastikan bos Anda mengetahui setiap kali Anda mencapai target yang ditentukannya.

3. Banyak berpartisipasi dalam kegiatan kantor

Kapanpun Anda peluang seperti seminar perusahaan atau rapat di malam hari, pastikan Anda bergabung di dalamnya. Tak hanya untuk menunjukkan bahwa Anda aktif berpartisipasi, Anda juga bisa memperoleh kemampuan ekstra dan dapat membangun hubungan baik dengan teman di kantor.

Anda juga bisa meningkatkan kinerja Anda dengan belajar otodidak seperti membaca buku yang berkaitan dengan industri kantor Anda.

Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki maka perusahaan akan melihat Anda lebih bernilai. Pada kondisi itu, perusahaan tak akan segan-segan untuk menaikkan gaji Anda.

4. Pelajari nilai kualitas kerja Anda dan kemampuan finansial perusahaan

Saat bekerja, ada baiknya Anda mengkaji profil finansial perusahaan untuk mengetahui berapa jumlah gaji yang seharusnya dibayarkan untuk posisi Anda sekarang.

Banyak hal yang bisa dilakukan seperti mempelajari laporan keuangan tahunan perusahaan atau bertanya pada teman sekantor.

Jika perusahaan tempat Anda bekerja adalah perusahaan milik negara maka banyak informasi yang bisa Anda peroleh. Hal ini akan membuat Anda tahu kapan bisa nail gaji. Namun jika perusahaan sedang mengalami masalah keuangan, tentu saja itu bukan saat yang tepat untuk mengajukan naik gaji.

5. Menjadi karyawan yang tangguh

Mengancam untuk keluar jika permintaan naik gaji tak dipenuhi merupakan strategi yang berisiko dan butuh kepercayaan tinggi untuk melakukannya. Cara ini bisa menjadi cara yang ampuh untuk naik gaji tapi juga bisa jadi cara ampuh untuk membuat Anda dipecat.

Tapi tak ada salahnya dicoba, Anda bisa mengatakan bahwa di luar sana sudah ada tawaran lain yang menanti Anda. Sebelum Anda mencoba strategi ini, pastikan Anda memang siap untuk pindah kerja jika memang permintaan Anda ditolak.

Secara umum, pastikan terlebih dahulu bahwa diri Anda memang layak untuk naik gaji. Jika perusahaan mengetahui betapa berharganya Anda untuk perusahaan, tentu mereka tak akan segan-segan membayar mahal.

[yy/liputan6.com]