fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Ramadhan 1442  |  Selasa 13 April 2021

Menimbang Tawaran Pekerjaan

Menimbang Tawaran Pekerjaan Memilih pekerjaan yang tepat ketika Anda mendapatkan sejumlah tawaran pekerjaan merupakan suatu keputusan yang berat. Kriteria apa saja yang perlu dipertimbangkan untuk mengevaluasinya?

Menurut dua konsultan sumber daya manusia (SDM) seperti dikutip situs idiva.com, berikut ini adalah sejumlah poin yang harus diperhatikan:

Besar gaji
Pastikan gaji yang ditawarkan cukup baik untuk jumlah pengalaman dan kualifikasi yang Anda miliki. Bandingkan diri Anda dengan para profesional lain yang memiliki profesi dan posisi serupa. Jangan ragu menegosiasikan gaji apabila Anda memiliki alasan kuat untuk menuntut gaji yang lebih tinggi. Selain itu, pastikan pula perusahaan memberikan kenaikan paling kurang 25-30 persen setiap tahunnya.

Peluang tumbuh
Akankan pekerjaan baru ini memberikan Anda ruang untuk tumbuh dan berkembang? Menurut Suresh Goel, seorang konsultan SDM, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa jenis tanggung jawab manajer di atas Anda. ''Jika ada jumlah perbedaan yang signifikan, Anda sebaiknya mengambil pekerjaan itu karena memiliki kesempatan untuk tumbuh lebih besar di perusahaan.''

Nilai tambah
Pekerjaan baru tersebut harus mampu menjadi nilai tambah bagi resume Anda. Menurut konsultan SDM Adarsh Shetty, sebuah pekerjaan menjadi nilai tambah bagi Anda jika menyajikan sejumlah tantangan dan memungkinkan Anda mengasumsikan sejumlah peran. Anda harus mampu mempresentasikan hasil kerja Anda sebagai sebuah prestasi.

Penempatan
Sebuah pekerjaan baru mungkin mengharuskan Anda pindah ke kota lain atau bahkan ke negara lain. Pilihan yang tepat di sini tergantung kepada prioritas Anda. Jika Anda lebih suka mengorbankan sebuah pekerjaan yang baik di luar kota demi bisa tetap berkumpul bersama keluarga, maka lakukan saja.

Institusi perusahaan
Jika sebuah perusahaan besar memberikan Anda tawaran pekerjaan, jangan mengabaikannya begitu saja. Anda mungkin mendapatkan tanggung jawab yang lebih banyak di perusahaan kecil, tapi institusi perusahaan dapat menambah kemilau untuk resume Anda. Lagi pula, ada banyak hal yang dapat Anda pelajari dari orang lain ketika bergabung dalam sebuah perusahaan besar.

Yulia Permata Sari | mediaindonesia.com