10 Jumadil-Awwal 1444  |  Minggu 04 Desember 2022

basmalah.png

Enam Langkah Strategis Raih Resolusi Karier

http://4.bp.blogspot.com/_-Jia8-7rt8U/THNPdiJYdBI/AAAAAAAAAA8/-EeIu0pbgyE/s1600/255294550_c29993fa8d.jpgBanyak orang membuat berbagai resolusi setiap tahun baru dengan berbagai alasan. Bagi Anda yang menginginkan kemajuan karier di 2010, membuat resolusi tentu menjadi hal yang tidak kalah penting. Akan tetapi, ada strategi untuk mencapai resolusi tersebut. Simak sejumlah tip berikut ini untuk membuat semua resolusi karier menjadi kenyataan:

1. Rencana

Banyak orang begitu termotivasi membuat berbagai resoluri tahun baru pada awalnya, namun ketika momen itu berlalu mereka menjadi malas dan kurang bersemangat menjalankannya. Sebaiknya, pertimbangkan resolusi yang Anda buat dengan hati-hati dan tuliskan semua jawaban atas pertanyaan-pertanyaan semisal: Apa yang akan Anda lakukan, langkah-langkah apa yang harus diambil sepanjang tahun, dan bagaimana pencapaian resolusi tersebut bisa membuat karier Anda bertambah baik pada tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya?

2. Tujuan mikro

Banyak teori tentang cara membuat tujuan, dan salah satu pendekatan yang dianjurkan yakni SMART, yang mengidentifikasikan tujuan sebagai sesuatu yang spesifik (specific), terukur (measurable), mungkin dicapai (achievable), relevan (relevant), dam terikat waktu (time-bound). Contohnya, daripada membuat resolusi 'mengubah karier' yang terdengar mengawang-awang, lebih baik merancang sesuatu yang lebih terdefinisi, konkret, dan bisa dikelola seperti 'membaca 10 buku untuk mendapatkan informasi mendalam di bidang marketing hingga Juni.'

3. Daftar prioritas

Di tengah berbagai aktivitas yang membuat kita sibuk dan hanya memiliki sedikit waktu untuk mengerjakan ini dan itu, salah satu cara untuk menjaga agar resolusi karier Anda tercapai adalah dengan membuat daftar tugas berisi prioritas hal-hal yang harus dikerjakan setiap minggunya. Meskipun tujuan Anda akhirnya tidak tercapai sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan, terus tetapkan tindakan yang harus dilakukan dalam daftar tersebut hingga Anda berhasil mencapainya.

4. Hadiah

Orang cenderung membuat berbagai tujuan besar baru begitu tujuan sebelumnya berhasil dicapai. Bagaimana pun, karier yang Anda jalani adalah sesuatu yang akan berlangsung secara maraton. Jadi, jaga momentum tersebut dengan merayakan berbagai kesuksesan kecil yang berhasil Anda raih di sepanjang perjalanan. Misalnya, dengan pergi ke luar untuk minum-minum bersama teman-teman atau memanjakan diri dengan liburan singkat atau perawatan spa.

5. Teman dan keluarga

Beritahukan teman, keluarga, atau pasangan mengenai resolusi karier Anda. Ceritakan kepada mereka tentang betapa kuat hasrat Anda untuk mencapai resolusi tersebut. Lalu, minta bantuan orang-orang terkasih itu untuk memberi peringatan apabila Anda mulai tergelincir dari jalur yang telah ditetapkan untuk mencapai resolusi tersebut. Minta bantuan mereka untuk membantu Anda mencapai komitmen yang telah dibuat demi kemajuan karier.

6. Konsekuensi

Ketika Anda mulai tergoda untuk mundur dan menyerah dari upaya untuk mencapai resolusi karier, bayangkan saja bagaimana perasaan Anda menghadapi kegagalan tersebut di akhir tahun mendatang. Lalu pikirkan tentang semua perkembangan karier yang akan diraih apabila Anda tetap konsisten menjalankan resolusi tersebut. (OL-08)

Yulia Permata Sari | mediaindonesia.com