14 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 21 Oktober 2021

basmalah.png

Perlancar Transisi Saat Masuk Kerja

http://1.bp.blogspot.com/_e1sAB0UT3EA/SkreuVovqFI/AAAAAAAAAIE/Z4onZUuQLpo/s400/tenaga+kerja+wanita.jpg

Tidak sedikit orang merasa gugup ketika kembali menjejakkan kaki dalam dunia kerja, setelah beberapa lama menganggur. Begitu banyak hal baru yang harus dihadapi, mulai dari orang-orang sampai prosedur dan kebijakan baru.

Selain itu, Anda pun harus membiasakan diri dengan rutinitas yang berbeda, mulai dari jam masuk sampai jam pulang bekerja. Nah, untuk membantu Anda dalam memperlancar masa transisi, berikut ini adalah sejumlah hal yang sebaiknya dilakukan:


Berikan waktu

Anda mungkin memiliki rutinitas tertentu ketika masih belum bekerja. Jika Anda cukup fleksibel, berikan waktu seminggu atau setidaknya beberapa hari untuk mempersiapkan diri menghadapi transisi. Anda bisa mencoba mulai bangun lebih awal untuk membiasakan diri berangkat pagi ke kantor.

Lakukan riset

Anda mungkin telah melakukan cukup riset tentang perusahaan baru Anda ketika mempersiapkan diri untuk tahap wawancara. Setelah diterima, cari tambahan informasi dari internet dan tanyakan pada atasan tentang materi yang dapat membantu Anda dalam mengisi posisi baru.

Perhatikan detail

Sebelum memulai peran baru, urusi hal-hal kecil seperti busana kerja dan rute tercepat menuju tempat kerja. Meski pun terkesan sepele, hal-hal tersebut sebenarnya penting dan Anda tidak boleh mengabaikannya. Anda tentu tidak ingin terlambat masuk di hari pertama bekerja karena lupa menyetrika pakaian atau tersesat.

Pelajari budaya

Setiap kantor memiliki budaya berbeda-beda. Sisihkan waktu untuk mempelajari kebiasaan rekan kerja. Catat jam berapa orang-orang masuk kantor dan pulang, gaya berkomunikasi, atau apakah orang-orang di sana terbiasa membawa pulang pekerjaan. Sesuaikan segera kebiasaan Anda dengan budaya yang berlaku di sana.

Bersosialisasi

Berkenalanlah dengan siapa Anda bekerja di sana. Cari waktu untuk berbicara cukup lama dengan mereka, di luar perkenalan singkat di hari pertama Anda masuk bekerja. Anda bisa mengajak mereka makan siang bersama atau mengopi sepulang bekerja. Tujuannya adalah untuk mengetahui secara spesifik apa peran mereka di perusahaan, bagaimana pengaruh kewajiban mereka terhadap Anda, dan bagaimana cara paling efektif untuk bekerja sama. (LI/OL-06/mediaindonesia.com)