fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


26 Ramadhan 1442  |  Sabtu 08 Mei 2021

4 Cara Bertahan Setelah Mengalami PHK

4 Cara Bertahan Setelah Mengalami PHKKehilangan pekerjaan bisa jadi sesuatu yang memberatkan dan menyedihkan dalam kehidupan. Segalanya bisa berubah dengan sangat drastis karena mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

 

Karena dipecat dari pekerjaan, secara otomatis, kita tidak memiliki pemasukan. Bahkan tidak sedikit yang merasa 'gagal' menjalani kehidupan saat kehilangan pekerjaan. Dilansir dari laman Aol Jobs, Selasa, 23 Agustus 2011, berikut ini 4 cara untuk meminimalisasi perasaan gagal, bersalah, stres, dan depresi.

 

1. Jangan panik

Tetaplah termotivasi. Jangan panik, sebab panik hanya akan membuat keadaan semakin rumit. Tidak ada seorang pun yang membuat putusan dengan baik jika ia dalam kondisi yang panik. Bahkan kesempatan yang baik sekalipun dapat hilang karena Anda terlalu panik.

 

2. Jangan mengisolasi diri

Melakukan refleksi diri atas kejadian masa lalu bisa membantu Anda saat mengalami kepahitan tersebut. Tapi jangan dijadikan alasan untuk mengorbankan waktu kebersamaan dengan keluarga, teman, dan kolega yang selalu memberikan Anda dukungan moral.

 

3. Jangan biarkan energi negatif memasuki pikiran Anda

Rasa marah, kecewa, juga sedih adalah perasaan yang biasa muncul saat mengalami PHK. Namun dikendalikan orang energi negatif ini malah akan merugikan diri sendiri. Jika terus berpikiran buruk maka akan menguras energi positif yang bisa Anda gunakan untuk mencari pekerjaan baru.

 

4. Keluar dari 'kotak'

Kebanyakan orang merasa nyaman dengan apa yang biasa diketahui dan lakukan. Sebenarnya tidak ada salahnya jika Anda berpikir di luar 'kotak'. Tidak ada salahnya mencoba hal yang baru.

tempointeraktif.com