pustaka.png.orig
basmalah.png


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

Bisa Dapat Job Walau Tanpa Gelar Sarjana

Bisa Dapat Job Walau Tanpa Gelar SarjanaSeorang freelancer bisa dapat job atau order dari klien meski tanpa gelar kesarjanaan. Hal ini dapat terjadi jika Anda bisa menunjukkan kepada calon klien bahwa Anda berpotensi di bidang yang dibutuhkan.

Tidak bisa Anda pungkiri bahwa secara umum orang lebih suka bekerja dengan orang lain yang memiliki pendidikan tinggi. Tapi bisa saya katakan bahwa dunia online freelancing itu fleksibel, selalu ada bidang pekerjaan yang tidak menuntut gelar sarjana. Sebaliknya, banyak freelancer senior mencapai sukses karena bakat dan komitmen mereka pada niche yang ditekuni.

Banyak diantara klien yang saya jumpai justru lebih tertarik kepada hasil nyata, produktivitas, personal branding, portofolio, dan faktor kedekatan emosional. Jadi, peluang seorang single fighter freelancer mendapatkan job pertama itu tergantung dari keseriusan Anda dalam mengolah dan mempromosikan bakat, kemampuan, keahlian, pengalaman, serta jangkauan relasi kerja.

Menjual Hasil Nyata

Walaupun Anda tidak memiliki gelar kesarjanaan (atau mungkin sedang dalam tahap mengejar ke arah situ) Anda dapat membuktikan diri sebagai mitra kerja yang potensial bagi calon klien. Anda bisa menceritakan dengan spesifik contoh-contoh tentang apa saja yang pernah Anda kerjakan. Hal ini bisa dilakukan di halaman blog pribadi maupun web yang dibuat khusus untuk portofolio.

Bagi freelancer di bidang desain (desain web, webmaster, themes designer, dan lain-lain), Anda bisa membuat daftar nama klien dalam web portofolio. Sedangkan bagi bidang freelance yang mengutamakan privasi klien (misalnya dunia penulisan), sebelum menampilkan portofolio Anda harus pastikan klien tidak keberatan namanya diungkap ke publik.

Memiliki Personal Branding

Next, Anda juga harus punya personal branding yang kuat? Apakah yang dimaksud dengan personal branding bagi seorang freelancer? Penjelasan sederhananya adalah nilai yang diberikan oleh orang lain saat Anda ‘menjual diri’ di dunia freelance internet. Nilai tersebut mewakili besarnya kepercayaan publik terhadap potensi dan kompetensi yang Anda miliki untuk bisa menyelesaikan sebuah project.

Kalau ada yang bilang personal branding sudah mati, saya pribadi nggak sepenuhnya setuju. Mungkin ada beberapa bidang yang tidak perlu branding, namun secara umum orang tidak akan mau ‘membeli kucing dalam karung’. Mungkin sales letter atau website yang dipakai jualan semua terlihat sama-sama meyakinkan, namun ada faktor lain yang mempengaruhi keputusan calon klien untuk memakai jasa Anda. Itulah branding Anda.

Terakhir, patut Anda pahami bahwa tujuan klien memakai jasa Anda adalah mereka membutuhkan orang-orang atau organisasi yang dapat membantu mereka memecahkan masalah serta menyelesaikan pekerjaan dan memberi manfaat bagi mereka. Oleh karena itu komunikasi intensif dua arah harus selalu Anda bangun di atas dasar saling percaya.

vivanews | agussiswoyo.com