fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


4 Syawal 1442  |  Minggu 16 Mei 2021

The Power of Relationship

http://fsialkaun.files.wordpress.com/2008/09/shake_hand.jpg

Pengalaman saya berkecimpung dalam pekerjaan yang berkaitan dengan SDM khususnya rekrutmen beberapa tahun, membuat lebih paham dan nyata melihat besarnya manfaat relationship dalam kesempatan bekerja. Saya sedikit share mengenai pengalaman merekrut pegawai baru, selain kompetensi maka faktor penentu yang tidak bisa dihindarkan adalah “trust”.

Sehebat apapun kandidat yang diinterview apabila dari pertemuan tatap muka ditemukan ada hal-hal yang meragukan, maka kecenderungannya si kandidat akan ditolak. Darimana rasa “trust” ini datang? Selain dari pribadi atau karakter si kandidat yang bisa terbaca atau terdeteksi sejak awal, juga dari pegawai internal atau teman yang mereferensikan si kandidat. Kalau ada 2 kandidat dengan kualifikasi sama maka anda akan cenderung memilih yang sudah direferensikan oleh pegawai atau teman anda.

Bagaimana memanfaatkan relationship atau pertemanan secara umum?

1.  Rajin mencatat data. Simpan catatan data teman angkatan waktu sekolah atau waktu mengikuti pelatihan, seminar, dsb. karena suatu saat data ini akan sangat berguna. Biasakan menyimpan kartu nama tidak hanya menaruh begitu saja tetapi menambahkan catatan-catatan penting di balik halaman depan, misalnya tanggal dan acara pertemuan yang dihadiri saat itu. Ini akan sangat membantu anda mengingat-ingat pada waktu membacanya sekian bulan atau tahun kemudian.

2.  Lakukan kontak secara periodik. Supaya data tetap up date dan anda memperoleh informasi terbaru mengenai rekan anda, lakukan kontak minimal pada hari raya atau tahun baru untuk mengucapkan selamat. Dengan melakukan ini maka ingatan mereka kepada anda terus terjaga.

3.  Bergabung dengan milis. Milis alumni sekolah atau universitas, milis komunitas yang anda ikuti seperti: Club Trainer, Club Photography, Remaja Masjid atau Gereja, dsb. Informasi pada milis pada umumnya sangat up date, termasuk share kesempatan atau peluang kerja di kantor masing-masing sangat rama dibicarakan di milis. Usahakan bergabung minimal pada satu milis yang sesuai profesi supaya selain menjalin network maka anda juga dapat share atau berdiskusi seputar profesi anda kepada seluruh member.

4.  Saling membagi informasi. Informasi apapaun akan sangat mudah di share melalui email atau milis dan sangat cepat lagi murah. Anda akan sangat mudah bertukar informasi, meminta tanggapan, termasuk mencari pekerjaan.

Menjalin pertemanan secara pribadi juga perlu dilakukan, khususnya kepada orang-orang tertentu yang sering berhubungan dengan kita. Relationship disini sudah bukan sekedar bertemu melalui telepon atau email tapi memang bertemu secara langsung seperti makan siang atau jalan bersama, dsb. Seringkali pada pertemuan informal seperti ini terlontar informasi-informasi penting, misalnya ternyata si A sudah mau pindah dari pekerjaannya sekarang dimana dia harus mencari pengganti si A dulu baru diijinkan pindah. Kualifikasi yang dibutuhkan kebetulan sesuai dengan Anda, dan perusahaan mengutamakan referensi dari pegawai internal. Tentu kesempatan Anda menjadi lebih besar....!!! Salam sukses.

et/ET/vj/Visijobs.com