21 Dzulhijjah 1442  |  Sabtu 31 Juli 2021

basmalah.png

Jangan Lakukan Ini saat Magang

Jangan Lakukan Ini saat MagangTempat magang merupakan salah satu tempat yang bukan hanya berguna untuk menambah pengalamanmu dalam bidang yang kamu geluti, tetapi juga merupakan lingkungan asyik untuk menambah teman.

Dengan begitu, tidak jarang juga, kamu kerap terlena dengan segala rutinitas kerja yang mungkin kamu anggap nyaman, serta kolega yang bersahabat.

Jadi, apa saja yang perlu kamu hindari saat magang? Simak tipsnya yang dilansir dari Her Campus.

1. Bergosip
Mungkin hal ini banyak dialami oleh mahasiswa magang perempuan. Kadang, pekerjaan magang yang mungkin tidak terlalu berat cenderung memicu kamu untuk mengobrol dengan rekan kerja. Dengan aktivitas mengobrol, maka bergosip pun kadang tidak bisa kita hindari. Jangan sampai kamu dicap sebagai tukang gosip ya.

Untuk itu, hindari dengan tetap sibuk. Jika kamu selesai dengan tugasmu, tanyakan pada atasan apa ada hal lain  yang bisa kamu bantu, atau tanya rekan kerja lainnya apa ada pekerjaan yang mungkin bisa kamu selesaikan. Dengan begitu, kamu masih bisa sibuk, sekaligus bersosial, lantaran tetap berkomunikasi dan mempertahankan sikap profesional.

2. Tertidur
Banyak aktivitas mungkin akan mengurangi waktu tidurmu, akibatnya kamu mengatuk saat jam kerja. Bisa saja kamu menyandarkan kepalamu di meja kerja dan tertidur selama 15 menit, hal yang wajar sih, asal jangan keseringan ya.

Jika kamu sangat mengantuk dan tiba-tiba kamu tertidur, sebenarnya bukan masalah yang terlalu besar. Sebab, kemungkinan rekan kerjamu akan memaklumkanmu. Namum, sebaiknya jangan terlalu sering kamu sengaja tidur siang di kantor. Hal tersebut akan mempengaruhi citramu, enggak mau kan jika kamu dianggap sebagai karyawan magang yang malas?
 
Setelah mencuri beberapa menit untuk tidur, langsung kerjakan sesuatu begitu kamu terbangun. Bisa dengan mencuci muka agar segar, kemudian kembali ke meja untuk bekerja.

3. Online Sepanjang Hari
Jika kamu bekerja bukan dibidang media seperti juranlistik dan penerbitan, sebaiknya kamu cari tahu mengenai kebijakan kantor mengenai penggunaan internet. Sebab, ada beberapa perusahaan yang mengatur hal sepele macam online.

Jika memang diizinkan, sebaiknya kamu pergunakan fasilitas tersebut dengan bijak. Terlalu sering online, kamu akan dicap online geek (gila online). Tentunya kamu enggak akan mau jika kredibilitasmu diragukan lantaran kamu terlalu sering online.

4. Tidak Perbaiki Kesalahan
Melakukan kesalahan ketika magang merupakan hal yang wajar. Namun bukan sebanyak apa kesalahan yang kamu buat, tetapi, apakah jika kamu membuat kesalahan, akan kamu perbaiki?

Pikirkan apa saja yang sekira kamu salah dalam pekerjaan tertentu, lapor pada atasan, minta maaf, dan jangan lakukan kesalahan yang sama dengan cara memperbaikinya.

5. Ceroboh
Kamu menghapus slideshow presentasi yang sudah dikerjakan oleh atasanmu, atau kamu tidak sengaja salah memasukkan data yang salah, dan bisa saja kamu meninggalkan proposal di rumahmu? Hal tersebut bisa terjadi karena kamu ceroboh.

Jika memang sudah potensi untuk melakukan kecerobohan, sebaiknya kamu waspada. Caranya bisa dengan melakukan cek ulang (double check) terhadap hal apa saja yang kamu lakukan, terutama tugas kantor.

Kalau bisa, bawa buku catatan kecil, atau tulis di ponselmu. Catat hal apa saja yang kamu perlukan untuk pekerjaan hari ini, pastikan kamu cek ulang apa saja yang kamu butuhkan. Hal tersebut bisa mencegahmu melakukan kelalaian yang bisa menjatuhkan persepsi atasan dan rekan kerjamu atas kredibilitasmu.

Riani Dwi Lestari | okezone.com