pustaka.png
basmalah.png.orig


10 Dzulqa'dah 1442  |  Minggu 20 Juni 2021

Jalankan Bisnis, Kamu Tipe Text Book atau Belajar dari Pengalaman?

Jalankan Bisnis, Kamu Tipe Text Book atau Belajar dari Pengalaman?

Fiqhislam.com - Membuat suatu bisnis memerlukan kepintaran yang sangat baik. Namun, sumber kepintaran tersebut bisa didapatkan dengan dua tipe.

Cara tersebut dilakukan untuk mengembangkan bisnis hingga berjalan dengan baik. Adapun dua tipe orang dalam kehidupan, yaitu orang yang book smart dan street smart.

Orang yang book smart mendapatkan edukasi dari sekolah formal lebih ke arah text book. Sedangkan orang yang street smart mendapatkan pelajaran dari pengalaman hidupnya.

Mana yang lebih utama?

Mengutip Instagram Pritaghozie, Jakarta, Rabu (1/7/2020), dirinya mengumpamakan hal ini dalam dunia pendidikan. Menurutnya, butuh kedua ilmu tersebut dalam menjalankan kehidupan.

Orang yang bertipe book smart, dari sekolah formal mendapatkan pengetahuan berdasarkan kurikulum. Dibantu pula dengan guru, kemudian ditutup dengan ujian.

Jadwal ujian pun diketahui dengan pasti sehingga persiapan dapat dilakukan dengan maksimal. Jika lulus maka naik kelas bahkan sistem ranking menjadi hal yang membuat orang menjadi puas.

Sedangkan, tipe street smart, kepintarannya berdasarkan pengalaman alias sekolah dari kehidupan sendiri. Biasanya, mendapatkan ujian terlebih dahulu lalu mencari pengetahuan serta bantuan dan berusaha menyelesaikan ujian.

Jika berhasil maka naik kelas, tetapi jangan berharap mendapatkan medali atau pun penghargaan layaknya juara kelas. Masalahnya, tidak ada yang tahu kapan ujian kehidupan tersebut itu akan datang.

Faktanya, book smart dan street smart sama utamanya. Pendidikan formal sangat dibutuhkan agar ilmu yang diamalkan dapat dipertanggungjawabkan.

sedangkan street smart, sekolah kehidupan yang akan membuat kualitas hidup manusia terus meningkat. Manusia yang akan mampu melewati ujian kehidupan adalah mereka yang memilih dengan bersiap-siap.

Terus belajar baik dari buku maupun pengalaman akan membuat kamu semakin berkembang. Apalagi, saat ini betapa banyak ilmu bermanfaat tersebar luas.

Kita hanya tinggal duduk manis, menikmati, menyerap bahkan lebih baik lagi mengaplikasikan dalam hidup. Saat kesempatan untuk belajar di sekolah dan di kehidupan dapat kita nikmati secara seimbang.

Maka, sudah sepantasnya kamu mensyukuri berbagai ilmu yang menjadi bekal tak lekang dimakan waktu. Nah, bagi pebisnis, dua tipe kepintaran tersebut membuat kamu menjadi matang.

Jadi, teruslah belajar agar kelak kamu dapat menjalankan bisnis yang baik dan benar. [yy/okezone]