fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Ramadhan 1442  |  Selasa 13 April 2021

Kenali Rekan Kerja Anda, Ini 9 Sifatnya

Kenali Rekan Kerja Anda, Ini 9 SifatnyaFiqhislam.com - Pindah bekerja karena malas berhadapan dengan rekan kerja yang tak becus atau sepanjang hari hanya menjilat bos? Ingat, dimanapun Anda bekerja pasti akan menemukan orang seperti ini.

Bagaimana lingkungan tempat bekerja memang sangat penting agar kita bisa nyaman dan aman bekerja sehingga bisa memberikan hasil terbaik kepada perusahaan. Namun selalu mengeluh menemukan rekan kerja yang sangat tidak menyenangkan adalah juga bukan jalan keluar yang baik.

Paling penting adalah kita memahami tabiat rekan kerja sehingga kita bisa mengambil langkah untuk menghadapi orang seperti itu. Atau jika tak mau repot-repot ya sudah cuek saja, yang penting pekerjaan kita sendiri beres.

Mengutip boldsky, setidaknya ada beberapa sifat yang mungkin dimiliki rekan kerja Anda di kantor. Sehingga Anda bisa mempelajarinya dan menentukan sikap untuk menghadapi orang seperti ini.

Altruistik

Mereka adalah rekan kerja yang selalu ingin membuat orang lain bahagia, mestik terkadang ia harus berada dalam kesulitan.

Jeleknya orang seperti ini kadang dimanfaatkan oleh rekan kerjanya untuk mengambil keuntungan bagi diri mereka sendiri.

Orang seperti ini terkadang menjadi korban akan keegoisan rekan kerja mereka di kantor.

Chamchi

Dia sangat menyanjung tinggi bos, ibaratanya dia bersedia pergi beberapa mil ekstra asal bos senang.

Dia akan senang hati memata-matai rekan kerjanya, manis berbicara, namun untuk kemudian disebarkan ke bos.

Orang seperti ini selalu berbicara untuk mendukung atasannya dan selalu beranggapan dia bisa diandalkan jika bos kebetulan tidak ada di tempat

Reliable

Rekan kerja seperti ini yang paling diharapkan oleh rekan kerja lainnya di kantor. Dia orang yang sangat ringan tangan dan bersedia mengulurkan tangan untuk membantu Anda.

Tak hanya itu, ia orang yang paling tepat sebagai tempat Anda curhat, berbagi rahasia dan dijamin dia tidak akan menjadi ember bocor.

Kentang sofa

Rekan kerja yang bahkan tak bisa konsentrasi bekerja jika tidak ada makanan di depannya. Ia selalu merasa lapar dan selalu mengunyah.

Mejanya penuh makanan dari segala macam - keripik, mi cangkir, biskuit, cokelat. Jagalah hubungan baik dengan orang yang seperti ini karena dia bisa menjadi penyelamat Anda saat Anda lapar.

Datar

Rekan kerja dengan sifat ini pikirannya hanya bisnis atau selalu berorientasi agar pekerjaan selalu baik dan beres hingga terkadang memilih buta terhadap kejadian sekitar.

Yang mereka inginkan adalah yang harus dibayar pada akhir tiap bulan.

Backstabber

Dia sangat sosial dan ramah terhadap semua orang. Namun niatnya tidak tulus. Anda tidak pernah tahu kapan dia akan mengecewakan Anda dan mungkin mengecewakan Anda saat Anda tidak mengharapkannya.

Ia selalu mencari celah memanfaatkan orang untuk keuntungan dirinya sendiri, misalnya, jika bos tidak bahagia dengan pekerjaan yang dilakukannya, maka ia berusaha mencari celah agar ini terlihat sebagai kesalahan Anda.

Tentunya rekan kerja seperti ini sangat berbahaya, jadi berhati-hatilah.

Penjual rumor

Rekan kerja seperti ini, selain melakukan tugasnya juga memiliki tugas sampingan yang dicarinya sendiri. Ia gemar mengumpulkan gosip yang bahkan mungkin tak berhubungan dengan kantor kemudian akan digosoknya menjadi semakin panas saat makan siang atau coffee break.

Dia tertarik tentang kehidupan pribadi Anda, masalah dan segala sesuatu tentang Anda.

Perayu

Anda tidak harus menjauhi rekan kerja yang seperti ini karena pada dasarnya orang dengan sifat ini tidak berbahaya.

Dia hanya ingin kehidupan di kantor tidak menyeramkan sehingga selalu butuh penyegaran yang mungkin didapatnya dengan sedikit genit dan nakal pada pegawai wanita.

Jika tanpa disertai dengan tangan-tangan jahil, orang seperti ini tidak harus menjadi ancaman dalam bekerja.

Humoris

Dia memiliki rasa humor dan sangat cerdas. Dia membuat kehidupan kerja yang membosankan jauh lebih baik dan bisa ditoleransi.

Banyolan yang dikeluarkannya tidak menganggu atau menyinggung perasaan apalagi berbau cabul. Anda benar-benar bisa bersantai disela-sela kesibukan kerja.

yy/inilah.com