14 Dzulhijjah 1442  |  Sabtu 24 Juli 2021

basmalah.png

Kiat Sukses Jadi Manajer

http://3.bp.blogspot.com/_U7T3r0WvmxA/SvfKxZ-g_cI/AAAAAAAAAL8/ZOa7zYDMWT8/s320/ikrafeo+image+sukses.jpg

Anda seorang manajer atau calon manajer? Berikut tips kiat sukses sebagai manager, cara ini juga bisa dipakai pebisnis untuk mengelola dan meningkatkan potensi kerja karyawan.

1. Komunikasikan Jelas & Hati-hati. Jarang ada seorang manajer yang sukses bila tak punya cara berkomunikasi yang baik serta efektif. Justru biasanya kegagalan seorang manajer disebabkan oleh masalah berkomunikasi.

2. Beri Motivasi. Tim kerja yang dimotivasi akan berusaha bekerja untuk mencapai sasaran. Motivasi bukan hanya uang atau kompensasi, meski hal ini juga memegang peranan penting. Motivasi dari pimpinan dapat membentuk inspirasi dan menciptakan suasana kerja yang penuh semangat, bebas intrik atau friksi

3. Monitor Tugas. Anda bukan hanya membagi-bagi tugas, menjelaskan tujuan, memotivasi setiap orang, lalu duduk santai di meja kerja sambil menunggu laporan akhir. Anda tetap harus memonitor sampai di mana bawahan mengerjakan tugas yang dibebanikan pada mereka, memeriksa apakah mereka menghadapi kendala atau tidak. Dengan demikian, Anda telah mengantisipasi dari awal kendala-kendala yang dihadapi dan dengan demikian pekerjaan akan dapat diselesaikan tepat waktu.

4. Evaluasi. Setiap tahun selalu ada penilaian terhadap prestasi setiap pegawai dan nilai prestasi bawahan akan dievaluasi oleh perusahaan sesudah mendapat masukan dari Anda. Nilai prestasi tidak selalu sesuai dengan yang diharapkan oleh pegawai dan bila hal ini terjadi, pegawai yang bersangkutan akan kecewa, stres, serta tidak bersemangat.. Hindari sikap menghakimi dan lakukan pendekatan yang mendukung.

5. Pelatihan. Untuk mencapai keberhasilan tim kerja, Anda harus jeli melihat kekurangan dari tim kerja dan segera mencari jalan keluar untuk mengatasinya. Misalnya, dengan memberikan pelatihan yang sesuai dengan sasaran yang dituju. (indoentrepreneur.com)