pustaka.png
basmalah.png.orig


14 Dzulqa'dah 1442  |  Kamis 24 Juni 2021

Cara Pintar Kuasai Public Speaking

Cara Pintar Kuasai Public Speaking   Bagi sebagian orang, berbicara di depan publik atau public speaking merupakan momok mengerikan. Apakah Anda juga memiliki ketakutan yang sama? Jika ya, Anda tidak perlu lagi khawatir jika sewaktu-waktu ditunjuk untuk berpidato atau berbicara di hadapan banyak orang.

Situs Shine.com punya cara jitu untuk menguasai ilmu dasar public speaking.

1. Percaya diri dan antusias
Jika Anda diminta untuk berbicara di depan banyak orang, mereka yang meminta pasti memiliki keyakinan tinggi pada kemampuan Anda. Jadi, percayalah pada kemampuan Anda. Bangun antusiasme pendengar dengan suara lantang yang penuh semangat. Akan sangat menyenangkan bagi para pendengar untuk menyimak dan terlibat dalam materi yang anda sampaikan dengan penuh antusias.

2. Singkat, padat, dan jelas
Jangan bertele-tele dalam menyampaikan sesuatu. Apalagi jika waktu yang tersedia bagi Anda sangatlah sempit. Cari tahu tujuan dan apa yang ingin Anda tanamkan di benak pendengar. Ini akan memudahkan Anda untuk memberikan penjelasan sesuai dengan jalur yang telah Anda buat dan tepat waktu.

3. Kenali audiens
Kenali dulu audiens atau pendengar Anda. Ini akan membantu Anda untuk mencari topik yang tepat maupun ice breaking atau lelucon-lelucon yang akan membangun chemistry yang kuat dengan para audiens.

4. Fleksibel
Jika tiba-tiba ada kejadian di luar rencana, seperti perubahan jadwal ataupun pendengar menjadi rusuh, Anda tidak boleh panik. Di saat-saat inilah Anda haru menjadi fleksibel. Anda harus tetap santai, dan mencoba untuk tetap terbuka terhadap perubahan, baik Anda dan penonton akan memiliki pengalaman besar tidak peduli apapun hambatan yang terjadi.

5. Berlatih, berlatih, berlatih
Pepatah yang berbunyi berlatih membuat sempurna memang benar adanya. Berlatih akan membuat Anda rileks dan siap ketika benar-benar harus tampil. Cobalah berlatih di depan cermin atau di hadapan teman-teman Anda. Anda juga bisa merekam aksi berlatih dan melihatnya kembali untuk melihat apa saja yang perlu Anda perbaiki.

Dengan adanya tips-tips di atas, Anda tidak perlu lagi takut ketika si bos menitahkan untuk berpidato di hadapan banyak orang. Selamat mencoba.

liputan6.com