19 Dzulhijjah 1442  |  Kamis 29 Juli 2021

basmalah.png

16 Aturan Meraih Kesuksesan Penjualan

16 Aturan Meraih Kesuksesan PenjualanFiqhislam.com - Artikel ini memuat 16 Aturan untuk bisa meraih Kesuksesan dalam setiap Penjualan yang bisa dilakukan oleh siapapun. Ditulis oleh Warren Greshes dalam bukunya yang berjudul : The Best Damn Sales Book Ever.

Artikel ini layak dibaca dan dipraktekan jika ingin menjadi seorang penjual yang sukses dalam menjual produk apapun.

Adapun yang harus kita perhatikan dan lakukan agar bisa melakukan penjualan yang baik dan meraih kesuksesan, adalah :

1. Sikap dan Komitmen : Semua bermula dari sini. Ketika Anda tengah berbicara dengan klien atau calon pembeli, sikap dan komitmen Andalah yang mereka dengar, lihat dan rasa. Oleh karena sikapnya yang sangat baik, para penjual yang sukses selalu melakukan lebih daripada yang seharusnya mereka lakukan.

2. Penjual yang sukses melihat diri mereka sebagai sosok yang berhasil. Yakni dengan cara menciptakan dan meng-komunikasikan visi untuk para klien dan calon konsumen.

3. Penjual yang sukses tidak mudah berprasangka, tidak suka berpura-pura, dan tidak merendahkan diri sendiri, para calon konsumen ataupun klien-klien mereka.

4. Penjual yang sukses berorientasi pada tujuan. Mereka telah menuliskan tujuan-tujuan dan rencana-rencana spesifik untuk hidup, karier dan bisnis mereka.

5. Penjual yang sukses mampu memotivasi diri mereka sendiri. Yakni dengan memiliki perhatian, arah dan tujuan yang jelas mengenai hidup, karier dan bisnis. Mereka tahu apa yang mereka inginkan dan kapan hal itu akan dapat dicapai dan mereka memiliki langkah-langkah spesifik yang jelas untuk dapat mewujudkan tujuan-tujuan tersebut.

6. Penjual yang sukses selalu berada dalam kendali. Mereka mengendalikan hidup, karier dan nasib mereka. Mereka tak pernah takut untuk mengambil tanggung jawab ketika masalah muncul.

7. Penjual yang sukses berlatih dan mempersiapkan diri mereka. Mereka melatih penyajian presentasi dan mempersiapkan diri mereka untuk setiap janji pertemuan.

8. Para penjual yang sukses menemui dan berbicara dengan lebih banyak orang dibandingkan penjual yang lain, dan mereka juga menghadapi lebih banyak kata “TIDAK” dari orang-orang yang ditemuinya.

9. Penjual yang sukses mengambil tindakan. Mereka tidak menunggu orang lain melakukan suatu hal untuk mereka. Mereka beranggapan bahwa mereka memiliki waktu 24 jam untuk menindaklanjuti sebuah gagasan / ide yang bagus. Jika mereka tidak melakukan apapun terhadap gagasan / ide tersebut dalam waktu 24 jam, dapat dijamin bahwa gagasan / ide tersebut akan mati.

10. Sebenarnya TIDAK ADA ORANG yang GAGAL, MEREKA HANYA BERHENTI MENCOBA. Penjual yang sukses bersifat Gigih. Salah satu hal terpenting yang dipahami oleh para penjual yang sukses ialah bahwa ketika seorang klien atau calon nasabah mengatakan tidak pada hari ini, itu hanyalah berarti “Tidak untuk hari ini saja!”. Itu bukanlah berarti TIDAK untuk hari yang akan datang, minggu depan atau bulan depan.

11. Penjual yang sukses mampu menjual lebih dari sekedar barang atau jasa. Mereka memahami apa yang sesungguhnya mereka jual, karena yang pertama dan paling utama, mereka memahami siapa para konsumennya dan apa yang mereka inginkan.Mereka selalu berpendapat bahwa penjualan pertama dan terpenting terjadi di rumah. Adalah sesuatu yang nyaris mustahil bagi seseorang yang menjadi sukses dalam sebuah bisnis baru ataupun karier tanpa adanya inspirasi dan energi yang dapat dia peroleh dari seorang pendukung di rumah.

12. Penjual yang sukses Menciptakan dan Memberikan NILAI dan tidak sekedar Menjual Harga. Karena Harga bisa mati sementara Nilai akan tetap dirasakan manfaatnya oleh klien atau nasabah mereka.

13. Penjual yang sukses tahu apa yang para klien beli dan mengapa mereka membelinya. Mereka memahami bahwa kecepatan dan kemudahan adalah dua kentungan terbesar yang dapat Anda berikan kepada seorang konsumen.

14. Penjual sukses adalah ahli, penasihat dan nara sumber bagi para klien, dan selalu siap untuk menyediakan pengetahuam, keahlian, informasi dan pendidikan bagi mereka.

15. Penjual yang sukses adalah sosok yang sangat penting bagi para kliennya. Mereka bersedia membantu dengan sepenuh hati, memberikan ide-ide brilliant mereka untuk dapat meningkatkan bisnis klien mereka.

16. Penjual yang sukses Mencintai Apa yang mereka Kerjakan. Mereka percaya bahwa apa yang mereka kerjakan akan membantu orang-orang yang menerima hasil pekerjaan mereka, karena para penjual yang sukses sebenarnya TIDAK melakukan penjualan, tetapi mereka Membantu. Ungkapan yang sering mereka ajukan ke calon nasabah adalah: “Saya tidak dapat membantu Anda kecuali jika kita telah bertemu, dan saya pasti tidak dapat membantu Anda kecuali jika Anda membeli sesuatu dari saya”

Selain aturan-aturan tersebut di atas ada sebuah Rencana Kegiatan yang akan memungkinkan Anda menelusuri aktivitas Anda dalam 6 item berikut ini :
1.    Berapa banyak panggilan telepon yang telah And lakukan hari ini ?
2.    Berapa orang pembuat keputusan yang telah Anda temui ?
3.    Berapa banyak janji pertemuan yang telah Anda dapatkan ?
4.    Berapa kali presentasi tatap muka yang telah Anda berikan ?
5.    Berapa banyak penjualan yang telah Anda berikan ?
6.    Berapa banyak uang yang telah Anda dapatkan dari tiap-tiap penjualan ?

Semoga apa yang telah kami rangkum di atas bisa membantu teman-teman yang berprofesi sebagai penjual, agar bisa menjadi penjual yang lebih sukses. Apapun produk yang Anda jual.

pensiunmakmur.blogdetik.com