pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Magang Usai

Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Magang UsaiKontrak magangmu akan usai sekira dua minggu lagi, mungkin kamu akan mempersiapkan administrasi atas selesainya kontrak, atau kamu mungkin tengah menyiapkan lamaran baru untuk perusahaan lainnya.

Namun ada baiknya kamu perhatikan apa yang kamu akan lakukan pada pekerjaan yang masih sisa dua minggu tersebut. Kamu enggak mau kan menorehkan jejak rekam pada perusahaan tersebut tanpa prestasi apa pun?

Sebaiknya hal apa yang perlu kamu lakukan sebelum magang selesai? Berikut Tips yang dilansir dari situs Her Campus:

1. Tanyakan Evaluasi Performamu
Kamu tentu bisa menanyakan mengenai performamu kepada atasan. Mintalah atasanmu untuk memberikan evaluasi yang detail dan jujur tentang pekerjaanmu. Pastikan untuk membuat janji melalui email sebelum berhadapan, diskusikan kelemahan dan kelebihanmu padanya. Tanyakan juga, dengan performa yang telah kamu berikan, apakah dia punya keinginan mempekerjakanmu kembali?

2. Buat Wawancara Informatif
Karena waktu magangmu singkat, kamu mungkin kurang informasi mengenai deskripsi pekerjaanmu, aturlah wawancara dengan bidang perekrutan (HRD) untuk mendapatkan informasi tersebut, atau bisa juga menanyai teman sekantor utuk menjelaskan deskripsi pekerjaanmu.

3. Bagikan Rencana Karirmu kepada Teman Sekantor
Biarkan teman magangmu tahu mengenai rencana karirmu, siapa tahu mereka bisa memberikan masukan yang informatif dan inspiratis mengenai hal tersebut.

4. Tanyakan Mengenai Kelanjutan Pekerjaan
Setelah magang selesai temui atasanmu, dan tanyakan mengenai kelanjutkan pekerjaanmu. Tanyakan apakah ada kelanjutan dari posisi yang pernah kamu pilih untuk magang, atau mungkin ada peluang di posisi lain.

5. Minta Rekomendasi
Sebelum magang selesai, minta atasanmu untuk membuatkan surat rekomendasi. Jika dia tidak tahu bagaimana formatnya, kamu bisa carikan contohnya di internet. Surat rekomendasi diperlukan sebagai lampiran ketika melamar pekerjaan baru, atau untuk melamar beasiswa.

6. Kumpulkan Nomor Kontak
Kumpulkan nomor kontak yang telah kamu dapat selama magang, simpan sebagai data di kompuermu. Selain dapat membantumu dalam urusan jaringan dan pastikan untuk minta juga pada teman sekantor.

7. Menulis Ucapan Terima Kasih
Tuliskan ucapan terima ksaih pada tiap orang yang bekerja sama denganmu di kantor. Tulis di selembar kertas 4x4 yang dilengkapi dengan perekat, pastikan tuliasnnya merupakan tulisan tanganmu. Dengan begitu baik teman sekantor maupun atasmu bisa melihat sikap baikmu dan siapa tahu dengan begitu akan ada kelanjutan karir.

Riani Dwi Lestari | okezone.com