7 Rajab 1444  |  Minggu 29 Januari 2023

basmalah.png

3 Langkah Me-Refresh Jiwa Entrepreneur Yang Terpendam

http://rizaldp.files.wordpress.com/2010/03/entrepreneur1.jpg

Berita SuaraMedia - Kalau di supermarket dijual dalam kemasan kaleng “Jus Pembangkit Jiwa Entrepreneur”, yang mampu membuat anda memiliki beberapa kemampuan luar biasa, selalu memiliki sudut pandang positip, intuisi terbuka, kreatip, pandai membuat keputusan pintar, semangat dan energi yang tidak ada habisnya, seperti orang Jakarta bilang “kagak ada matinye”, tambahan lagi wajah selalu berseri-seri, maka saya yakin sekali bahwa anda pasti akan berbondong-bondong membelinya, bahkan memborong Jus kalengan seperti itu, buat persediaan selamanya.

Sayangnya, Jus seperti itu tidak ada, tidak bakal ada, apalagi dijual. Adanya ternyata, justru didalam diri anda sendiri. Ya, ada didalam diri anda sendiri. Nggak usah jauh-jauh kemana musti mencarinya, nggak usah membeli, gratis. Tinggal membangkitkannya. Mari saya tunjukkan, bagaimana membangkitkannya. Ada 3 langkah mencapainya!!!

Meskipun saat ini anda merasa sudah berada di tingkat tertinggi dalam entrepreneurship anda, maka saya tetap merekomendasikan anda ikuti 3 langkah tersebut. Paling tidak, untuk me-refresh entrepreneurship anda dan tampil baru. Apalagi bila anda merasa di level setengah-setengah, sudah tentu harus nurut.

Yang paling enak tentunya adalah entrepreneur pemula, atau yang baru ingin jadi entrepreneur, tinggal buka saja kemaronnya, langsung digerojok penuh tanpa perlawanan. Nikmat!!!

Anda pasti juga bertanya-tanya, apa benar sih ada orang seperti di alinea 1 tulisan ini? Jawabannya, ada, dan sangat banyak sekali. Salah satunya adalah yang baru saja menyelesaikan tulisan ini, dan akan segera bertambah satu orang lagi, begitu anda selesai mempraktekkannya. Demikian seterusnya Jadi, pastikan anda mengikuti 3 langkah ini.

Sampai saat ini, saya selalu me-Refresh diri saya sendiri dgn 3 langkah tersebut, sehingga setiap saat seakan saya tampil dengan battery yang selalu di-charge setiap hari.

Inilah 3 langkah membangkitkan jiwa entrepreneur kita, bacanya pelan-pelan saja sambil dilakukan dan diresapi:

  1. Selalu Bersyukur
  2. Selalu Berpikir Positip
  3. Bangkitkan Otak Kanan

Sekarang anda pasti bilang, apaaan ….. gampang sekali!!! Nah tuh, mulai melawan ….. pokoknya lakukan saja deh !!!.

Kalau sudah bisa melakukan semua, maka menjalankannya musti ketiga-tiganya bersaman, biar mulek gitu !!!

Selalu Bersyukur

Sekarang juga, angkat dan buka lebar-lebar kedua tangan anda keatas, tarik kebelakang sambil diturunkan, sambil menghirup dan menghembuskan udara segar, dalam-dalam, mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT, … ya Allah ….. luar biasa sekali Engkau …. Nikmat sekali ini semua …. Kau berikan aku bisa melihat ….. kau berikan aku bisa merasakan nikmatnya udara yang kuhirup ini ….. nikmat sekali ya Allah …… terimakasih ya Allah.

Lakukan berulang secara dalam-dalam dan sungguh-sungguh, sampai anda merasakan kelegaan yang luar biasa dalam hati anda, rasakan kebesaran hati anda, berulang-ulang sedemikian bersyukurnya, menimbulkan kelegaan yang menyeruakkan rasa bergetar dibelakang kepala anda.

Atau, kalau masih belum kuat juga, cara yang sama, ….. ya Allah ….. luar biasa sekali Engkau …. Kau berikan aku nikmat yang amat luar biasa ini ya Allah …. luar biasa sekali anakku ini ya Allah …. Luar biasa sekali keluargaku ini ya Allah, …. sungguh bangga aku memilik mereka ya Allah ….. terimakasih ya Allah ….

Kalau didepan anda ada anak anda, sambil peluklah dia. Kalau ada istri/suami anda peluklah dia, bukankah sangat luar biasa memiliki mereka? Nikmatilah rasa syukur itu dalam-dalam.

Plong, lega, ringan, membesarkan jiwa, rasa bergetar dibelakang kepala kita. Itulah yang harus anda rasakan.

Lakukan terus menerus, tanpa diketahui orang lain tentunya, nggak usah angkat-angkat tangan lagi, nggak usah peluk-peluk lagi, ‘ntar dikira lagi aneh nih orang!!

Pokoknya lakukan terus sampai malam nanti.

Lalu, ingat-ingat, besok pagi, begitu bangun ucapkan doa dan teruskan mengucapkan syukur lagi seperti itu, …..ya Allah terimakasih, masih Kau beri aku kesempatan menikmati hidup ini Ya Allah…., besoknya lagi diulang terus, dan terus.

Terus, kapanpun anda ingat, dimanapun, lakukan syukur. Asal, jangan pas lagi di WC ya?

Rasa syukur yang tulus dan terus-menerus ini akan membesarkan hati dan jiwa anda, selalu plong, selalu lega, selalu tak ada beban dan selalu bersemangat sepanjang hari. Rasakan ada energi baru yang terus-menerus terpompakan kedalam diri anda.

Itulah yang saya rasakan saat ini, seakan energi itu tidak ada habisnya, tidak ada capek-nya, dari satu meeting ke meeting yang lain, dari satu topic ke topic yang lain, dari satu problem solving ke problem solving yang lain, energi itu selalu terbarukan, selalu kreatif.

Buat saya, karena suatu kejadian luar biasa yang pernah menimpa saya pada masa lalu, setiap tarikan nafas saya saat ini ternyata mampu membuat saya amat sangat bersyukur kehadirat Allah SWT. Alam bawah sadar saya selalu merespons rasa senang betapa nikmatnya udara yang dapat saya hirup ini.

Setiap orang pasti punya satu cara tersendiri untuk bersyukur kehadirat Tuhan YME. Carilah suatu kejadian luar biasa yang pernah anda alami di masa lampau, yang sedemikian rupa sehingga mampu membuat anda bersyukur dengan amat sangat. Temukan, lalu lakukan terus menerus.

Ada sebuah bonus besar kalau anda berhasil melakukan syukur yang tulus dan terus menerus, yaitu kesembuhan dari berbagai penyakit. Kalau anda saat ini sedang sakit, makin sungguh-sungguhlah anda bersyukur.

Beberapa penelitian meyimpulkan, rasa syukur yang tulus dan terus menerus akan menyembuhkan penyakit kita, penyakit apapun juga. Percayalah.

Mulai sekarang, bila kita mengucapkan Alhamdulillah ……. Resapilah sedalam-dalamnya …. rasakan sensasi itu terjadi terus menerus …. agar kita mendapatkan energi syukur yang selalu terbarukan, sekaligus bonusnya.

Buat rekan-rekan yang beragama bukan Islam, sudah barang tentu syukur anda itu dengan menyebutkan nama Tuhan, atau cara seperti yang diajarkan agama anda.

Selalu Berpikir Positif

Tariklah nafas dalam-dalam lagi. Rasakan energi syukurnya.

Segera setelah anda menemukan energi yang membesarkan jiwa yang timbul dari rasa syukur itu terjadi, langsung saja anda pindah ke dahi, disitulah anda menempatkan rasa selalu berpikir positif.

Mulai sekarang, sambil tetap menjaga energi syukur itu terus menerus tetap ada, kita tambahkan rasa selalu berpikir positif didahi kita, selalu memandang segala sesuatu dari sudut yang baik, apapun itu. Luar biasa.

Rasakan, hidup anda akan menjadi baik karena kita selalu memandangnya dari segi yang baik. Selalu berpikir baik tentang diri sendiri. Selalu bepikir baik tentang orang yang kita ajak bicara. Selalu berpikir baik tentang apapun disekitar kita.

Itu akan men-setting wajah kita selalu ramah terhadap orang lain, sehingga orangpun pasti akan bersikap sama terhadap kita, membuat apapun yang kita kerjakan menjadi sangat menyenangkan.

Ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa pikiran positif ini bisa kita tularkan ke orang lain. Cobalah selalu buat seseorang yang kita ajak bicara itu ikut berpikiran positif, yaitu dengan cara memancarkan pikiran positif kita ke orang tersebut. Niscaya dia akan berpikiran positif pula.

Alam semesta akan memancarkan pikiran positif kita ke orang lain tersebut, seperti garpu tala menularkan nada yang sama ke garpu tala lain yang didekatkan kepadanya.

Pokoknya, apapun orang bilang tentang kita, kita akan melihatnya dari sudut yang baik. Apapun yang terjadi pada diri kita, kita akan selalu melihatnya dari sudut yang baik.

Gabungan energi syukur dan pikiran positif yang luar biasa ini mustinya sudah anda rasakan saat ini. Rasa segar bersemangat, lega, besar, indah dan selalu positip mustinya sudah terjadi dalam diri anda sekarang. Anda akan melihat mata lawan bicara anda, anda akan berbicara dengan nada semangat disuara anda.

Lakukan terus menerus membangkitkan energi syukur dan pikiran positip ini kapanpun dan dimanapun juga. Secara fisik, anda akan tampil persis seperti seorang entrepreneur yang sebenarnya. Dan anda akan terus membutuhkan energi ini untuk keberhasilan entrepreneurship anda.

Kalau belum juga merasakan seperti yang saya tuliskan diatas, ulangi saja membaca dan melakukannya lagi dari depan, barulah membuka otak kanan.

Buka Otak Kanan

Otak kanan yang terbuka dan aktif membuat anda memiliki kemampuan luar biasa dalam intuisi, kreatif, inovatif, leadership dan entrepreneurship itu sendiri.

Bertahun-tahun selama hidup kita, kita sibuk melatih otak kiri kita, yaitu otak analitis. Misalnya kemampuan matematis dan analitis. Bagus sekali, sih! Cuma saja pada waktu yang sama, kita malah menelantarkan pengembangan otak kanan yang justru amat dibutuhkan dalam menjalani peran kita sebagai seorang entrepreneur.

Tidak usah disesali, sekarang kita musti mengaktipkan otak kanan kita, dan terus melatih menggunakannya.

Karena sudah terlanjur lama ditelantarkan, maka kemampuan otak kanan kita level nya njomplang dibawah level otak kiri. Namun, sekali saja otak kanan ini diaktifkan lalu dilatih dengan baik, maka kemampuan otak kanan kita akan ngebut mengejar kemampuan otak kiri, menuju keseimbangan.

Keseimbangan memampuan otak kanan dan otak kiri inilah, yang didukung dengan kuatnya energi syukur dan pikiran positif, yang bisa membawa kita menjadi seorang entrepreneur yang baik dan sukses. Kuasailah dengan sebaik-baiknya.

Mari kita aktifkan otak kanan kita

Cara terbaik adalah dzikir hati seperti yang diajarkan oleh seorang rekan senior saya dari Jogjakarta, Pak Ndung. Dan Alhamdulillah, kita sudah mendapatkan ijin beliau untuk ikut menggunakan caranya dalam mengaktifkan otak kanan kita.

Carilah suatu titik di dada kita, sedikit diatas ulu hati, tiga jari disebelah kiri. Rasakan seolah mulut kita berada dititik itu, dan berdzikir tanpa suara dititik itu. Menyebutkan nama Tuhan.

Ya Rahman Ya Rahim, Ya Rahman Ya Rahim, dan seterusnya, berulang kali kapan saja dimana saja, asal jangan pas kita berada di WC.

Ini akan mengaktifkan otak kanan kita, dan ini harus kita latih terus-menerus agar menyeimbangkan kemampuan otak kiri dengan otak kanan kita.

Tidak seperti 2 cara yang lainnya yaitu bersyukur dan berpikiran positif, maka aktifnya otak kanan kita ini tidak akan bisa kita rasakan. Percaya sajalah, pokoknya anda sekarang sudah memiliki intuisi seorang entrepreneur.

Kesimpulan

Mengapa ajarannya menjadi sangat spiritual? Anda pasti bisa mengerti karena yang kita bangkitkan adalah Jiwa kita. Dan cara spriritual adalah cara terbaik.

Anggap saja saat ini anda sudah mampu melakukannya dengan baik yaitu membangkitkan energi syukur dan pikiran positif, sekaligus anda sudah memiliki keseimbangan otak kiri dan otak kanan anda.

Maka saat ini, anda mustinya sudah merasakan sensasi alinea pertama tulisan ini.

Kalau masih belum bisa, ulangi saja membaca dan melakukannya kembali dari awal. Kalau belum bisa juga, ulangi lagi. Begitu seterusnya. Meskipun sudah bisa, anda musti tetap harus melakukannya terus menerus.

Saya melakukannya terus menerus, bahkan hampir seperti terjadi begitu saja secara otomatis. Ini menjaga saya tetap tajam, positif, bersemangat, mampu menghasilkan berbagai keputusan kreatif, yaaah, pokoknya menjadi seperti orang di alinea 1 diatas.

Andapun pasti bisa !!!

"Kalau kita berjuang dengan seluruh kemampuan yang kita miliki, tidak ada yang tidak bisa kita selesaikan dalam segala hal. Termasuk dalam dunia usaha yang kita tekuni," Pernyataan ini disampaikan Heru Santoso, Vice President PT Panasonic Mfg Indonesia pada Talkshow Peranan Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Jiwa Entrepreneurship yang dilaksanakan Yayasan Pendidikan Graha Kirana di Balai Citra Hotel Tiara.

Selain Heru Santoso sebagai key note speaker, acara talkshow tersebut juga menghadirkan pembicara lain yang terkemuka di bidang kewirausahaan di Sumut antara lain, Prof Dr H M Arif Nasution MA Dekan Fisip USU sekaligus Ketua Yayasan Pendidikan Graha Kirana, Drs Khairul Mahalli Wakil KADIN Medan dan Drs David Pitoy sebagai moderator serta segenap mahasiswa Yayasan Graha Kirana Medan.

David Pitoy dalam sambutannya mengungkapkan, acara ini dilatarbelakangi kurangnya minat mahasiswa yang menyelesaikan kuliahnya untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri.

"Kebanyakan mahasiswa yang telah menamatkan kuliahnya mencari perusahaan untuk bekerja. Padahal ia sendiri memiliki kemampuan untuk membuka suatu usaha bahkan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain," kata David.

Sementara Khairul Mahalli mengatakan, jiwa entrepreneurship atau kewiraswastaan di Indonesia umumnya dan di Medan secara khusus masih sangatlah minim.

"Mental dan mindset sebagai pegawai sudah sangat mendarah daging. Padahal di era persaingan global ini, kita dituntut untuk saatnya merekrut pegawai bukan direkrut sebagai pegawai" ujar Khairul.

Ia juga berharap, kalangan civitas akademika khususnya mahasiswa dapat dengan pintar menilai dan melihat kesempatan bisnis yang ada sambil mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk selanjutnya mengambil keuntungan dari padanya. Khairul juga mencontohkan hal-hal kecil yang berpotensi untuk dijadikan peluang bisnis bagi para mahasiswa.

Acara talkshow digelar dalam rangka menyambut wisuda ke 10 Yayasan Pendidikan Graha Kirana yang diadakan di Ballroom Hotel Tiara pada hari yang sama. Sekitar 128 mahasiswa dari yayasan ini berhasil menyelesaikan kuliahnya dan siap terjun ke dunia pekerjaan. (fn/ij/hg)