fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


26 Ramadhan 1442  |  Sabtu 08 Mei 2021

8 Mitos Perusak Kekayaan

8 Mitos Perusak Kekayaan Uang bisa menjadi salah satu sumber kebahagiaan tetapi tidak mutlak. Bahkan orang yang bekerja hanya mengejar uang justru akan merusak kemakmurannya. Simak 8 mitos yang justru akan membuat kekayaan Anda tidak menjadi seperti yang Anda inginkan.

1. Jangan Anda terperangkap dalam mentalitas kekurangan. Berapapun uang yang Anda miliki, cukupkan. Jika Anda berpikir tentang kekurangan, Anda tidak akan memiliki energi untuk mewujudkan hal yang tepat sesuai harapan Anda. Belajarlah dari kegagalan finansial orang lain, sehingga saat tanda-tanda muncul, Anda sudah sangat waspada dan bisa mengantisipasinya.

2. Siapa bilang uang adalah kekuasaan? Uang akan berkuasa jika Andalah yang memberikan kuasa kepadanya.

3. Cintailah apapaun pekerjaan Anda sehingga pekerjaan bisa mendatangkan kebahagiaan, sementara uang akan muncul karena Anda menjalani pekerjaan dengan baik.

4. Percayalah pada intuisi. Sesuatu yang berisiko tinggi akan mendatangkan hasil yang baik, demikian pula sebaliknya. Kuncinya di sini adalah untuk tidak membiarkan rasa takut mencegah Anda dari mengambil risiko. Pastikan Anda berada di puncak permainan yang satu ini seprti misalnya pasar saham atau investasi jenis lainnya.

5. Bagaimana Anda berurusan dengan utang. Apakah Anda menggunakannya dengan benar dan melunasinya dengan mudah atau apakah Anda sengaja mengoleksi utang? Pastikan bahwa Anda tidak menggunakan utang untuk menyembunyikan masalah Anda sendiri atau menyembunyikan di balik sesuatu. Gunakanlah utang dengan cara yang benar dengan tujuan menciptakan keseimbangan dan memungkinkan untuk meningkatkan investasi Anda.

6. Jangan jadikan uang menjadi sesuatu yang menakutkan. Biarkan uang menjadi pelengkap sistem energi Anda agar menjadi lebih kreatif dan juga pendukung solusi permasalahan. 

7. Belanjakan lebih sedikit uang daripada penghasilan Anda. Intinya jangan besar pasak daripada tiang.

8. Milikilah cadangan dana untuk saat-saat sulit yang tidak diduga sebelumnya. Dana cadangan ini penting terlepas dari berapa banyak yang Anda hasilkan atau seberapa banyak utang Anda.

Penulis : Retno Hemawati
mediaindonesia.com
 

{mooblock=Enam Tips Membangun Kekayaan}


Enam Tips Membangun KekayaanSetiap orang tentu mengidamkan kehidupan yang lebih nyaman, sejahtera, dan tidak perlu mengkhawatirkan masalah finansial. Dengan pengelolaan aset yang baik, setiap orang bisa membangun dan mengembangkan kekayaannya.

Ikuti sejumlah aturan sederhana seperti dipublikasikan situs CNNMoney.com berikut ini dan bersiap-siaplah membangun kekayaan Anda:

Bernyali
Untuk membuat simpanan Anda tumbuh lebih cepat daripada inflasi (tingkat tahunan rata-rata: 3,1 persen), Anda harus berinvestasi dalam saham jangka panjang.

Jangan berusaha terlalu keras
Sebanyak 72 persen dana skala besar yang dikelola secara aktif, gagal mengalahkan pasar saham selama lima tahun terakhir.

Konsisten
S&P 500 memeroleh 11,8 persen per tahun antara 1982 dan 2001. Namun, hanya investor yang konsisten dan bertahan saja yang berhasil memeroleh keuntungan besar.

Dampak biaya tinggi
Semakin besar jumlah yang harus dibayar untuk biaya manajemen dan berbagai pengeluaran lain, semakin sedikit hasil yang akan Anda peroleh dari waktu ke waktu.

Utang tidak membanggakan
Jika Anda hanya membuat pembayaran minimum dari tagihan sebesar US$5.000, Anda akan membayar utang tersebut selamanya dan rugi banyak dari bunga yang dikenakan sepanjang jalan.

Uang tidak mendatangkan kebahagiaan
Lebih banyak uang tidak berarti Anda secara otomatis bisa menjadi lebih bahagia.

{/mooblock}