pustaka.png
basmalah.png


13 Dzulqa'dah 1442  |  Rabu 23 Juni 2021

Mau Resign? Lihat Dulu Tipsnya

Fiqhislam.com - Saat memutuskan untuk berhenti bekerja, tentunya kamu harus mempersiapkan diri menghadapi berbagai konsekuensi yang ada.

Mau Resign? Lihat Dulu TipsnyaSalah satu poin penting yang harus kamu perhatikan adalah pastikan kamu telah mendapatkan pekerjaan baru sebelum meninggalkan pekerjaanmu sekarang.

Nah, untuk memulai karier di tempat yang baru, terdapat beberapa tips yang perlu kamu ketahui. Demikian seperti dikutip dari 13 Jurus Jitu Sukses di Dunia Kerja, Minggu (5/2/2012).

Mencari pekerjaan baru lewat relasi
Gunakan relasi untuk menggali berbagai informasi tentang lowongan kerja di bidang yang kamu incar. Meski hanya sebatas informasi, tapi jauh lebih efektif dibandingkan melalui iklan yang di media massa.

Gunakan email terpisah
Saat masih berstatus sebagai karyawan di tempatmu bekerja, pastikan kamu tidak menggunakan email kantor untuk mengirim surat lamaran pada perusahaan baru. Melalui email kantor, semua kegiatanmu dapat terpantau. Meski terdengar sepele, hal ini perlu diwaspadai.

Selektif menggunakan waktu
Bersikaplah profesional dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang masih kamu emban. Jangan sampai pekerjaan tersebut terbengkalai karena kamu berkonsentrasi mengurus keperluan pekerjaan di tempat yang baru seperti CV, dan sebagainya.

Selektif memilih pekerjaan
Pastikan pekerjaan baru yang kamu pilih memang sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan pekerjaan di tempatmu bekerja saat ini.

Manfaatkan waktu luang
Dunia pekerjaan sangat kompetitif. Maka manfaatkan waktu luangmu untuk sebisa mungkin mengasah terus kemampuanmu. Baik melalui pengalaman atau pembelajaran, seperti kursus bahasa Inggris atau melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

Tutup mulut rapat-rapat
Jika memiliki keinginan untuk resign, tidak perlu mengumbarnya ke seluruh rekan kerja. Bila perlu, simpan rasa jenuh itu untuk dirimu sendiri saja. Ketika memang sudah pasti kamu diterima di tempat yang baru, kemudian ajukan surat pengunduran diri kepada atasan.

Atur waktu
Saat memutuskan untuk melamar kerja di tempat lain, kamu harus bersiap untuk mendapatkan panggilan wawancara kerja. Sebagai antisipasi, kamu dapat mengajukan cuti pada hari tersebut atau siasati dengan alasan tertentu.

Mari berhitung
Pastikan saat melepas pekerjaan yang lama, kamu sudah melakukan perhitungan yang masak. Baik peluang mengembangkan diri hingga penghasilan.

Pergi dengan baik-baik
Jangan meninggalkan kesan yang buruk pada atasan dan rekan kerja ketika kamu akan resign. Tetap tunjukkan performa yang baik hingga hari terakhir kamu bekerja.

Margaret Puspitarini | okezone.com