pustaka.png
basmalah.png.orig


15 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 25 Juni 2021

Ingin Ganti Profesi? Ini Bocorannya

http://2.bp.blogspot.com/-mtKP3-LrBXI/Tc2yoeWWvOI/AAAAAAAABpo/rYA1JhMXpxo/s1600/change-1.jpgBAGAIMANA mengetahui profesi apakah yang tepat untuk dijalani? Apakah profesi yang kamu jalani saat ini sudah tepat?

Situs Telegraph, melansir beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat keputusan ketika merencanakan perubahan profesi.

Ini semua tentang kamu

Hal pertama dan terutama yang harus kamu lakukan adalah buat
wish list dan tuliskan semua hal yang kamu inginkan dan tidak ingin kamu lakukan dariĀ  sebuah pekerjaan. Hal yang harus kamu pertimbangkan adalah apakah kamu lebih suka bekerja dalam tim atau sendiri, bekerja di luar kantor atau di dalam, bekerja dengan shift atau dengan jam kerja nine to five.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan bakat dan menghargai keberhasilan yang biasanya lahir dari passion apa yang ingin dilakukan. Berbicaralah dengan teman dan keluarga dekat. Terkadang mereka lebih tahu dirimu dan dapat membantu mengidentifikasi kekuatan kamu yang sesungguhnya.

Analisa semacam ini dapat membantu kamu memahami karier yang tepat, jadi ketika peluang datang, kamu mampu membuat pilihan yang tepat. Lakukan kontak dengan orang yang sudah bekerja di industri yang ingin kamu masuki. Ini merupakan cara terbaik untuk menghilangkan mitos dan agar kamu benar-benar memahami jenis pekerjaan itu. Jangan malu untuk bertanya, bagaimana mereka mendapatkan pekerjaan dan apa yang harus kamu lakukan agar mendapat kesempatan atas pekerjaan yang sama.

Pertimbangkan pelatihan karir

Jika kamu ingin selangkah lebih maju, pertimbangkan untuk menggunakan jasa pelatih karier pribadi. Pelatihan ini fokus pada langkah positif yang dapat kamu ambil menuju arah yang diinginkan. Pelatih karier akan memberikan pengembangan dan menyarankan alternatif yang mungkin tidak kamu pertimbangkan sebelumnya. Mereka bisa menjadi sumber inspirasi dan membuat kamu termotivasi sampai menemukan jalur yang tepat.

Ikuti pelatihan atau kursus

Jangan biarkan kenyataan bahwa kamu kurang kualifikasi atau keterampilan tertentu sehingga tidak bisa meraih pekerjaan impian. Mengikuti kursus merupakan salah satu cara untuk merangsang perubahan, yang berguna membuka kesempatan kamu promosi atau pindah ke bidang pekerjaan lain.

Kursus akan mengajarkan kamu keterampilan praktis yang berkaitan dengan profesi tertentu. Ini akan memberikan efek secara langsung atas prospek pekerjaan yang ingin kamu raih.

Keahlian dalam pendidikan lanjutan berarti membuka banyak pilihan untuk siapa pun yang ingin mempelajari keterampilan baru atau mengubah jalur karier. Belajar jarak jauh bisa kamu pertimbangkan jika ingin belajar di rumah dan memperoleh kualifikasi profesional terakreditasi.

Ini tergantung kamu

Membuat perubahan positif dalam hidup memerlukan waktu dan usaha. Jika kamu siap untuk mengambil tindakan, maka sumber daya yang ada akan membantumu mencari pekerjaan yang tepat.

Hanna Meinita | okezone.com