28 Sya'ban 1444  |  Selasa 21 Maret 2023

basmalah.png

5 Pertimbangan Pencari kerja

5 Pertimbangan Pencari kerja Jika saat ini Anda termasuk pencari kerja, pertimbangkanlah lima langkah ini untuk mendapatkan posisi dan kompensasi yang layak.

1. Lakukan riset mendalam
Sebelum memulai untuk negosiasi gaji, mulailah dengan mencari fakta. Pada posisi Anda, tingkat pendidikan, jam kerja, kemampuan dan berbagai pertimbangan, berapakah Anda akan menerima gaji yang layak. "Mulailah dengan fakta perlu juga mendokumentasikan data survei gaji orang lain dibayar untuk peran yang sama, di perusahaan yang sama dan di wilayah geografis yang sama," saran Kerry Patterson, penulis Crucial Conversations.

2. Informasi perusahaan
Ketahuilah secara pasti atasan dan pemilik perusahaan, bedakan antara mereka menginginkan Anda atau membutuhkan Anda. Menurut Diane Katz penulis buku Win at Work! The Everybody Wins Approach to Conflict Resolution, "Cari tahu sebanyak mungkin tentang pekerjaan, kelompok, bos, perusahaan dan industri. Ketahui berapa lama sebuah perusahaan membutuhkan waktu untuk merekrut karyawan. Waktu ini bisa Anda manfaatkan untuk negosiasi."

3. Jadilah terbaik
Sebuah perusahaan mungkin sudah terlalu biasa mendengar bualan-bualan atau mimpi calon pekerja tentang apa yang bisa mereka berikan pada perusahaan. Jika giliran Anda ditanya demikian, jawablah berdasarkan pengalaman yang telah Anda lalui. Contohnya, apa keberhasilan Anda para perkerjaan sebelumnya.

4. Manfaat lain
Ketahui manfaat apa yang Anda peroleh dari pendapatan nongaji seperti misalnya uang transportasi, jaminan kesehatan, penggantian biaya kuliah, biaya parkir dan juga uang makan. Hitunglah itu sebagai komponen penting pendapatan Anda.

5. Masa depan
Di masa perekonomian perusahaan membaik, para pemburu pekerjaan akan berebut untuk diterima sebagai pekerja dan mendapatkan jaminan yang layak. Tetapi jangan terburu-buru, Anda tetap harus bersabar untuk bernegosiasi secara masuk akal. Banyak perusahaan yang hanya terlihat baik di luar namun tidak menjamin hak-hak karyawan secara baik dan layak.

Sebagai pencari kerja, persiapkan diri Anda sebaik mungkin sehingga Anda mampu membuktikan bahwa Anda adalah unik, merupakan aset perusahaan, mampu menambah nilai dan mampu memecahkan persoalan perusahaan meskipun kontribusinya kecil.

Retno Hemawati | mediaindonesia.com