fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


10 Ramadhan 1442  |  Kamis 22 April 2021

Empat Profesi bagi Pecandu Internet

Empat Profesi bagi Pecandu Internet Fiqhislam.com - Apakah Anda termasuk orang yang betah duduk berlama-lama berhadapan dengan komputer demi sekadar berselancar di dunia maya? Jika iya, sejumlah profesi berikut ini barangkali bisa menjadi rekomendasi tepat sebagai pilihan karier Anda.

1. Konsultan merek
Setiap perusahaan, organisasi, bahkan individu ingin memiliki sebuah merek sebagai identitas yang membuat konsumen langsung mengenali dan memberikan respon positif. Sebagian besar branding tersebut terbentuk secara online, melalui kampanye iklan, interaksi pers serta konsumen. Konsultan merek membantu perusahaan mengidentisikasikan merek seperti apa yang mereka inginkan dan membantu menciptakannya serta menjaganya tetap konsisten. Mereka harus bisa mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai target audiens, sehingga sedapat mungkin selalu berada di depan untuk mendapatkan sorotan sekaligus mengukur reaksi audiens.

2. Public relation
Dunia public relation (PR) selalu sibuk dan berubah sepanjang waktu. Apa yang harus dilakukan oleh seorang PR berbeda-beda tergantung kebutuhan perusahaan  atau organisasi tempat bekerja. Akan tetapi, esensi pekerjaannya sesungguhnya sama saja yakni memantau publikasi media yang diperoleh dan menerapkan pengendalian kerusakan jika diperlukan. Seorang manajer PR memberikan wawancara secara online, tercetak, atau melalui radio dan televisi atas nama perusahaan. Manajer PR juga harus memantau setiap berita dan kritik, baik online maupun offline, yang menyangkut nama perusahaan ataupun kompetitor dan mempersiapkan respon untuk menjawab setiap pertanyaan yang mungkin muncul di sepanjang jalan.

3. Tenaga perekrut
Teknologi internet telah mengubah industri selama satu dekade terakhir, termasuk dalam cara perusahaan merekrut calon pegawai. Saat ini, para pencari kerja bisa mem-posting riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian mereka di berbagai situs untuk ditemukan para perekrut yang memerlukan talenta baru. Dengan mendaftarkan diri ke sebuah situs jejaring sosial, para pencari kerja memiliki akses menuju ribuan calon majikan potensial dengan sekali klik.

4. Konsultan media sosial
Kemunculan media sosial terbilang relatif baru di dunia bisnis, begitu pula dengan posisi konsultan media sosial. Di beberapa perusahaan, seorang konsultan media sosial memiliki kesibukan tingkat tinggi. Sedangkan di beberapa perusahaan lainnya profesi ini merupakan pekerjaan paruh waktu untuk anak magang. Konsultan media sosial diperlukan untuk menjaga interaksi dengan konsumen secara online. Perusahaan membutuhkan seseorang untuk mengelola akun twitter, facebook, myspace, dan lain sebagainya. Konsultan media sosial dapat pula bekerja berdampingan dengan public relation atau konsultan merek dalam menjalankan tugasnya.

Yulia Permata Sari
mediaindonesia.com