fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


10 Ramadhan 1442  |  Kamis 22 April 2021

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Minta Naik Gaji

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Minta Naik GajiFiqhislam.com - Tak sedikit orang memilih untuk mencari pekerjaan lain agar mendapatkan gaji yang lebih besar. Sementara ada pula yang memiliki pekerjaan yang kian hari kian menumpuk, namun kompensasi yang didapatkan tak sebanding dengan apa yang sudah dikerjakannya.

Terkadang memang Anda merasa tidak adil, namun Anda juga memiliki hak untuk menuntut kenaikan gaji. Berikut empat cara efektif minta naik gaji, seperti yang dilansir She Knows.

1. Tunjukkan Kredibilitas
Siapkan dokumentasi atau hasil pekerjaan Anda yang meyakinkan untuk menunjukkan bagaimana Anda telah berperan penting dalam perusahaan dimana Anda bekerja. Dengan begitu perusahaan akan melihat kredibilitas Anda dan mempertimbangkan untuk menaikkan gaji.

2. Meningkatkan Prestasi
Tingkatkanlah prestasi Anda agar juga mendapatkan peningkatan penghasilan. Apabila Anda memiliki ketrampilan khusus, jangan sungkan menunjukkannya kepada atasan Anda. Bos Anda akan membayar lebih jika Anda dapat membawa ketrampilan yang lebih baik. Dengan ketrampilan akan membawa nilai plus pada diri dan juga pekerjaan Anda, sehingga hasilnya juga bisa jadi lebih maksimal.

3. Jadilah Orang yang Kreatif
Banyak orang ingin menjadi kreatif, karena pada dasarnya banyak perusahaan mencari orang yang kreatif. Segala ide bermunculan dari kreativitas seseorang, sehingga orang yang kreatif akan memiliki ide yang cemerlang juga orisinil.

Ide tersebut bukan hanya untuk memecahkan suatu persoalan, tapi juga menghasilkan sesuatu yang baru. Bila Anda menjadi orang yang kreatif, akan ada selalu banyak akal yang dapat membuat pekerjaan Anda menjadi lebih optimal. Dengan begitu, ada kemungkinan bos Anda dapat menaikkan gaji karena Anda pantas mendapatkannya.

4. Buat Kesepakatan
Bos yang cerdas biasanya akan melihat manfaat dari segala penawaran yang Anda berikan. Jika menginginkan kenaikan kompensasi, maka buatlah kesepakatan dengan bos Anda agar mereka tidak bisa menolak. Misalnya seperti meminta bonus yang banyak saat Anda harus terikat kontrak dengan perusahaan, karena selama ini pekerjaan yang Anda lakukan begitu optimal dan Anda mempunyai kredibilitas tinggi dalam bekerja. Hal tersebut dapat Anda ajukan saat pertemuan pribadi antara Anda dengan bos dalam perbincangan mengenai perkembangan perusahaan atau meeting lainnya.

Dona Rema - wolipop