fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


4 Syawal 1442  |  Minggu 16 Mei 2021

Kriteria Utama Peluang Bisnis Layak Dikembangkan

Kriteria Utama Peluang Bisnis Layak Dikembangkan Fiqhislam.com - Banyak peluang usaha yang bisa kita kembangkan. Namun, apakah semua peluang itu cukup layak untuk kita ambil? Apakah cukup menguntungkan bila kita laksanakan? Atau malah hanya buang waktu kita saja?

Tentunya tidak semua peluang usaha tepat buat kita. Bagi orang lain, barangkali peluang itu bisa sangat menguntungkan. Tapi belum tentu buat kita. Atau bisa saja buat orang lain peluang itu merugikan, tapi buat kita hal itu sangat menguntungkan.

Entrepreneur yang berhasil adalah orang yang mampu memilih peluang-peluang yang tepat dan memanfaatkannya secara tepat. Soal tepat atau tidaknya pilihan dan cara memanfaatkan peluang, tentu tidak selalu sama bagi setiap orang. Hal ini akan sangat tergantung dari karakteristik, situasi, dan kondisi pribadi masing-masing.

Saat ini yang menjadi pertanyaan adalah peluang apa yang tepat untuk dikembangkan. Berikut akan kami ulas beberapa kriteria utama agar peluang usaha yang layak untuk dikembangkan seperti dilansir dari entrepreneur.com:

1. Bidang yang kita sukai
Peluang usaha tersebut merupakan kegemaran Anda. Misal saja, Anda senang memancing. Bahkan Anda rela menghabiskan banyak waktu untuk hobi tersebut. Tiba-tiba ada yang menawari usaha kolam pancing. Bila Anda menyambut tawaran kerja sama itu, sangat mungkin Anda akan bekerja dengan penuh antusiasme. Dengan mengerjakan pekerjaan yang kita sukai, sesungguhnya akan menimbulkan gairah yang memompa antusiasme dan semangat kerja yang tinggi.

2. Bidang yang dikuasai
Keahlian bisa kita peroleh dari latar belakang pendidikan kita, atau dari pengalaman kita. Peluang usaha bengkel motor, misalnya, sangat baik untuk lulusan teknik otomotif atau mereka yang pernah bekerja di bengkel motor. Usaha klinik jelas baik untuk dijalankan oleh para lulusan kedokteran, atau mereka yang pernah bekerja di manajemen sebuah rumah sakit. Dengan menjalankan usaha yang kita kuasai, sudah pasti kita cukup tahu banyak tentang seluk beluk usaha tersebut dan juga cara menghadapi berbagai persoalan yang muncul.

3. Dibutuhkan banyak orang
Cobalah untuk mengukur tingkat kebutuhan konsumen di wilayah bisnis anda terhadap produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Peluang yang baik adalah peluang yang potensi pasarnya memang sudah jelas, bukan cuma asumsi atau perkiraan tanpa fakta yang jelas.

4. Kompetisi belum terlalu ketat
Boleh jadi pasarnya memang besar. Fakta di lapangan, usaha-usaha yang sejenis dengan usaha yang akan Anda jalankan memang cukup laku. Tapi jangan lupa, lihat juga tingkat persaingannya. Kalau memang sudah banyak pemain,apalagi cenderung sudah menjamur, sulit bagi pemain baru seperti Anda untuk bisa mengambil untung.

ciputraentrepreneurship.com