10 Jumadil-Awwal 1444  |  Minggu 04 Desember 2022

basmalah.png

Strategi Menyegarkan Kembali Semangat Kerja

http://michaelhyatt.com/wp-content/uploads/2010/01/iStock_000005867991Small.jpgBekerja kadang kala bisa menjadi sangat membosankan dan monoton. Rutinitas harian yang itu-itu juga, bisa membuat Anda kehilangan semangat, arah, dan tujuan.

Perubahan rutinitas bukan hanya mampu memberikan suntikan energi bagi otak dan tubuh, melainkan juga dapat menyesuaikan kembali sikap Anda. Nah, berikut ini adalah sejumlah caranya:


Tetap aktif

Beraktivitas dapat membantu Anda mengelola stres. Bergabunglah dengan tim olahraga perusahaan atau kantor tempat Anda bekerja, mendaftarkan diri ke pusat kebugaran, atau ikut kegiatan bersepeda santai di akhir pekan untuk meringankan hati dan pikiran.

Waktu produktif

Maksimalkan waktu produktif Anda. Jika Anda merasa paling bersemangat dan menunjukkan performa baik di pagi hari, jangan sia-siakan waktu tersebut untuk membaca dan membalas e-mail, meng-update status di Facebook, atau membaca twit orang-orang yang Anda follow di Twitter.

Sebaliknya, manfaatkan waktu terbaik itu untuk melakukan tugas-tugas penting yang memerlukan daya pikir prima.


Rehat sejenak

Pada waktu makan siang atau istirahat, jangan bertahan duduk menghadap layar komputer atau menyantap bekal di kubikel Anda. Tinggalkan meja kerja selama 15 menit, untuk berjalan-jalan mencari udara segar sekaligus menjernikan pikiran.

Keluar kantor atau berpindah secara fisik dapat menggeser cara tubuh bekerja, termasuk kondisi mental Anda.


Rencana dan tujuan

Tinjau rencana dan tujuan yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Pecah tujuan tersebut menjadi beberapa rincian yang lebih mudah dicapai. Tulis dalam selembar kertas atau post it, dan tempelkan di salah satu sudut kubikel, tepi komputer, atau tempat-tempat lain yang mudah terlihat.

Membaca ulang rencana dan tujuan tersebut mampu meningkatkan rasa percaya diri, sekaligus memberikan Anda gambaran tentang arah dan tujuan.

yulia permatasari | mediaindonesia.com