14 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 21 Oktober 2021

basmalah.png

Rahasia-rahasia Inovasi Steve Jobs (Penemu Apple)

http://3.bp.blogspot.com/_tGkogWRb65c/SLeNRhPbZOI/AAAAAAAAANk/Y1svDE0POEs/s200/steve+jobs+china-business-daily.blogspot.com.jpg1. Lihatlah diri anda sebagai seorang penemu. Inovasi semata-mata berarti sebuah cara baru untuk melalukan sesuatu yang menghasilkan perubahan positif. Artinya, semua orang bisa melakukannya, baik dalam skala kecil ataupun besar. Innovasi bukanlah sesuatu yang hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan internasional. Penemuan terhebat Steve Jobs – sebuah komputer untuk sehari-hari – terbentuk ketika Jobs dan teman SMA-nya yang bernama Steve Wozniak merakit papan sirkuit di rumah orangtua Jobs. Walaupun Jobs seringkali bertengkar dengan ibunya karena dia menggunakan dapur sebagai tempat perakitan, Jobs selalu menganggap Apple sebagai merek yang akan mengubah dunia.

2. Lakukan apa yang anda suka. Ketika Steve Jobs diminta untuk memberikan nasehat kepada pengusaha-pengusaha muda, dia berkata, “Saya rasa anda harus mendapatkan pekerjaan sebagai seorang pelayan sampai anda menemukan sesuatu kegiatan atau pekerjaan yang sangat anda gemari. Beranikan diri anda untuk mengikuti kata hati”, begitulah Jobs menasehati mahasiswa-mahasiswa Stanford pada tahun 2005. “Anda harus menemukan sesuatu yang anda suka. Bila anda belum menemukannya, carilah terus. Jangan pernah berhenti.” Anda baru bisa menciptakan penemuan-penemuan yang mengubah dunia bila anda betul-betul bergairah untuk memajukan masyarakat.

3. Taklukkan dunia. Keinginan besar dapat memacu sebuah roket tetapi visilah yang menentukan roket untuk menuju tujuan utamanya. Ketika Steve Jobs melihat demonstrasi antarmuka pengguna grafis versi awal yang belum sempurna di fasilitas penelitian Xerox pada tahun 1979, dia menyadari hal itu akan membantu dia memenuhi visinya untuk menaruh komputer di tangan setiap orang. Jobs berkata bahwa Xerox pernah mempunyai kesempatan untuk mendominasi industri komputer, tetapi visi mereka hanya terbatas di pembuatan mesin fotokopi. Terkadang dua orang melihat hal yang sama tetapi menanggapi hal itu secara berbeda, tergantung pada visi mereka.

4. Mulai aktifkan otak anda. Menurut Steve Jobs, kreatifitas berarti kemampuan untuk mengaitkan berbagai macam hal. Salah satu alasan mengapa Jobs adalah seorang yang kreatif ialah karena dia menghabiskan waktunya untuk mencari pengalaman-pengalaman baru seperti: mempelajari kaligrafi, mengunjungi ashram (tempat ibadah), mengamati rancangan alat dapur di Macy’s atau mempelajari layanan pelanggan di hotel Four Seasons. Job tidak “mencuri” sebanyak dia “menerapkan” ide-ide dari berbagai macam bidang. Penuhi otak anda dengan pengalaman-pengalaman baru di luar bidang kerja, ilmu, atau usaha anda.

5. Juallah mimpi, bukan produk. Pada akhir presentasi utama pertamanya tahun 1997, ketika Jobs kembali ke Apple setelah absen selama 12 tahun, dia berhenti sejenak, lalu berkata, “Kita akan melayani orang-orang yang telah membeli produk-produk kita sejak awal permulaan. Banyak orang berpikir bahwa mereka gila. Tetapi di dalam kegilaan itu, kita melihat kecerdasan.” Bantu pelanggan anda untuk menemukan bakat tersembunyi mereka dan anda akan memenangkan hati mereka.

6. Katakan tidak ke 1000 hal. Ketika Mark Parker mengambil alih jabatan CEO Nike, dia menghubungi Steve Jobs untuk meminta nasehat. Jobs berkata, “Singkirkan hal-hal buruk dan fokuslah pada hal-hal yang baik.” Tidak ada nasehat yang lebih baik dari itu.

7. Berjuanglah menuju kesederhanaan. Ahli desain Apple yang bernama Jonathan Ive mencerminkan pendekatan Jobs ke desain produk dengan berkata, “Kami sangat terpengaruhi dengan pikiran untuk selalu mencoba mengembangkan solusi yang sangat sederhana, karena sebagai makhluk jasmani, kita mengerti kejelasan.” Kalau anda bisa merancang produk seperti iPad yang sangat sederhana, bahkan anak umur dua tahun bisa memakainya (ada videonya di YouTube), berarti anda berada di jalur yang benar.

8. Ciptakan pengalaman-pengalaman berbeda yang menghebohkan. Toko Apple telah meningkatkan standar mereka dalam layanan pelanggan. Tujuan Apple bukanlah untuk “menggerakkan logam”, tetapi untuk “memperkaya kehidupan.” Mulailah memperkaya kehidupan masyarakat dan penjualan anda pasti meningkat.

9. Kuasailah pesan anda. Anda mungkin mempunyai ide terhebat sedunia, tetapi bila anda tidak bisa meyakinkan siapapun, sia-sialah ide itu. Steve Job adalah pendongeng terbaik sedunia. Presentasi-presentasinya sangat informatif, mendidik dan menghibur. Teknik presentasinya telah dijelaskan secara mendetail di buku saya yang terdahulu.

10. Mimpilah lebih besar lagi. Ketika seorang eksekutif Disney yang bertanggungjawab memperbaharui toko-toko Disney mendekati Steve Jobs untuk meminta nasehat, Jobs berkata, “Mimpilah lebih besar lagi.” Jobs selalu mempunya mimpi yang lebih dan lebih besar dan itulah yang membuat segalanya berbeda.

bisniskecil.com