13 Rabiul-Awal 1443  |  Rabu 20 Oktober 2021

basmalah.png

13 Karakter yang Wajib Dihindari Seorang Wirausaha

13 Karakter yang Wajib Dihindari Seorang Wirausaha

Fiqhislam.com - Menjadi seorang wirausaha tentu harus memiliki kemampuan khusus, sebagian mungkin hadir secara alami, sedang sebagian lagi dapat dipelajari dan dikembangkan melalui latihan. Karakter yang harus dihindari seorang wirausaha agar tangguh dan sukses, seperti apa?

Memahami sifat apa saja yang perlu dihindari saat memulai usaha barang kali bisa membantu Anda tumbuh jadi pengusaha yang baik dan penuh persiapan. Menurut entrepreneur.com, berikut 13 sifat yang harus dihindari saat ingin memulai jadi pengusaha:

Banyak Bicara tanpa Tindakan

Pengusaha pemula kerap menghabiskan banyak waktu untuk mediskusikan ide membangun usaha hingga lupa mengeksekusi idenya. Menghabiskan waktu membicarakan ide tanpa ada eksekusi nyata hanya akan membuat Anda jalan di tempat.

Bertujuan untuk Tujuan yang Tidak Masuk Akal

Beberapa pengusaha pemula terlalu mengharapkan keuntungan besar di awal merintis bisnisnya. Ketika apa yang diharapkan tidak tercapai mereka cenderung putus asa dan tidak melanjutkan usahanya. Hal inilah yang membuat beberapa pengusaha gagal, karena tidak bisa menentukan kerangka waktu dan grafik yang realistis.

Suka Menunda-nunda

Menunda-nunda inovasi yang akan dirilis hanya akan membuat Anda tersalip perusahaan startup lainnya. Anda akan kehilangan peluang besar.

Kurang Tekun

Usaha tidak akan langsung sukses. Banyak pengusaha sukses yang terlebih dahulu menghabiskan bertahun-tahun waktunya dalam kegagalan. Pengusaha yang berhenti ketika beberapa kali gagal hanya akan kehilangan kesempatan akibat ketidak sabarannya.

Manajemen yang Buruk

Anda akan gagal jadi pengusaha jika tidak bisa mengatur waktu dengan baik, contohnya terlambat membuat laporan atau mengirimkan produk rancangan.

Keuangan Tidak Memadai

Beberapa pengusaha ingin memulai usaha namun tidak terlebih dahulu mengumpulkan modal finansial. Ide mereka hanya akan menumpuk di kepala tanpa adanya eksekusi nyata, karena eksekusi nyata ini butuh dana. Jadi sebelum memulai bisnis fikirkan terlebih dahulu dana yang akan dibutuhkan.

Banyak Alasan

Pengusaha yang sukses tidak akan menyalahkan orang lain saat mengalami beberapa kegagalan atau risiko. Ia akan memeriksa dirinya sendiri terlebih dahulu dan memperbaiki. Orang yang bisanya hanya menyalahkan orang lain tidak bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Tidak Mampu Menyesuaikan Produk dengan Kebutuhan Pasar

Hal berikutnya yang kerap membuat pengusaha pemula gagal adalah ketidak mampuan mereka meriset pasar, apa yang dibutuhkan khalayak, siapa sasarannya dan lain sebagainya. Ketidakbisaan meriset pasar hanya akan membuat produk yang dihasilkan tidak laku di pasaran.

Menipu atau Tidak Jujur

Anda hanya akan menerima kegagalan ketika melakukan review palsu pada produk yang Anda hasilkan. Hal ini akan menjadi boomerang yang dapat membunuh usaha Anda, dan orang tidak akan percaya lagi dengan produk yang Anda hasilkan berikutnya.

Bimbang

Pengusaha yang kerap bimbang dan mengundur-ngundur waktu dalam mengambil keputusan hanya akan membuat usaha rusak atau bahkan gagal.

Egois

Pengusaha yang tidak bisa bekerja dalam tim, mementingkan diri sendiri dan tidak mau mendengar nasihat dan masukan dari orang lain tidak akan bertahan lama. Apalagi ketika mereka mulai kehilangan alur kerja bisnisnya.

Tidak Bisa Menyeimbangkan Waktu

Seorang pengusaha harus bisa menyeimbangkan waktu antara keluarga, kesehatan, bertemu teman dan mengurus bisnisnya. Mengabaikan bisnis hanya akan membuat bisnis perlahan-lahan rusak.

Tidak Memiliki Strategi Pemasaran

Produk Anda tidak akan terjual sendiri tanpa adanya iklan dan pemasaran. Maka perlu merencanakan strategi pemasaran yang baik agar khalayak tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Itulah 13 sifat yang perlu dihindari saat ingin memulai jadi wirausaha. Mengutip Bob Sadino, “Kemauan harus dilandasi dengan tekad yang bulat dan harus berani dalam mengambil peluang bisnis yang ada.” [yy/tempo]