fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


29 Ramadhan 1442  |  Selasa 11 Mei 2021

4 Macam Peluang Bisnis

http://2.bp.blogspot.com/_5lSpoZAVLfI/SnnIzPx6OHI/AAAAAAAAAYQ/aDNzYJoR0-s/s320/mencari-blogpreneur-sejati.jpgMungkin jika Anda berpikir kembali jelaslah bahwa para entrepreneur adalah orang-orang yang selalu penuh rasa optimistis. Saat orang lain dihadapkan pada masalah, para entrepreneur justru menemukan sebuah peluang untuk mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan. Dengan hanya mengubah sudut pandang kita menjadi lebih positif dan optimistis saat menghadapi krisis atau masalah, kita bisa menjadi seorang entrepreneur yang hebat. Bagi Anda yang hendak mengasah intuisi untuk mengenali peluang emas dalam berbisnis, kenalilah 4 macam peluang bisnis berikut ini:

1. Masalah
Bisakah Anda mendirikan suatu bisnis yang memberikan sebuah solusi efektif atas permasalahan nyata yang dihadapi oleh diri Anda sendiri dan orang lain.

2. Perubahan
Perubahan apapun yang sedang terjadi dalam masyarakat patut untuk diketahui. Perbarui pengetahuan kita tentang lingkungan sekitar dan dunia dengan membaca, mendengar dan mengamati sebanyak-banyaknya. Perubahan apapun, dalam aspek apapun, bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menggiurkan jika mampu mengelola.

3. Penemuan
Jika Anda seorang yang mampu menghasilkan sebuah penemuan baru, Anda patut berbangga karena Anda memiliki kelebihan dibandingkan yang belum/ tidak mampu menghasilkan penemuan baru. Namun bagi yang belum/ tidak bisa merancang penemuan baru, Anda pun bisa memanfaatkan cara-cara kreatif dan inovatif untuk menjual dan memasarkan penemuan baru yang dihasilkan oleh pihak lain. Bahkan akan sangat bagus jika Anda mampu menjadi seseorang yang kali pertama memperkenalkan penemuan baru ke dalam wilayah, masyarakat, atau negara Anda. Setiap perkembangan terutama yang berkaitan dengan teknologi bisa melahirkan sejumlah peluang bisnis baru yang tak terpikirkan sebelumnya.

4. Persaingan
Persaingan tidak hanya bisa disingkirkan dengan produk baru tetapi juga dengan menggunakan sebuah strategi bisnis yang efektif untuk menjual produk atau jasa yang sudah ada. Amati lingkunganĀ  sekitar Anda. Selalu cari kelemahan dari bisnis yang sudah dijalankan orang lain. Kemudian jadikan itu sebagai selling point dari bisnis Anda kelak. Misalnya jika Anda hendak mendirikan sebuah bisnis jasa pengiriman barang, Anda bisa amati apakah ada bisnis serupa di sekitar Anda. Jika ada, amati kelemahan bisnis mereka. Contohnya bila waktu pengiriman yang dijanjikan ternyata tidak secepat yang dijanjikan, maka Anda harus bisa memenuhi ekspektasi konsumen dengan mengirimkan barang dalam waktu yang lebih singkat.

ciputraentrepreneurship.com | suaramedia.com