16 Rabiul-Awal 1443  |  Sabtu 23 Oktober 2021

basmalah.png

6 Cara Hadapi Rekan Kerja yang Suka Mengeluh

6 Cara Hadapi Rekan Kerja yang Suka Mengeluh Fiqhislam.com - Anda tidak bisa memilih mendapatkan rekan kerja yang seperti apa. Di dunia kerja, ada kalanya Anda menemui rekan yang menyebalkan tapi mau tidak mau harus bisa bekerjasama; misalnya saja orang yang suka mengeluh.

Tipe pengeluh, selalu mengeluh tentang pekerjaan, keluarga, kehidupan percintaan dan masalah lainnya. Beberapa keluhan mungkin masih bisa ditolerir, tapi jika dia selalu merengek dan meratapi nasibnya, tentu membuat Anda kelelahan menghadapinya dan lebih buruk lagi, energi negatifnya bisa tertular pada Anda.

Cuek atau pura-pura tidak peduli, mungkin cara paling mudah untuk menanggapi rekan kerja yang suka mengeluh. Tapi Anda tidak bisa selalu menghindar darinya selama delapan jam, setiap harinya 'kan? Coba lakukan enam tips yang dikutip dari Times of India ini, untuk menghadapi si pengeluh.

1. Jangan Bersikap Defensif
Hormatilah rekan kerja Anda, dan pastikan dia juga menghormati Anda. Jika dia orang yang mudah marah, jangan lawan dengan emosi yang meledak-ledak juga. Beberapa orang memiliki masalah dalam hidup yang dilimpahkannya kepada orang lain dengan temperamen buruk. Semakin Anda memahami sifatnya, akan semakin mudah untuk menghadapinya. Selama perilakunya tidak merugikan dan menghambat kinerja Anda, tidak perlu diambil pusing.

2. Tetap Fokus pada Diri Sendiri
Pertama-tama Tetaplah fokus pada diri Anda sendiri. Meskipun Anda sangat kesal jangan tunjukkan raut wajah marah dan kesal. Jangan pedulikan sikapnya, anggap saja ia tidak ada di sekitar Anda.

3. Tak Perlu Diambil Hati
Tak ada gunanya berdebat atau berurusan dengan rekan kerja yang suka mengeluh, karena hanya akan membuat hati kesal dan akhirnya justru Anda yang jadi 'tukang ngeluh'. Namun Anda juga tak perlu menjauhi atau memperlakukan dia berbeda dari teman kantor yang lainnya; bersikaplah sewajarnya. Mungkin orang yang suka mengeluh cenderung spontan melontarkan kata-kata tanpa berpikir dua kali. Coba jangan terlalu dimasukkan dalam hati dan tak perlu menganggapnya serius.

4. Tunjukkan Optimisme
Tipe pengeluh akan menyulitkan Anda dan keluhannya dapat membawa aura negatif di lingkungan kantor. Cobalah untuk tunjukkan sikap optimis kepadanya, dengan harapan, sikap optimis Anda juga bisa tertular kepadanya dan rekan kerja lainnya.

5. Jangan Bergosip
Rekan kerja Anda mungkin orang yang sulit diajak bekerja sama, karena terlalu banyak keluhan yang datang darinya. Sekesal apapun, sebisa mungkin hindari membicarakan rekan kantor Anda itu di belakangnya. Tindakan itu hanya akan menambah aura negatif di tempat kerja. Jika dia tahu Anda suka menggosipkannya, keluhannya akan semakin menjadi-jadi dan akan memancing perselisihan.

6. Tawarkan Bantuan
Saat mendengar rekan kerja mengeluhkan pekerjaan, Anda bisa coba berbicara padanya dan menawarkan bantuan --selama Anda sanggup melakukannya. Tahu ada seseorang yang peduli, bisa membuat dia merasa lebih baik. Kadang, sekedar curhat atau bertukar pikiran bisa bantu mengurangi masalah.

Hestianingsih - wolipop