fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


4 Syawal 1442  |  Minggu 16 Mei 2021

Seperti Apa Sih CV yang Menjual?

Seperti Apa Sih CV yang Menjual?Fiqhislam.com - Curriculum vitae (CV) adalah salah satu persyaratan yang kamu perlukan ketika ingin melamar pekerjaan. Biasanya, dalam CV tercantum data dirimu, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, hingga keahlian yang kamu miliki.

Nah, bagaimana caranya membuat CV yang baik sekaligus menjual? Corporate Sales Manager Jobstreet.Com Etika Santi menjelaskan, jika kamu adalah seorang fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja, ada baiknya kamu menonjolkan kekuatan dan potensimu.

"Misalnya kita ingin melamar ke perusahaan komunikasi, kemampuan komunikasilah yang perlu kita tonjolkan dalam CV kita. Jika ada pengalaman magang dalam bidang komunikasi, bisa juga kita masukkan," kata Tika baru-baru ini.

Tika menjabarkan, biodata pribadi memang data primer dalam sebuah CV. Tetapi, pihak perusahaan (headhunter) akan lebih fokus pada data pendukung seperti riwayat pendidikan dan pengalaman kerja atau magang.

"Mereka akan mencari kandidat paling sesuai. Jadi, pastikan kamu memasukkan kualifikasi spesifik yang diinginkan headhunter jika kamu memilikinya," imbuhnya.

CV yang baik tidaklah selalu yang komplit hingga berlembar-lembar. Menurut Tika, CV dua halaman cukup untuk kita yang masih fresh graduate.

Jika kita memang sudah berpengalaman kerja bertahun-tahun dan ingin mencoba peruntungan di perusahaan lain, kita bisa juga membuat CV sesuai kebutuhan. Ibaratnya pakaian tailor made, kita juga menyesuaikan isi CV sesuai kebutuhan kita dalam proses mencari kerja.

Ketika menerapkan prinsip 'tailor made' ini, pastikan kita mengetahui jenis pekerjaan yang akan kita lamar, status kontrak kerjanya, permintaan keahlian khusus, dan sebagainya.

"CV yang menjual menjual adalah yang menonjolkan kualitas yang dicari headhunter," Tika menandaskan.

Rifa Nadia Nurfuadah | okezone